Tidak hanya dalam hal masakan yang cita rasa kelezatannya diakui oleh Dunia, tapi Sumatera Barat juga memiliki beragam jajanan tradisional yang sangat jarang ditemui di daerah lain yang akan bikin kamu kangen sama jajanannya yang enak,unik, murah dan memiliki cita rasa yang sangat berbeda yang bikin kamu gak bakalan rugi kalo mencobanya . 

 

1. 1. Sala Lauak, Si Bola Kuning yang merupakan cemilan wajib khas Kota Tabuik (Pariaman)

https://wisatamurahpadang.wordpress.com/kuliner/sala-lauak/

https://wisatamurahpadang.wordpress.com/kuliner/sala-lauak/ via https://www.google.co.id

Gorengan bulat kuning yang terbuat dari campuran tepung beras dan ikan  asin yang juga ditambahkan dengan irisan daun kunyit sebagai penambah aroma yang begitu menggoda selera. Ketika kamu sedang berada di pasar tradisional pariaman maupun di padang, kamu pasti akan mencium aroma dari Sala Lauak yang sedang dimasak oleh para pedagangnya . Tidak hanya untuk cemilan, sala lauak juga sering disantap bersama menu lain seperti bakso, lontong, sate ,mie dan lain sebagainya. Jajanan ini bisa terbilang sangat murah,karna hanya dengan Rp.5000 saja kamu sudah bisa menikmati Sala Lauak dari 20 hingga 25 buah !! Murah bukan!! 

2. 2. Kue Bika, Kalau Sumatera Utara Punya Bika Ambon, Sumatera Barat Punya Bika Bakar

http://kulinermudikddb.ucontest.info/detail/image/18915

http://kulinermudikddb.ucontest.info/detail/image/18915 via https://www.google.co.id

Jajanan Khas yang terbuat dari  campuran adonan tepung beras, kelapa dan gula pasir/gula merah yang dipanggang  ini merupakan salah satu jajanan yang paling dirindukan oleh para perantau yang berasal dari Minang. Bagaimana tidak, jajanan ini sudah sangat populer bahkan sejak zaman penjajahan Belanda, terbukti dengan adanya Bika Simariana usaha Bika yang sudah didirikan sejak zaman tersebut. Untuk mendapatkan 1 buah bika kamu cukup merogoh kocek Seribu Rupiah Saja!! 

3. 3. Langkitang dan Pensi, Jajanan Bercangkang yang memiliki sumber protein tinggi

http://travel.tempo.co/read/news/2013/02/17/201461834/langkitang-camilan-bercangkang-dari-maninjau

http://travel.tempo.co/read/news/2013/02/17/201461834/langkitang-camilan-bercangkang-dari-maninjau via https://www.google.co.id

Tak hanya lezat , Langkitang dan Pensi juga memiliki sumber protein tinggi yang baik bagi tubuh kita. Langkitang merupakan jenis siput air tawar dan pensi merupakan kerang air tawar yang terdapat pada sawah dan danau.  Jurnal Biology Letters menyebutkan bahwa dalam setiap 100 gram langkitang terdapat 12 gram protein. Begitupun dengan Pensi yang memiliki kadar protein yang tinggi sekitar 85 hingga 90 persen per 100 gram-nya. Langkitang dan Pensi diolah dengan cara digulai dengan bahan santan , cabai dan bumbu seperti bawang putih, bawang merah dan kunyit. Langkitang dan pensi menjadi salah satu jajanan paling favorit terutama bagi banyak anak muda. Seporsi Gulai Langkitang maupun seporsi Pensi ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp.5000 saja Guys! 

4. 4. Lamang Tapai ,Lamangnyo lamak Tapainyo manih!!

http://www.saribundo.biz/lamang-tapai-jajanan-pasar.html

http://www.saribundo.biz/lamang-tapai-jajanan-pasar.html via https://www.google.co.id

Lamang tapai merupakan Menu wajib pada bulan puasa di pasar pabukoan dan sejumlah acara pesta rakyat di Sumatera Barat. Tak hanya rasanya yang unik, pembuatannya pun juga cukup unik, yaitu dipanggang dalam sebuah bambu muda yang berisi adonan ketan dan santan. Tapai yang dimaksud adalah kuah yang disantap bersama lemang yang merupakan tape ketan yang dibuat melalui fermentasi . Lamang tapai diolah menjadi 3 varian yaitu Lamang tapai original, Lamang tapai pisang dan Lamang tapai baluo (Lamang yang diisi dengan kelapa parut yang dicampur dengan gula merah).

Untuk masalah harga, jajanan ini seporsi hanya Rp.5000 saja, yang terdiri dari 2 potong lemang !! 

5. 5. Ampiang Dadiah, Yogurt Tradisional Ala Minangkabau

http://www.merdeka.com/peristiwa/dadiah-yogurt-khas-minang-dari-susu-kerbau.html

http://www.merdeka.com/peristiwa/dadiah-yogurt-khas-minang-dari-susu-kerbau.html via https://www.google.co.id

Ampiang adalah beras ketan dan Dadiah adalah susu kerbau yang difermentasikan dalam sebuah bambu yang telah mengeras. Ampiang dadiah banyak diproduksi pada daerah Bukittinggi, Tanah datar dan Agam.   Soal cita rasanya tak perlu ditanya “Enak banget Guys! “. Ampiang dadiah bisa dijadikan sebagai menu tambahan untuk lauk dan samba lado. Biasanya Ampiang dadiah ditambahkan gula merah cair untuk menambah kelezatannya. Seiring berkembangnya zaman, Ampiang dadiah sekarang memiliki berbagai varian rasa  mulai dari strawberry, coklat, vanila dan bahkan ada yang menambahkan es krim agar rasanya menjadi semakin enak untuk dinikmati. Untuk menikmati seporsi ampiang dadiah kamu cukup membayar Rp.12000 saja ! 

6. 6. Rakik Maco , Peyek kacang yang diganti dengan Ikan Maco

http://archive.kaskus.co.id/thread/2532048/160

http://archive.kaskus.co.id/thread/2532048/160 via https://www.google.co.id

Rakik maco merupakan jajanan yang dibuat dari campuran tepung beras, telur, ikan maco ,cabai dan kunyit yang digoreng seperti peyek. Rakik yang enak dan gurih tak hanya menjadi cemilan favorit tetapi juga bisa menjadi menu tambahan yang disantap ketika makan nasi, mie dan lain lain. 1 Bungkus Rakik Maco yang terdiri dari 12 buah dapat diperoleh dengan harga Rp.10000 saja! 

7. 7. Es Tebak, Minuman Pelepas Dahaga di Siang Hari yang Panas

http://palantabudaya.blogspot.co.id/2014/01/es-tebak.html

http://palantabudaya.blogspot.co.id/2014/01/es-tebak.html via https://www.google.co.id

Es Tebak yang dingin dan manis mampu menjadi hidangan penutup paling menyegarkan. Es Tebak merupakan jajanan es yang terdiri dari tape ketan hitam, kolang kaling, cincau hitam, dan tebak.

Apakah yang dimaksud dengan tebak??

Tebak sendiri adalah adonan dari tepung beras ketan dan tepung sagu yang dimasak dengan sekapur sirih dan air garam lalu kemudian dibentuk menjadi seperti cendol.

Bukan es tebak namanya jika minuman ini tidak ditambahkan santan, susu kental manis dan sirup berwarna merah yang disajikan dalam sebuah mangkuk seporsi bakso.

Untuk menikmati semangkuk Es tebak yang sangat menyegarkan ini cukup dengan membayar Rp12000 hingga Rp15000 saja ,tergantung dari penjual masing-masing. Cukup murah bukan !!

Begitu istimewanya Ranah Minang, memiliki pemandangan alam yang indah, wisata alam yang sangat menarik dan tak kalah indah dari wisata alam nusantara lainnya hingga kuliner lezat dengan cita rasa mendunia yang menjadikan Sumatera Barat menjadi salah satu destinasi wisata pilihan bagi wisatawan dalam maupun luar negeri :D