Drama Korea Strong Woman Do Bong-soon memang sudah berakhir sejak 15 April 2017 yang lalu. Tapi pasti beberapa dari kalian ada yang baru sempat nonton setelah semuanya lengkap. Ngaku deh! Drama yang dibintangi oleh Park Bo-young, Park Hyung-sik, dan Ji-soo ini menceritakan tentang kehidupan seorang perempuan muda bernama Do Bong-soon yang memiliki kekuatan super sejak lahir.

Lika-liku kehidupan Bong-soon hingga kisah cinta segitiganya dengan Ahn Min-hyuk (Park Hyung-sik) dan In Gook-doo (Ji-soo) diceritakan dengan sangat bagus oleh sang sutradara, Lee Hyung-min. Jika kamu sudah menonton drama ini (bahkan mengulanginya beberapa kali), kamu akan menemukan beberapa nilai atau moral value yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Apa saja itu?

1. Tidak mudah menyerah

Do Bong-soon vs Ahn Min-hyuk via https://www.viki.com

Do Bong-soon adalah gadis berusia 26 tahun yang sedang mencari pekerjaan (dia tidak mau disebut pengangguran) dan sering disepelekan oleh orang-orang di sekitarnya. Padahal saudara kembarnya, Do Bong-gi, adalah seorang dokter residen spesialis orthopedi dan sangat pintar. Sejak lulus SMA, Bong-soon telah melakukan banyak pekerjaan, mulai dari pegawai asuransi, pramuniaga di toko baju hingga petani tapi semuanya gagal. Ia juga sering memasukkan lamaran kerja ke beberapa perusahaan tetapi ditolak karena CV dan resume-nya yang kurang bagus. Tetapi ia tidak mudah menyerah dan terus berusaha hingga ia ditawari mendapatkan pekerjaan sebagai bodyguard presiden perusahaan game online, Ahn Min-hyuk.

2. Gali potensi yang ada dalam diri sendiri

Gali potensi diri via http://www.dramabeans.com

Do Bong-soon terlahir dengan memiliki kekuatan super yang diturunkan dari garis ibu (perempuan) dalam keluarganya. Kekuatan tersebut hanya boleh digunakan untuk berbuat kebaikan dan membantu orang yang membutuhkan. Suatu hari Ahn Min-hyuk tidak sengaja melihat Bong-soon menggunakan kekuatannya untuk menghajar para mafia yang mengahalangi jalan. Kemudian ia (Ahn Min Hyuk) pun merekrut Bong-soon untuk dijadikan pengawal pribadi alias bodyguard dengan gaji yang sangat tinggi. Hmm, kalo yang di-bodyguard-in seganteng Ahn Min-hyuk siapa sih yang nolak?

Meskipun menjadi bodyguard bukan sesuatu yang diimpikan oleh Bong-soon, tapi justru itu yang mendatangkan rejeki baginya. Sama seperti kita, terkadang kita terlalu fokus mengejar sesuatu yang “bukan kita banget” dan mengesampingkan potensi yang kita miliki. Padahal bisa jadi potensi itu yang akan membawa kita mencapai mimpi kita nantinya. Seperti Bong-soon yang memiliki mimpi untuk membuat game tentang dirinya tetapi ia harus menundanya dulu untuk menjadi bodyguard Min-hyuk. Tapi pada akhirnya, ia bisa mewujudkan mimpinya berkat konsistensi dan juga bantuan si bos gantengnya.

3. Menyayangi serta melindungi keluarga dan sahabatnya

Advertisement

Bong-soon menyayangi Bong-gi via http://www.dramabeans.com

Bong-soon dan Bong-gi pernah diculik ketika masih kecil. Bong-soon menendang pintu mobil penculik dan berusaha lari bersama adiknya. Mobil penculik berusaha menabrak mereka dan Bong-soon menggunakan kekuatannya untuk melindungi adiknya. Begitu pula ketika sahabatnya yang bernama Gyeong-shim diculik oleh Kim Jang-hyun, Bong-soon mati-matian mengejar si penculik untuk menyelamatkan Gyeong-shim hingga ia sendiri kehilangan kekuatannya (untuk sementara).

Dalam beberapa episode, Bong-soon selalu menyiapkan makanan untuk adiknya ketika di rumah atau mengantarkan bekal untuknya di rumah sakit. Bahkan ia memberikan sebagian gaji pertamanya untuk adiknya. Sungguh kakak yang baik!

4. Berhati-hati dalam bertindak (menggunakan kekuatan) agar tidak melukai orang yang tidak bersalah

Do Bong-soon sangat berhati-hati via http://www.dramabeans.com

Dalam episode pertama diceritakan bahwa Bong-soon memiliki “pantangan” agar kekuatannya tidak hilang, yaitu dia tidak boleh menggunakan kekuatannya untuk berbuat kejahatan atau menyakiti orang yang tidak bersalah. Jika melakukannya maka akan mendapatkan kutukan dan kekuatannya akan hilang dalam sekejap. Salah satu leluhurnya yang bernama Ga Wook-bang menggunakan kekuatan untuk melawan orang tidak bersalah demi kepentingan dirinya. Akibatnya selain kekuatannya hilang, ia menderita penyakit kusta sampai akhir hidupnya.

Begitu juga dengan ibu Bong-soon yang juga kehilangan kekuatan dalam waktu sekejap akibat menyalahgunakan kekuatannya untuk memeras orang lain. Karena hal itulah Bong Soon selalu berhati-hati dalam menggunakan kekuatannya karena ia tidak ingin mendapatkan kutukan. Begitu pula kita juga harus bertindak hati-hati dalam segala hal dan tidak boleh gegabah agar tidak merugikan orang lain dan diri kita sendiri.

5. Sekuat-kuatnya perempuan dalam menjaga diri tetap dibutuhkan sosok lelaki untuk melindungi

Bong-soon dan Min-hyuk via https://www.dramafever.com

Mungkin emang sudah kodratnya laki-laki itu melindungi perempuan. Meski sudah resmi menjadi bodyguard Ahn Min-hyuk, Bong-soon tetaplah seorang perempuan dan naluri Min-hyuk sebagai laki-laki selalu muncul ketika melihat Bong-soon dalam bahaya. Hal ini terlihat ketika ada seorang penembak misterius mengincar Min-hyuk di sebuah taman. Alih-alih melindungi bosnya, malah Bong-soon yang dilindungi sehingga Min-hyuk terkena tembakan di lengannya (meski bukan peluru asli). Begitu pula ketika Bong-soon dijebak oleh komplotan Baek Soo-tak di sebuah gedung. Meski Bong-soon berhasil mengalahkan semua anak buah Baek Soo-tak, tetapi ia hampir ditusuk oleh anak buahnya dan Min-hyuk melindungi Bong-soon sehingga dialah yang terkena tusukan itu.

6. Tidak sombong dan tetap rendah hati

Ahn Min-hyuk mendapat penghargaan dari polisi via http://www.dramabeans.com

Meski berhasil membantu polisi menangkap penjahat dan mengembalikan keamanan di wilayah Dobong serta menggagalkan aksi teror Kim Jang-hyun di kantor Ainsoft, Bong-soon tidak lantas menjadi sombong. Alih-alih mengklaim dirinya yang melakukan itu semua, ia memilih diam untuk menyembunyikan kekuatannya. Sehingga Min-hyuklah yang mendapatkan penghargaan dari polisi.

7. Dalam hal jodoh, memastikan perasaan itu penting, jangan sampai ketikung orang lain

Pernikahan Bong-soon dan Min-hyuk via http://www.dramabeans.com

Bong-soon memendam perasaan kepada Gook-doo sejak duduk di sekolah menengah tetapi ia tidak pernah memiliki keberanian untuk menyatakannya pada Gook-doo. Satu-satunya alasan ia tidak berani menyatakannya adalah karena ia khawatir Gook-doo menganggapnya aneh jika tahu bahwa ia memiliki kekuatan super dan malah menyakiti Gook-doo nantinya.

Gook-doo selama ini tidak sadar bahwa sebenarnya ia juga menyukai Bong-soon. Ia kerap kali bersikap protektif dan mengkhawatirkan Bong-soon. Namun, ketika Gook-doo menyadari perasaannya dan hendak menyatakannya, ia malah mendapatkan jawaban bahwa Bong-soon tidak ingin kehilangan sahabatnya yang tak lain adalah Gook-doo. Hal ini berarti Bong-soon ingin mereka tetap bersahabat, tidak lebih dari itu. Gook-doo terlambat. Bong-soon telah melabuhkan hatinya kepada Min-hyuk yang sejak awal telah menyatakan perasaan kepadanya dan benar-benar memperjuangkan cintanya, bahkan membantunya mengendalikan kekuatan supernya. Dalam salah satu episode, Min-hyuk berkata kepada Bong-soon :

"Caranya mudah mengubah (status) dari seorang teman menjadi (sepasang) kekasih. Salah satu dari mereka harus melangkah lebih dekat.(Karena) langkah itulah yang akan mengubah hubungan mereka."

Dan Min-hyuk membuktikan kata-katanya untuk melangkah lebih dekat kepada Bong-soon. Makanya kalau suka bilang, kalau perlu segera temui orang tuanya biar gak ditikung, guys.