Tulisan ini dibuat oleh Allen Ananda dari team ZenRooms. Cek ZenRooms.com untuk mendapatkan kamar berkualitas dengan harga yang murah. Gunakan kode ZENALLEN untuk mendapatkan potongan IDR 100K per bookingnya.

 

1. Keinginan untuk lebih sering traveling akan memotivasi dirimu

Keinginan untuk lebih sering traveling akan memotivasi kamu untuk bekerja lebih keras. Hasilnya, kamu akan menjadi pekerja yang lebih giat demi mengumpulkan uang untuk traveling selanjutnya (dan membuat bosmu terkesan).

 

2. Keinginan untuk lebih sering traveling membuatmu fokus ke masa depan

Thinking Forward

Thinking Forward via https://stocksnap.io

Bayangan akan destinasi-destinasi yang ingin kamu kunjungi saat traveling akan membuatmu excited menyambut hari-hari yang akan datang. ​Hari yang berat pun akan terasa lebih ringan jika kamu memiliki sesuatu yang kamu kejar di masa depan.

 

 

 

3. Traveling mengajarkanmu untuk mencoba hal baru

Whale Shark Diving

Whale Shark Diving via https://google.co.id

Traveling menantang kamu untuk keluar dari zona nyaman dan mencoba hal baru, seperti berenang bersama whale shark saat mengunjungi Raja Ampat atau mencicipi paniki di Sulawesi.

4. Traveling membuat hidupmu tidak membosankan

Saat rutinitas sehari-hari mulai membuat kamu jenuh, traveling menyegarkan kembali pikiranmu. Traveling mengekspos kamu dengan banyak hal baru sehingga kamu tidak terjebak dalam kehidupan yang membosankan.

5. Traveling membuatmu menyelesaikan masalah dengan lebih baik

Solving a problem

Solving a problem via https://pexels.com

Saat traveling kamu akan menemui banyak situasi yang memaksamu untuk mencari solusi dari berbagai sudut pandang yang berbeda. Dalam kehidupan sehari-hari, hal ini akan membantumu untuk lebih bijak dalam menghadapi masalah.

6. Traveling memperkaya kosa-katamu

Tidak perlu kamu pergi ke luar negeri, jika kamu pergi ke luar kota manapun di Indonesia, kamu akan menemukan orang-orang lokal yang berbicara dengan bahasa yang berbeda dengan bahasamu. Sering kali traveler menjadi tertantang untuk belajar setidaknya beberapa kosa-kata dasar agar bisa berinteraksi dengan orang-orang lokal tersebut dan hasilnya, walaupun hanya beberapa kalimat pendek, kamu jadi bisa berbicara bahasa lain selain bahasa asalmu sendiri.

7. Traveling memberi kesempatan untuk mencoba makanan-makanan baru

Organic food

Organic food via https://Instagram.com

Seseorang yang sering traveling akan mendapatkan kesempatan untuk mencoba banyak jenis makanan dari tempat yang dikunjungi. Mencoba makanan asli dari tempat asalnya adalah kemewahan yang sulit didapatkan oleh orang-orang yang tidak travel.

8. Traveling membuatmu menjadi dirimu sendiri

Menjadi seseorang yang bukan dirimu sendiri adalah pilihan terburuk yang bisa kamu buat, karena setiap manusia di dunia ini diciptakan unik satu sama lainnya. Dengan traveling secara sadar maupun tidak, kamu juga sebenarnya sedang melakukan eksplorasi terhadap dirimu sendiri. Untuk menjadi seseorang yang lebih baik, kamu tidak bisa berubah menjadi siapapun kecuali versi terbaik dari dirimu sendiri.