Apakah kamu punya sahabat?

Mungkin semua orang bisa punya banyak teman, tetapi tidak semuanya bisa punya sahabat. Memiliki sahabat sejati adalah salah satu anugerah terbesar dalam hidupmu. Dia tampak nyata di sampingmu, entah sekarang lagi sibuk dengan gawainya atau sibuk menghabiskan makanan di meja. Selama dia masih ada untukmu, akan selalu ada kisah-kisah konyol nan inspiratif yang mewarnai perjalanan hidup kalian.

Berteman dengan sesama jenis akan menghadirkan romansa tersendiri bagi lika liku kehidupanmu. Seperti halnya romansa womance yang kali ini akan dibahas secara detail dan seru berikut.

 

1. Womance itu apa sih?

Oh, persahabatan antara wanita itu namanya womance

Oh, persahabatan antara wanita itu namanya womance via http://Ashleylynnfry.com

Womance itu berasal dari kata woman dan “romance”. Kata womance sendiri sering digunakan untuk mendefinisikan persahabatan yang terjalin antara dua orang wanita atau lebih. Hubungan womance itu dekat, dekat sekali seperti tak berjarak. Dan tak heran saking dekatnya mereka malah sering dikira lesbian. Ups...

2. Persahabatan itu asalnya bukan dari panggilan: Say, Cin, Beb, Cantiks, dll.

Yang sungguh-sungguh rasanya pasti beda dengan yang pura-pura

Yang sungguh-sungguh rasanya pasti beda dengan yang pura-pura via http://Liveactionnews.com

Pernah lihat ada seorang wanita yang memanggil teman wanitanya dengan sebutan “Say, Cin, Beb, Cantiks” atau panggilan mesra menggelayut manja lainnya? Ah, womance sebenarnya tak seperti itu. Mereka biasanya hanya panggil nama saja atau dengan sapaan “elo-gue”. Bahkan tak jarang, mereka menciptakan panggilan aneh-aneh seperti “woi, nyet, ce (huruf e dibaca seperti bunyi e pada kata “senang”), nak” atau panggilan tak lazim lainnya.

Jadi, kamu biasa memanggil sahabatmu dengan sebutan apa sih?

3. Sahabat sejati menampar wajahmu dengan semua keburukanmu.

Tak ada kata segan baginya untuk melontarkan kritik pedas.

Tak ada kata segan baginya untuk melontarkan kritik pedas. via http://Blondeink.net

Porsi makanmu seperti kuli bangunan? Kamu sering ngupil pakai jempol kaki? Atau malah kamu suka sakit perut ingin pup kalau lagi grogi? Sahabat wanitamu akan meledek dan memberitahukanmu tentang semua keburukanmu itu, secara langsung di depan mukamu. Tujuannya biar kamu tahu kalau kamu memang mahkluk Tuhan yang masih jauh dari kata sempurna.

Tenanglah! Masih ada waktu untuk terus belajar dan memperbaiki diri kan, girls?

4. Tetapi dia selalu menyanjungmu di depan orang lain.

Rasa bangga karena memilikimu tak bisa ia tutupi.

Rasa bangga karena memilikimu tak bisa ia tutupi. via http://Theleadershipoffice.wordpress.com

Kamu merasa dia adalah orang paling tega di muka bumi ini. Terang-terangan menegur kamu yang tengah kelaparan dan bilang kalau dia malu makan denganmu di depan umum. Namun sesungguhnya di hadapan orang lain, tak pernah ada cela dirimu yang diutarakannya. Bagi dia, kamu adalah salah satu kreasi paling sempurna yang diberikan Sang Pencipta untuk dirinya.

Alih-alih membongkar aibmu yang super memalukan, ia akan senantiasa membantumu menutupi kekuranganmu di depan orang lain.

5. Karena dia paling tahu apa yang kamu sukai dan tak kamu sukai.

Bertanya saja pada sahabatnya bila ingin tahu lebih banyak.

Bertanya saja pada sahabatnya bila ingin tahu lebih banyak. via http://Dailymail.co.uk

Kalau mau PDKT sama perempuan, dekati dulu sahabatnya. Karena apa, boys?

Sudah pasti karena sahabatnyalah yang paling tahu apa kesukaan perempuan tersebut. Semua hal tentang makanan kesukaannya, warna favorit, genre film kegemarannya, dan masih banyak lagi. Tak perlu kaget kalau ternyata dia memang tahu betul kegemaran sahabatnya.Hal ini pula yang membuat kamu tak perlu repot-repot menjelaskan jati dirimu pada sahabatmu.

Semua hal-hal yang berkaitan dengan dirimu akan direkam dan disimpan dengan baik dalam memori sahabatmu.

6. Topik pembicaraan kalian seakan tak ada habisnya.

Pernah tertidur saat chat atau teleponan dengan sahabatmu?

Pernah tertidur saat chat atau teleponan dengan sahabatmu? via http://Tumblr18.com

Selalu ada waktu ketika kamu meluangkan waktu untuk chat atau teleponan dengan sahabatmu, sekali pun kamu pulang larut malam dan merasa sangat lelah. Topik pembicaraannya sebenarnya tak penting, mulai dari makan siang yang rasanya amburadul, bergosip tentang teman lain yang baru punya gebetan, tukang ojek yang minta tambahan bayaran, atau musibah sol sepatu yang lepas saat pulang dari kantor.

Topik pembicaraan itu seakan tak pernah habis. Selalu ada, selalu hidup bagai api abadi yang mengobarkan semangat persahabatan di hati kalian.

7. Hubungan womance membuatmu tak berpaling darinya, walau kamu sudah punya pujaan hati.

Ada bagian hatinya untuk kekasihnya, dan ada pula yang dikhususkan untukmu.

Ada bagian hatinya untuk kekasihnya, dan ada pula yang dikhususkan untukmu. via http://learnenglishteens.britishcouncil.org

“Tuhan Yang Maha Cinta, tolong kasih beta senyum dan kasih dia cinta. Supaya pas beta senyum, dia jatuh cinta.”

Ciye! Jatuh cinta berjuta rasanya, ya? Walau kini ada si dia yang mengisi kekosongan relung hati, kamu tetap tak akan mengesampingkan sahabatmu. Selamanya akan tersedia setiap ruang khusus untuk keluarga, sahabat, dan pujaan hatimu yang baru. Kalau sudah begini, siapa lagi yang masih bisa mendustakan nikmat Tuhan? Punya sahabat seru dan pacar yang perhatian tentu membuatmu serasa telah menggenggam dunia.

8. Dia akan siapkan ember untuk menampung air mata dan keluh kesahmu.

Jangan khawatir, diam-diam dia selalu melindungimu.

Jangan khawatir, diam-diam dia selalu melindungimu. via http://nattstadcdn.com

Waktu kamu putus dengan pujaan hati, kala kamu kesal dengan skripsi yang tak kunjung selesai, atau ketika gawaimu diambil oleh pencopet di metromini, rasa kesal tiada terkira membuncah memenuhi dada.Ya, sudah. Sekarang waktunya kamu ceritakan hal tersebut kepada sahabatmu. Mau nangis sampai keluar ingus pun, silakan! Intinya, dia akan setia menjadi pendengar yang baik untuk menampung air mata dan keluh kesahmu.

9. Bukannya tak ada pertengkaran di antara kalian.

Perselisihan itu hanya angin lalu saja

Perselisihan itu hanya angin lalu saja via http://3.bp.blogspot.com

“Asal lo tau aja, ya. Gue nyesel minjem lipstik lo. Warnanya ternyata jelek. Masa si Dion malah jadi ilfil sama gue.”

“Sama! gue juga nyesel minjemin lipstik gue. Liat nih sampe mau abis gini. Elo pakenya sambil dijilatin kali, ya.”

“Emang lipstik lo aja kali yang jelek makanya jadi begitu.”

“Enak aja. Sebelom dipinjem elo gak gini nyet lipstik gue.”

Pertengkaran di antara para wanita penganut womance ini bisa terjadi karena hal sepele. Berbantah dengan sahabat dan ingin memenangkannya seperti sudah menjadi suatu kewajiban tak tertulis. Dan hal yang membuat kalian berbaikan lagi juga tak kalah sepele. Alasannya, tentu saja karena ada hati yang masih saling terikat dan tak bisa terpisah jauh satu sama lain.

10. Masuk di antara kalian itu mungkin saja. Tetapi untuk memisahkan, rasanya itu hanya jadi kuasa Tuhan.

Tak terhitung berapa banyak yang ingin menjatuhkan kalian.

Tak terhitung berapa banyak yang ingin menjatuhkan kalian. via http://Esol.britishcouncil.org

Banyak sekali hal yang sudah kamu lalui bersama sahabatmu. Salah satunya adalah kehadiran teman lain yang ingin masuk dan berada di antara kalian. Sah-sah saja berteman dengan banyak orang, toh sejatinya manusia memang mahkluk sosial, kan? Tetapi bila teman barumu nyatanya hanya ingin memisahkan kamu dari sahabatmu, sepertinya ini sungguh mustahil untuk dilakukan.

Pemahamanmu yang kuat akan sahabatmu tak mudah tergoyahkan oleh riak-riak kecil yang dihembuskan oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab.

11. Sering ada kode sarat makna yang menjadi pertanda.

Kelucuan-kelucuan itu sering kalian ciptakan sendiri.

Kelucuan-kelucuan itu sering kalian ciptakan sendiri. via http://Thesauchywenchesbookclub.blogspot.com

Tidak perlu kamu repot-repot mengatakan kalau orang yang sedang berbicara denganmu dan sahabatmu saat ini adalah orang yang tampaknya tidak berniat baik. Cukup pandangi saja mata sahabatmu, tak lama ia akan mengangguk untuk menyambut tatapan penuh arti darimu.

Hubungan womance yang sudah terjalin sejak lama membuat kamu dan dia jadi punya kode-kode khusus untuk berkomunikasi. Bukan hanya untuk menebak maksud orang lain, cara pandang yang sama juga bisa membuat kalian tertawa terbahak-bahak saat melihat sesuatu yang aneh atau lucu. Dan ajaibnya, semua bisa dilakukan tanpa ada satu kata pun terlontar dari bibir kalian.

 

 

Sekarang, saatnya memecahkan keheningan dunia dengan canda tawa dan celotehanmu bersama sahabatmu. Selisih paham itu memang wajar. Tetapi jangan sampai membuat kamu dan dia jadi pecah kongsi, ya! Jika rasa kesal padanya sudah tak tertahankan lagi, coba ingat-ingat saja pengorbanan dan kisah apa saja yang pernah kamu lalui bersamanya.

Karena tak ada manusia yang sempurna, tetapi kata “sempurna” itu cukup tepat menggambarkan hubungan womance di antara kalian.