Hello guys !!

Adakah diantara kalian yang masih takut untuk donor darah? Kenapa? Apa karena takut dengan jarum suntik? Atau tidak kuat berhadapan dengan mba-mba/mas-mas PMI yang kece? Ayolah kawan, bila dibandingkan dengan manfaat dan faedah yang kalian dapatkan setelah melakukan donor darah, tentu rasa takut itu tidak ada apa-apanya.

Bayangkan, 1 kantong darah yang kita sumbangkan mampu menyelamatkan 3 orang nyawa manusia. Luar biasa bukan? Ditambah dengan keuntungan-keuntungan yang bisa kita rasakan setelah melakukan Donor Darah.

Apa saja keuntungannya? Berikut penjabaranya :

1. Jantung Menjadi Lebih Sehat

Ini salah satu keuntungan yang dapat kita rasakan guys, dengan adanya kegiatan donor darah yang kita lakukan tentu akan meningkatkan kelancaran aliran darah dari dan menuju jantung. Hal ini akan memiliki risiko lebih rendah terhadap penyakit jantung. Berdasarkan riset yang dibuktikan secara ilmiah dalam American Journal of Epidemiology, bahwa pendonor darah memiliki 88% kemungkinan lebih rendah terkena serangan jantung dan 33% lebih rendah kemungkinan menderita semua jenis penyakit kardiovaskular.

Oleh karena itu, kegiatan donor darah sangat dianjurkan buat kita untuk meningkatkan kesehatan jantung dan biar nggak deg-degan mulu tuh kalo deket gebetan.

2. Memperbarui Produksi Sel-Sel Darah Merah

sel darah merah via https://www.google.com

Advertisement

Keuntungan selanjutnya adalah donor darah mampu memperbarui produksi sel-sel darah merah yang telah kita donorkan. Setelah melakukan donor darah, tubuh kita akan mulai menggantikan volume darah dalam waktu 48 jam setelah donor dan seluruh sel darah merah yang telah kita donorkan akan sepenuhnya terganti dalam waktu empat hingga delapan minggu dengan sel darah merah yang baru.

Nah, selama proses pembentukan sel-sel darah merah yang baru tentu akan membantu tubuh kita agar tetap sehat, bugar dan bisa beraktivitas lebih produktif lagi. Kalau kalian kira setelah donor darah itu malah lemas itu hanya mitos belaka, justru beberapa hari setelah donor darah tubuh kita jadi lebih bugar kok dan tentunya harus tetap diimbangi dengan makanan yang bergizi yah

3. Membantu Memaksimalkan Program Dietmu

Donor darah juga bisa nih membantu para ladies untuk memaksimalkan program dietnya. Adapun mitos yang beredar di masyarakat bahwa donor darah justru mampu menyebabkan obesitas. benarkah ? Ternyata itu salah. Kehilangan beberapa ml darah memang mampu meningkatkan frekuensi makan kita karena darah yang hilang harus segera digantikan dengan produksi darah yang baru, namun hal ini tidak menimbulkan obesitas.

Justru sebaliknya, setiap melakukan donor darah dan mengambil 500ml darah segar kita, maka secara otomatis 650 kalori anda terbakar dengan alami. Donor darah mampu menghambat kenaikan Berat badan tubuh secara alami dan sehat. Sebagai catatan, ini hanya sebagai salah satu komponen untuk menyukseskan progam dietmu, bukan sebagai program utamanya yah!

4. Mendapatkan Tes Kesehatan Secara Gratis

donor darah via https://www.google.com

Sebelum melakukan donor darah, suhu tubuh, tekanan darah, nadi, dan kadar hemoglobin kamu akan diperiksa. Setelah donor darah selesai dilakukan, darah kamu akan dikirim ke laboratorium untuk menjalani beberapa tes yang berbeda. Jika ada yang salah dengan darahmu , kamu pasti akan segera diberitahu. Selain berbuat mulia, kamu juga bisa mendapatkan cek kesehatan secara cuma-cuma. beruntung sekali kau nak.

5. Memberikan Ketenangan Batin

donor darah via https://www.google.com

Sebagai salah satu kegiatan sosial, Donor darah juga mampu memberikan ketentraman pada batin. Dalam sebuah studi oleh United Group Health, 78% orang yang secara sukarela melakukan kebaikan, mengungkapkan bahwa kegiatan amal yang mereka lakukan dapat menurunkan stres mereka, juga memberikan perasaan lebih tenang dan damai. Hal ini membuktikan dengan melakukan kebaikan, maka manfaat yang akan didapatkan adalah pengaruh positif pada ketrentraman batin seseorang.

Rasa syukur juga mampu kita rasakan karena dalam melakukan donor darah kita tidak hanya mendapat banyak keuntungan untuk diri sendiri tapi juga dapat berguna bagi orang lain.

Semoga dengan adanya artikel ini mampu menggugah jiwa kawan-kawan khususnya para pemuda agar lebih aktif melakukan donor darah guna mendapatkan faedah bagi dirinya sendiri dan juga menjadi suatu hal yang luar biasa untuk membantu orang-orang yang membutuhkan.