Kuliah merupakan suatu kegiatan dimana lo akan merasakan kehidupan tidak hanya didalam kelas namun juga diluar kelas, contohnya aja ada UKM, organisasi, atau bahkan kuliah sambil kerja dan manjalankan bisnis lo.

Karena kuliah tidak seperti yang ada di FTV yang selama ini kita lihat di tipi-tipi (yang isinya cuma nabrak cewek/cowok cakep trus jadian) namun lebih dari itu makanya kita juga harus menyiapkan diri untuk merasakan rasa gejolak didalam dada yang berbagai macam penyebab.

Dan salah satu fenomena yang cukup fonomenal di dunia kuliah adalah “Salah Jurusan” dimana seonggok anak manusia mengalami suatu kegelisahan karena ia merasa jurusan tempat belajar yang ia pilih tidak sesuai dengan dirinya, maka beberapa orang dari golongan ini akan memikirkan nasib kuliahnya, sebagian akan tetap menjalankan pilihan yang sudah ia ambil (yang biasanya ada sesuatu yang membuat ia bertahan) namun sebagian lainnya akan memilih untuk pindah jurusan atau bahkan pindah universitas sekalian (seperti gua :p). Namun dibalik semua pertimbangan, setelah kita resmi pindah jurusan dan bertemu dengan maba (mahasiswa baru) yang angkatannya dibawah kita maka kita akan merasakan beberapa hal yang hanya kita sebagai maba lama (baca:ngulang) yang dapat merasakannya :

 

 

1. Kalian akan merasa menjadi sosok yang paling tua

6a00d8341c630a53ef015393b9bf0c970b-600wi

6a00d8341c630a53ef015393b9bf0c970b-600wi via http://latimesblogs.latimes.com

Dengan pindah jurusan dan mengulang menjadi maba kembali, kemungkinan besar secara otomatis kalian akan menjadi sosok yang paling tua diantara maba yang lain namun pengalaman ini tidak perlu menjadi momok yang menakutkan karena terkadang saat bertemu dengan maba yang lain kalian akan menemukan teman senasib (golongan ngulang) dengan berbagai macam latar belakang kenapa dia baru masuk.

 

2. Kalian akan merasa biasa aja waktu ospek

e7kxgm.jpg

e7kxgm.jpg via http://i55.tinypic.com

Dengan pengalaman lo tahun kemarin yang sudah pernah mendapat label mahasiswa dan sudah menjalankan berbagai macam ritual mahasiswa baru, maka ditahun ini kalian akan merasakan hal yang sama namun dengan rasa yang biasa saja dan tidak menjadi hal yang diambil pusing. Kalian sudah mengetahui kalau nanti akan ada senior yang memiliki tingkah beraneka ragam seperti muka judes dimana-mana, nuntut kita untuk ramah (yang ini gak harus ke senior doang sih), datang pagi-pagi trus mastiin barang bawaan yang harus dibawa, sampai acara bikin kelompok ospek dan bertemu dengan teman baru yang akan menjadi “modal” buat nemenin kalian selama berkuliah.

 

3. Kalian akan menemukan banyak daun muda

2e2c97d37eebe5d9b4af2ea31c2c66fe

2e2c97d37eebe5d9b4af2ea31c2c66fe via https://s-media-cache-ak0.pinimg.com

Ini nih yang lumayan asik, kalo tadi kalian merasa menjadi orang yang dituakan dijurusan itu maka dilain pihak kalian akan berada ditengah-tengah mahasiswa dengan lawan jenis yang umurnya rata-rata dibawah kalian atau bisa kita sebut dengan daun muda. Yaitu sekelompok manusia yang berisi dengan segelintir orang yang dapat kita prospek untuk masa depan(tapi bukan dalam hal MLM). Hal ini merupakan sebuah hal yang mungkin bagi sebagian kalangan akan menjadi sesuatu yang memberi semangat lebih dalam menjalani kuliah.

 

4. Kalian akan menanggung tanggung jawab yang lebih

Apakah dengan kembali menjadi mahasiswa baru maka kalian akan dapat santai-santai aja? Tentu tidak. Sudah jelas seharusnya kalian disini akan mendapat suatu tekanan yang lebih karena disaat teman seangkatan kalian sudah berada di semester atas kalian sendiri masih berada disemester awal. Maka diperlukan akselerasi yang lebih untuk mengejar beberapa ketertinggalan itu. Tapi ojo dibawa spaneng kalo kata wong jowo, jadi tetep asikin aja boss! Nikmati jurusan baru dan terus gali potensi kalian.

 

5. Kalian akan merasakan kenyamanan

hqdefault

hqdefault via https://i.ytimg.com

Namun dibalik semua hal yang akan kalian alami setelah kalian memutuskan untuk kembali menjadi mahasiswa baru dan dengan berbagai macam pertimbangan, kalian akan merasakan perasaan lega karena sudah berada didunia dimana kalian memang seharusnya berada. Hal ini secara otomatis akan membuat kalian menjadi nyaman dalam menuntut ilmu dibangku kuliah, namun terkadang yang berbahaya adalah keadaan dimana karena kenyamanan yang ada maka terkadang malah membuat kita menjadi lengah dan terlalu santai, karena dikhawatirkan hal ini akan membawa kita menuju “jurang kedua” di perkuliahan yang tentunya sama-sama tidak kita harapkan.

 

Dan dari 5 hal tersebut gua sendiri tidak dapat menjamin bahwa pindah jurusan merupakan solusi yang tepat jika kalian merasa salah jurusan, namun tips yang dapat gua bagi adalah pertimbangkan dan renungkan kenapa kalian harus tetap berada dijurusan yang sekarang atau kenapa alasan kalian untuk pindah jurusan dan mengulang setahun lagi? Oke, semoga tulisan yang sedikit mengarah ke curhat ini dapat menjadi informasi yang berguna bagi kita, don’t forget to be happy. Wassalamualaikum