Semua orang punya masalah sendiri-sendiri terkait berat badan. Ada yang selalu nggak PD dan menganggap dirinya kurang kurus sehingga berusaha mati-matian menurunkan dan menjaga berat badannya stabil.

Di sisi lain, ada yang punya badan kurus kering padahal nggak diet sama sekali dan mereka pengin gemukan sedikit biar terlihat ideal. Nah, buat kamu yang masuk dalam golongan “susah gemuk” ini, ada beberapa faktor yang bikin kalian enggak bisa gemuk yaitu metabolisme tubuh yang terlalu cepat dan faktor keturunan.

Berikut adalah 5 cara mudah menggemukkan badan secara sehat.

1. Buat kamu yang punya badan kurus, coba deh rajin-rajin minum susu!

minum susu via https://geogle.co

Cara paling mudah untuk menambah berat badan adalah dengan mengonsumsi susu full cream. Susu memiliki kandungan protein yang banyak sehingga membantu dalam membangun jaringan otot. Coba deh minum susu minimal dua kali sehari biar berat badan bertambah secara signifikan.

Kalau ingin hasil yang maksimal, kamu bisa membeli susu penambah berat badan. Buat yang kurang suka susu, kamu bisa mengonsumsi produk olahan susu seperti es krim atau keju.

2. Makanlah secara teratur dan lebih sering

Makan lebih sering via https://geogle.co

Biasanya orang yang memiliki tubuh kurus itu gampang kenyang kalau makan dalam porsi besar. Karena itulah, sekali makan porsi besar mereka nggak akan makan lagi. Pola makan yang seperti ini nih yang wajib kamu ubah kalau mau cepat gemuk.

Advertisement

Kalau dirasa porsi besar terlalu banyak, bagi saja dalam beberapa porsi kecil sehingga kamu bisa makan 5-6 porsi kecil sepanjang hari. Mempertahankan pola makan yang teratur dan makan lebih sering bisa membantu kamu biar cepat gemuk.

3. Coba tambahkan kalori dalam porsi makanmu

Coba tambah kalori via https://geogle.co

Biar berat badanmu bertambah dengan cepat, tambahkan karbohidrat dalam porsi makananmu. Coba selipkan menu seperti roti gandum, popcorn mentega, pudding, alpukat, dan sebagai cemilan ringan di antara menu makan besarmu. Kamu pun bisa nyemil makanan dengan kalori tinggi seperti kurma, pisang, mangga, kentang goreng, keripik kentang, dan sebagainya.

4. Hindari minum sebelum atau di sela-sela makan

Jangan minum di sela makan! via https://geogle.co

Konsumsi air sebelum makan dapat membuatmu merasa kenyang. Ini membuat nafsu makan dan porsi makanmu menjadi berkurang. Oleh karena itu, jika ingin menggemukkan badan, hindari deh minum banyak air sebelum makan atau jangan menyelingi makan dengan minum.

5. Jika cara di atas tidak berhasil kunjungi dokter atau ahli gizi

Jangan sungkan konsultasi ke dokter! via https://geogle.co

Banyak orang yang berpikir bahwa badan yang kurus itu lebih baik daripada obesitas. Tapi kalau kamu terlalu kurus atau bahkan kekurangan berat badan yang cukup parah, ada baiknya kamu berkonsultasi pada dokter atau ahli gizi.

Dengan begitu kamu akan tahu penyebab kenapa badanmu nggak bisa gemuk. Dan dengan berkonsultasi pada ahlinya, kamu akan tahu cara-cara sehat dan efektif untuk menggemukkan berat badan.

Itulah sederet cara sehat yang bisa dicoba untuk menggemukkan badan. Sebenarnya, bisa lebih cepat gemuk kalau rajin mengonsumsi junk food, makan sebelum tidur, atau malas olahraga. Tapi, serem banget kan kalau cara-cara instan tersebut malah bikin kamu gampang terserang penyakit!

Nah, kalau kamu emang sudah bawaan nggak bisa gemuk, nggak perlu minder yang penting badan kurusmu itu sehat. Iya nggak?