Dewasa ini bahasa Indonesia menjadi penting bagi kami masyarakat Aceh karena diwaktu konflik dan setelah konflik, ramai-ramai masyarakat kami bertutur kata dalam bahasa Indonesia. Beberapa alasan selain supaya tidak di cap pemberontak adalah supaya lebih berkelas dalam berbicara dengan lawan bicara. Dalam tatanan sosial kebahasaan, orang Aceh lebih suka memakai logat bahasa Batak ataupun Jawa. Kebanyakan dari kami merasa minder ketika berbicara dengan bahasa Indonesia logat Aceh. Ini disebabkan karena akan dicibir oleh teman sejawat. "Aceh Tok-Tok", lumrah disebut begitu. Maksudnya, ligat yang dipakai benar-benar logat Aceh dan tidak "modern". Tapi dalam pemakaian bahasa Indonesia itu sendiri banyak yang diterjemahkan secara langsung dari bahasa Aceh. Berikut adalah beberapa terjemahan itu. 

 

1. Kalau Ada Mana Ada

Anak Aceh

Anak Aceh via http://goo.gl

"Kalau Ada Mana Ada" adalah terjemahan dari "Meunyoe Na Panee Na". 

2. Hampa Udara

Hampa Udara

Hampa Udara via http://goo.gl

Hampa Udara ini menyatakan bahwa seseirang tersebut sudah tidak lagi memiliki kemampuan apa-apa untuk berbuat sesuatu juga berarti untuk hal negatif seperti seseorang tersebut apabila berbicara kebanyakan bohong.

3. Gak Ku Bilang

Sweeping Aparat Ketika Konflik Melanda Aceh

Sweeping Aparat Ketika Konflik Melanda Aceh via http://goo.gl

Frasa ini muncul ketika konflik melanda Aceh. Kebanyakan para masyarakat di kampung tidak bisa berkomunikasi dalam bahasa Indonesia. Para tetua kampung pun mulai menterjemahkan bahasa Aceh kedalam bahasa Indonesia secara kata per kata. Misalya frasa "Gak Ku Bilang" itu bermakna "Tidak Saya Hitung". Frasa tersebut lahir ketika para aparat menanyakan tentang jumlah anggota GAM yang lari ataupun jumlah anggota masyarakat yang ada dalm kampung tersebut. Kebanyakan para aparat yang mendengar jawaban begitulangsung naik pitam dan memukul masyarakat dengan popor senjata.

4. Entah Apa Entah

Entah Apa Entah

Entah Apa Entah via https://goo.gl

"Entah Apa Entah". Arti dalam bahasa Aceh adalah "Aleh Pue Hom"

5. Palak Li Da

Palak Li Da

Palak Li Da via http://goo.gl

"Palak Li Da" ini menyatakan kekesalan yang luar biasa terhadap seseorang.

6. Kawan Nasi

Kawan nasi saya adalah udang

Kawan nasi saya adalah udang via http://goo.gl

Kawan nasi adalah menu makanan yang dimakan dengan nasi.