Kalau kamu masih hidup dengan memegang teguh adat dan istiadat ketimuran yang telah menjadi budaya bangsa, kamu harus inget. Kesopanan adalah hal yang harus tetap dijaga dimanapun kamu berada, lebih-lebih saat kamu dateng kerumah seseroang. Kamu harus tau diri,bahwa ada barang-barang yang tak boleh kamu jamah sembarangan. Bukan dilarang sih, tapi lebih menjaga etika ketimuran yang kamu pegang. Kecuali yang kamu datengi adalah rumah sodara atau seseorang yang udah kayak sodara banget. Mau seenaknya ngejamah barang barang yang ada didalam rumah,gak masalah. Tapi tetep yang sifatnya umum.Klo barang yang sangat pribadi, janganlaah!

1. Kipas Angin

Seger iya,tapi nih kipas punya siapa??? via http://www.google.co.id

Kalo kamu ngerasa gerah dan kepanasan pas bertamu kerumah seseorang, jangan seenaknya ngidupin kipas anginnya. Basi-basi dikit ala ketimuran sama yang punya tuh kipas.T etep sopan dan dijamin gerahnya tuh bakal ilang. Kecuali kipas anginnya rusak alias pajangan doang, gerahmu gak bakal ilang-ilang. : )

2. Remote

Apalagi sampe berebut remote kayak gini,janganlah! via http://www.google.co.id

Mentang-mentang remote didepan mata,ngidupin tv trus gonta ganti channel tv,gak disaranin banget. Sebaiknya kamu gak nyalain atau ganti saluran TV pake remote. Ini juga berlaku buat semua perangkat elektronik yang ber-remote control. Kecuali, jika memang remotenya udah di ijab kabulkan ma kamu.So,barulah beraksi se enakmu.

3. Binatang Peliharaan

Advertisement

Klo petsnya beginian,masih gemes gak??? via http://www.google.co.id

Gemes boleh saja ma binatang peliharaan yang di punya tuan rumah. Tapi setidaknya,kamu tanya dulu lah klo ingin nyentuh hewan peliharaan,apapun jenisnya.

Masalahnya, kamu tidak pernah tahu bagaimana temperamen hewan peliharaanya. Bisa jadi, hewan tersebut punya area yang sensitif untuk disentuh. Kalo sembarangan nyentuh, lah resiko kan.

4. Komputer or Laptop

Gamers Lepi via http://www.google.co.id

Mentang mentang ada komputer or laptop yang sedang on and banyak nampilin hal yang kamu suka trus bikin kamu Mupeng. Gak sembarangan kamu bisa memakainya. Tanya dulu lah kepada sang empunya, boleh makek atau gak, cari alasan yang bisa buat kamu ngejamahnya.

5. Tempat Tidur

Mang Bikin ingin Nyoba.iya Kan! via http://www.google.co.id

Biasanya ada rumah dengan konsep tempat tidur terbuka. Tempat tidur ini sebenarnya bukan untuk tidur, hanya tempat untuk bersantai saja. Entah tiduran sambil nonton tv atau hanya sekedar tempat bermain saja. Nah, kalau kamu pas dateng kerumah dengan konsep kayak begini. Jangan sembarangan merebahkan diri di tempat tidurnya. Selelah apapun kamu. Tetap ,Basa basi ala ketimuran kamu gunakan dengan sopan agar kamu bisa bermesraan dengan tempat tidur. : )