Menyandang titel sebagai 'perantau' terkadang sebuah beban loh. Nggak cuma beban buat kita tapi juga buat keluarga yang ditinggalkan. Kita tentu beban tanggung jawab, beban kepercayaan dan sebagainya. Sedangkan orang tua? Yah, namanya orang tua pasti akan merasa sangat khawatir ketika anaknya harus bisa mengurus hidupnya sendiri di negeri orang.

Tapi, ternyata banyak pelajaran dan pengalaman hidup yang bernilai plus buat kalian kalian yang berani menyandang titel tersebut. Apa aja sih?

1. Teman dari Berbagai Penjuru Bikin Kita Membuka Wawasan.

Yaps! Kamu nggak bakal melulu ketemu temen yang satu daerah doang. Terkadang kalau kita nggak mau jadi anak perantau, teman SD sampai Kuliah bakal itu itu aja, iya nggak sih? Tapi kalau kita mau keluar dari zona nyaman kita maka kita akan menemukan teman teman dari berbagai daerah atau bahkan dari penjuru dunia.

Dari situlah kita akan belajar bahasa daerah yang belum pernah kita ketahui, budaya mereka atau bahkan kuliner terkenal di daerah masing masing. Saat kalian ingin berliburan ke daerah lain pun kalian tidak akan kesulitan karena ada teman di daerah tersebut. Menyenangkan kan?

2. Kalau Bukan Diri Kita yang Peduli dengan Diri Sendiri, Siapa Lagi?

Advertisement

Yang namanya jauh dari orangtua ya otomatis orang utama yang peduli sama diri kita ya kita sendiri. Kalau mungkin saat di rumah, mama papa cerewet dan rajin ngingetin kita untuk makan, ngingetin barang barang yang harus di bawa saat mau bepergian, tapi saat merantau? Nggak selamanya kita bisa mengandalkan teman karena tanggung jawab nya berbeda.

Dengan merantau, kita akan lebih belajar untuk mengenal diri kita sebenarnya. Bahkan ada loh yang baru bisa menemukan jati diri nya saat merantau. Kita juga bisa belajar bagaimana lebih menghargai diri kita sendiri loh.

3. Dengan Merantau Jadi Sadar Indonesia itu Indah loh!

Para Pendukung Pertunjukan Roro Mendut via http://www.djarumfoundation.org

Nah ini nih, sebagai anak perantau saya paling suka hal ini loh. Kalau saat berada di kota masing masing, kamu hanya melihat objek wisata itu secara foto, nah saat merantau kamu akan menyaksikan nya dengan nyata loh. Keren kan? Bahkan kamu akan tertantang untuk menjadi seorang petualang karena melihat teman teman mu juga yang ternyata hobi backpacker.

Jangan pernah buang waktu untuk cuma ngabisin diem di kos aja ya guys. Sekali kali keluar dan lihat kalo Indonesia itu keren! Jangan cuma lihat mall nya aja, tapi lihat alamnya. Dengan begitu kamu bakal sadar sebenarnya negara yang kamu tempati ini seperti apa sih

4. Merunduklah! Bukan Diri Kita Orang yang Paling Hebat.

Inilah hal terpenting yang di dapat oleh seorang perantau. Jangan jadi orang yang terlalu mengangkat dagu ya guys! Percayalah bahwa di atas langit masih ada langit, artinya banyak yang lebih baik, lebih pintar, lebih bertalenta, lebih berprestasi daripada kita. So, jangan sombong dengan kemampuan yang telah kita miliki sekarang.

Jangan menjadi orang merasa paling dibutuhkan, sebaliknya jadilah orang yang selalu haus akan ilmu, pengetahuan serta wawasan sehingga kamu akan merasa selalu membutuhkan orang lain. Dengan begitu orang lain juga akan menghargai kamu.

5. Banyak Peluang Menjadi Lebih Baik Saat Merantau.

Yapsss, kita akan menemukan banyak kesempatan yang membuat kita ternyata justru lebih berkembang di tanah rantau dibandingkan di kota kita. Terkadang kita baru tersadar bahwa passion kita apa dan ternyata banyak hal yang dapat kita lakukan.

Kesempatan bukan hanya tentang peluang untuk mengembangkan talenta atau kemampuan kita, kesempatan juga dapat diartikan bahwa kita menemukan rekan atau teman yang ternyata klop juga loh buat diajak untuk melakukan hal yang sama secara bersamaan. Bahkan mungkin partner kamu orang yang lebih memiliki modal sehingga kamu pun tidak akan kesulitan. Luar biasa!

6. Menghargai Betapa Berharganya Uang, Apalagi Bukan Jerih Payah Sendiri.

Makan jangan mahal mahal, nanti akhir bulan nggak bisa makan. Jangan nongkrong di cafe mahal, isi dompet nggak cukup. Yah, namanya mahasiswa apalagi yang emang belum berpenghasilan, uang bulanan ya pasti diatur nya sama orang tua kita tinggal bagaimana kita pintar pintar mengatur uang nya sendiri. Ya, kan?

Kalau kita lagi pengen belanja, otomatis biaya makan dikurangi. Kalau lagi pengen makan enak, ya jangan belanja. Kita jadi belajar ternyata kebutuhan dan keinginan kita banyak, dan kita harus pintar mengatur nya agar terpenuhi dan bahkan seharusnya ada yang disisihkan untuk ditabung loh guys.

7. Bersyukur Karena Ternyata Hidup Kita Sangat Berkecukupan.

Tetap Bersyukur via http://beautifulnow.is

Sekalipun kita hidup dari biaya orang tua, namun kita harus bersyukur bahwa kita hidup berkecukupan bahkan berlebih. Bisa melanjutkan pendidikan di luar kota bahkan luar negeri itu berkat yang luar biasa loh. Jadi apa salahnya kita menyisihkan uang jajan kita sedikit buat orang lain yang membutuhkan? Terlebih lagi kita hidup di tanah orang loh.

Sesekali kita bersyukur kalau ternyata orang tua kita masih diberikan rezeki sehingga kehidupan merantau kita pun juga lancar. Jadi, jangan ragu ya teman teman buat sisihkan uang jajanmu. Jangan sisihkan buat jalan jalan aja, tapi sisihkan buat orang yang lebih membutuhkan.

Jangan melihat ke atas, melihat bahwa banyak orang yang hidup mewah dan bisa menggunakan uang nya kapan dan untuk apa saja. Tapi lihat lah kebawah bahwa masih banyak orang yang berkekurangan.

8. Banyak Pelajaran yang Membuat Seorang ‘Perantau’ Pintar Membaca Situasi

The last! Sebagai perantau kamu bakal menemukan berbagai macam kondisi dan situasi yang bahkan baru kamu temukan pertama kali, sehingga membuat mu kaget namun akhirnya belajar dan terbiasa akan hal tersebut.

Contohnya, sebagai mahasiswa perantau kamu bakal melihat jenis mahasiswa yang beda beda. Ada yang fokus banget sama kuliahnya, sampai sampai ikut organisasi di kampus pun nggak mau. Ada yang anak organisasi banget sampai sampai di semua kepanitiaan nggak afdol kalau nggak ada nama nya.

Sifat orang pun beragam ragam. Karena terlalu banyak situasi yang kamu temukan, hal itu membuat akhirnya dirimu menyesuaikan untuk bisa menyikapi setiap situasi yang berbeda beda.

So, kamu mesti bangga loh jadi penyandang titel 'perantau'. So do I!