Bandung bisa dibilang merupakan salah satu kota yang "loveable". Udaranya yang sejuk, warganya yang ramah, kotanya yang tertata, dan makanannya yang enak-enak. Nah, Bandung tempat yang cocok buat kamu yang suka jalan-jalan bareng keluarga, temen, pasangan. Banyak tujuan destinasi wisata di kota ini yang bisa kamu kunjungi dari bagian utara, selatan, barat dan timur.

Selain itu, banyak juga sejarah yang terjadi di kota ini, dan meninggalkan tempat-tempat bersejarah Salah satunya dibidang makanan. Banyak restoran, bakery, dan kedai yang bersejarah udah lama ada di kota Bandung. Sampai saat ini masih eksis. Buat kamu yang pecinta kuliner coba deh kunjungi tempat-tempat berikut sebagai tujuan destinasi wisata kuliner kamu kalau liburan di Bandung. 

1. Toko Roti dan Es Krim Sumber Hidangan

Sumber Hidangan via http://www.thefoodxplorer.com

Berdiri sejak tahun 1929 terletak di Jalan Braga No. 20-22, Sumber Hidangan merupakan salah satu perusahaan pembuat roti, kue, dan makanan. Karena didirikan pada zaman penjajahan Belanda, ga heran kalo di tempat ini juga menjual kue dan roti khas Belanda seperti ontjbitjkoek.Selain itu, tempat ini juga menjual es krim homemade loh, rasanya beda dengan es krim yang ada di zaman sekarang.

Konsep interior di dalam tempat ini juga masih jadul banget ketika kamu masuk kesini, berasa nostalgia di zaman dulu contohnya ada timbangan jaman dulu, mesin kasir jaman dulu, pokoknya banyak barang-barang antik yang ada disini. Nah satu lagi yang penting, disini ga ada wifi, jadi kamu bisa berinteraksi secara langsung dengan lawan bicara kamu lebih intensif tanpa gangguan gadget hehe. 

2. Cake Shop dan Restoran TIZI

Entah berdiri tahun berapa, tapi yang jelas restoran ini sudah ada di zaman pada saat bapak dan mamah masih pacaran. Letaknya ada di Jalan Kidang Pananjung No. 3 Dago. Di tempat ini makanannya enak enak banget, disini kamu bisa pesan steak dengan aneka macam jenis kentang bisa di pure, baked, atau goreng. Namun, kalo mau makan disini jangan pas tanggal tua ya.

Advertisement

Makanan yang ga kalah enaknya adalah kuenya, resep yang digunakan disini masih klasik banget tapi rasanya enak. Tips nih buat yang mau borong kue disini enaknya beli di atas jam 8 malem karena biasanya semua produk kue dan roti suka diskon. Hal lain yang buat tempat ini nyaman adalah konsepnya yang hommy banget serta fasilitas ibadah untuk solat yang nyaman, musolanya gede bersih. Kalo malem disini suasananya romantis wkwk.

3. Sarapan di Roti Gempol Kuy

roti gempol via http://1.bp.blogspot.com

Sesuai dengan namanya letaknya ada di Jalan Gempol Wetan No. 14 Bandung berdiri sejak 1958. Daerah Jalan Gempol ini memang banyak yang jualan buat menu sarapan ada kupat tahu, serabi, lontong kari dan roti. Paling terkenal adalah toko roti Gempol ini, nah yang sekarang jualan adalah generasi anak dan cucu yang punya sebelumnya, tempat ini juga cocok buat nongkrong. 

Di tempat ini sedia menu roti panggangnya yang enak banget ada rasa asin dan manis isiannya juga bermacam-macam. Selain harganya yang terjangkau. Rasanya yang enak dan tempatnya yang nyaman ga heran tempat ini selalu penuh jadi incaran kaum muda. 

4. Warung Kopi Purnama

Pertama kali berdiri dengan nama Chang Chong Se. Namun karena kebijakan pemerintah ditahun 1966. Namanya berubah menjadi Warung Kopi Purnama. Didirikan oleh Yong A Thong, yang berasal dari kota Medan dan hijrah ke Bandung. Dilanjutkan kemudian oleh Yong Kie Lian (Allen Josana) hingga sampai sekarang tetap diteruskan oleh generasi ke-3 dan ke-4. Menu yang wajib kamu coba disini adalah kopi susu nya dan roti selai sarikaya.

5. Toko Roti SIDODADI

Sidodadi via http://helenysm.com

Sidodadi adalah toko roti jadul yang ada d Bandung letaknya ada di Jalan Otto Iskandar Dinata (Otista) No. 255. Toko ini berdiri sejak1957, harga roti disini cukup terjangkau mulai dari harga 3.500 – 20.000. Pada pembuatan roti masih tradisional sehingga menghasilkan produk dengan cita rasa yang khas. Roti Sidodadi ini mempunyai banyak pelanggan tetap loh dan masih setia membeli, karena rasanya yang ga ada duanya.