Hari libur merupakan hari-hari yang sangat dinantikan oleh dari sekian banyak orang, karena kita bisa menghabiskan waktu bersama teman-teman , keluarga serta sanak saudara, atau mungkin mau menikmati waktu liburmu sendiri tanpa siapapun itu. Tak jarang kamu secara tak sadar membuat waktu liburmu menghilang dengan sia-sia karena kamu menghabiskan dengan berdiam diri dalam kamar karena kamu punya status tebal yaitu "anak kosan". Memang anak kos identik dengan banyak menghabiskan waktu libur dalam kamar sambil bermalas-malasan bersama bantal dan guling tercinta.

Hei.. kamu masih muda, kamu harus bangun dan beranjak dari kasurmu untuk membuat waktu liburmu lebih berguna bukan hanya sekedar bermalas-malasan di dalam kamar, lakukan hal berikut ini untuk membuat liburanmu lebih bermakna!

 

1. Dekor Ulang Kamarmu

re-decor kamar tidur

re-decor kamar tidur via http://bathroom.suffuseusa.com

Memang terlihat konyol untuk mendekor ulang kamarmu sendiri karena kamar yang kamu dekor adalah kamar yang setiap bulannya kamu harus membayar sewa, hey buang pikiranmu tentang hal itu dan mulai tata ulang ruang kamarmu, kenapa harus ditata ulang? kamu sadar enggak kalau setiap memulai dan mengakhiri dari semua aktivitasmu kamu akan berada dalam kamar tidurmu, apalagi kamu orang yang bersifat moody di awal hari, nah langkah satu ini tepat untuk dilakukan,selain itu secara tidak langsung kamu sudah menjaga kebersihan dan menjadikan kamarmu sebagai kerajaan kamu sendiri meskipun itu hanya berstatus kamar sewa, dengan begini kamu bisa membangkitkan semangatmu selama seminggu ke depan dan otomatis membuat hari liburmu semakin bermakna.

2. Cukup dengan Kamera yang Kamu Punya

photo rame-rame

photo rame-rame via http://www.wisegeek.com

Liburan selalu identik dengan camera yang berkelas, sekarang kamu cukup membawa kamera yang kamu punya tidak perlu mahal asalkan bisa membuat kamu nyaman dengan hasil photo yang kamu ambil.Buang saja rasa malumu karena kamu jalan-jalan dan foto-foto dengan kamera yang harganya biasa-biasa saja toh kamu hidup di kosan yang secara otomatis kamu tinggal di lingkungan orang lain yang tidak perduli dengan apa yang kamu punya.Dengan begini kamu bisa jalan-jalan dengan memfoto object atau sebuah suasana yang membuatmu semakin merasa terinspirasi lagi untuk menjalani hari-hari kedepan.Selain itu kamu akan membuat waktu liburanmu terasa bermakna karena kamu bisa foto-foto dengan enjoy meskipun kamu menggunakan kamera yang biasa-biasa saja.

3. Ikuti Jalur Transportasi Publik yang Murah

transjakarta

transjakarta via http://wikipedia.org

Nah kalau yang satu ini merupakan langkah pengehematan agar bisa jalan-jalan keliling kemana-mana buat kamu anak kos yang hidup di jakarta atau kota-kota lain yang memiliki transportasi publik yang murah.Dengan transportasi publik ini kamu bisa jalan-jalan di kota kamu berada cukup dengan bayar sekali kamu sudah bisa menikmati kehidupan yang ada di jalan selama kamu dalam perjalanan, dengan begini kamu bisa melihat bagaimana kehidupan yang terjadi entah susah ataupun senang dan dengan begitu kamu bisa merasa lebih semangat lagi untuk melanjutkan pendidikanmu ataupun kerja karena kamu akan bisa mensyukuri keadaan yang kamu dapatkan.Dan dengan jalan-jalan hemat ini bisa membuat hari liburmu semakin bermakna.

4. Ikut Komunitas yang Positif

Ingin buat liburmu makin berharga lagi coba kamu join dengan komunitas yang ada di kotamu, semisal kamu mengikuti komunitas yang bersifat sosial, dengan begitu kamu akan semakin bersyukur dengan hidup yang kamu jalani selain itu kamu akan mendapatkan banyak ilmu dari teman satu komunitasmu serta mendapatkan banyak sekali relasi yang bisa menunjang hidupmu di masa mendatang. So ... dengan berbagi kamu akan merasa lebih bahagia dan kamu akan merasa kalau liburanmu sangat berkesan.

5. Eksperimen Passion dan Hobimu

eksperimen hobi dan passion

eksperimen hobi dan passion via http://whytoread.com

Hobi dan passion merupakan hal yang hampir mirip namun sebenarnya berbeda,

Menurut Rene Suhardono 

hobi itu ibarat pekarangan rumah dan passion itu ibarat rumahnya. Jadi orang yang mengerjakan hobi hanya ada di pekarangannya saja, sedangkan orang yang benar-benar mengikuti passionnya ibarat telah berada di dalam rumah.


Sumber : http://www.banguninspirasi.com/2013/12/perbedaan-hobi-dan-passion.html#ixzz3wvduWogX

Nah kesimpulan mudahnya kita bisa enjoy atau menikmati pekerjaan karena kita passion dalam pekerjaan tersebut, dan kalau hobi kita bisa artikan bahwa kesukaan kita yang sering kita lakukan.Semisal kamu suka memasak maka kamu harus memepertahankan hobimu dan terus eksplor itu , bukan hal yang tidak mungkin lagi kamu bisa memiliki sebuah rumah makan sendiri atau usaha kuliner lainnya. Nah kini saatnya kamu harus bisa eksplor jauh tentang hobi dan passionmu karena dengan hal itu kamu akan merasa hari liburmu akan terasa sangat berkesan.

Nah hal-hal sederhana di atas bisa kamu lakukan untuk membuat hari liburmu semakin berkesan bukan sekedar cuci baju,dan setrika, karena jika kita bisa memanfaatkan waktu liburan dengan baik apalagi kita bisa membuat waktu itu berkesan maka secara otomatis kita akan bisa lebih semangat lagi untuk menjalani hari selama seminggu ke depan hingga kamu berjumpa dengan hari libur lagi ya. Coba terapkan dan semoga sekarang hari liburmu bisa semakin berkesan ya :) .