Mudik. sebuah kata yang menjadi agenda rutin menjelang lebaran tiba. Ga semua orang loh, bisa ngerasain mudik. Tapi buat kalian yang merantau dan punya kampung halaman, mudik bisa menjadi hal yang ditunggu-tunggu. Ya gimana enggak, ketika harus berjibaku dengan dunia kerja dan dunia pelajaran di negeri rantau, kini kalian bisa kembali ke kampung halaman untuk bernafas sejenak. Menghilang dari hiruk pikuk kota yang kadang menyebalkan. Berikut 5 hal yang membuat kamu selalu rindu untuk melakukan mudik.

1. Perjalanan Berjam-jam Tidak Masalah, Asal Bisa Bertemu Orang Tua

Ketika orang tua menua via https://www.google.co.id

Salah satu kebahagiaanmu ketika mudik adalah bertemu orang tua. Tak peduli harus menempuh lima jam, delapan jam, sehari, dua hari buat sampai kehalaman tapi itu terbayar ketika kita melihat orang tua yang menyambut anaknya pulang. Mungkin tidak ada penyambutan yang spesial, tapi senyuman orang tua menjadi kebahagiaan tersendiri yang membuat semua beban diperjalanan menjadi tidak terasa.

Momen bertemu orang tua terasa mahal karena sebagai perantau kita hanya punya waktu terbatas untuk berhubungan dengan orang tua. Ketika mudik inilah, waktunya bagi kita menghabiskan waktu untuk mereka. Apalagi buat kalian yang orang tuanya sudah udzur, umur tak ada yang tahu kan. Jadi manfaatin sebaik-baiknya deh moment lebaran nanti.

2. Sawah, Gunung, Laut, Gak Ada yang Lebih Indah Dibanding Suasana Kampung Halaman

Advertisement

Lamanya waktu kamu merantau, pastinya membuat kamu sangat rindu dengan suasana kampung halaman. Rasanya ingin cepat-cepat sampai setelah itu mengeksplore sampai ujung kampung perubahan-perubahan apa yang terjadi selama kampung tercinta kita tinggal. Mengingat kembali momen-momen tempat bermain ketika masa kecil dulu. Menikmati suasana kampung juga bisa merefresh tubuh kamu yang penat dengan kerjaan di kota. Tidak peduli, kampung kamu berada di daratan tinggi atau rendah suasana kampung serasa menghidupkan kembali jiwa kamu.

3. Rayu Manja Ponakan/Saudara yang Minta Uang THR

Anak kecil via https://www.google.co.id

Ini buat kalian yang sudah bekerja tentu sangat mengerti akan hal ini. Dari ponakan yang awalnya malu-malu mendekati kita sampai yang terus terang minta THR pun ada. Tidak terkecuali yang sampai rebutan ketika uang THR itu akan kamu berikan. Jadi kamu emang perlu siapkan untuk moment yang satu ini. Suara ribut, tawa, kadang tangis cukup merindukan bagi kamu. Tentunya terasa bahagia ketika kita bisa berbagi dengan ponakan/ saudara-saudara yang masih kecil.

4. Bertemu Teman Masa Kecil

Two Friends Love via https://www.google.co.id

Beranjak dewasa, ketika kamu mulai sibuk dengan berbagai kegiatan, mengejar mimpi diperantauan tentu sangat sulit bagi kamu bertemu teman-teman. Di moment mudiklah, bisa jadi alternatif untuk kamu buat bertemu atau berkumpul kembali dengan teman masa kecil. Sharing pengalaman sambil mengingat masa kecil dulu tentunya akan membuat kita menjadi merasa 'geli' sendiri. Ah, indahnya masa-masa kecil dulu.

5. Kunjungi Makam Ayah dan Ibu Tak Ternilai Harganya

Makam terpadu via https://www.google.co.id

Tidak semua bagi kalian yang mudik punya kesempatan bertemu dengan orang tua. Kadangkala, kita harus merelakan kepergian orang tua yang mendahului kita. Sebagai anak yang berbakti,mengunjungi pusara ayah dan ibu sambil membersihkan dan berdoa menjadi hal yang sangat dirindukan. Tetes air mata dan haru menjadi bukti kalian merindukan mereka.

Kalian ingin bermanja-manja, ingin menceritakan bagaimana kerasnya dunia dan cara kalian menjadi sukses sekarang. Walaupun mereka telah tiada, tapi momen "bertemu" orang tua ditempat peristirahatan terakhir tidak akan pernah terlupa.