Seperti yang kita tau, budaya mengkonsumsi sayur mayur sudah ada sejak zaman dahulu. Banyak sekali literatur yang mebutkan bahwa manusia memang lebih sering mengkonsumsi makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Termasuk diantaranya, sayur dan buah.

Kamu sering makan sayur kan? Atau, jangan-jangan kamu lebih sering makan-makanan cepat saji ya? Hayo, ngaku!.

Tenang, disini penulis nggak ngelarang kamu buat makan-makanan lain yang kamu suka kok (selama itu halal dan sehat ya). Tapi, disini penulis mau ngasih saran aja biar kamu lebih rajin lagi makan sayurnya. Toh kalo kamu jadi makin sehat karena makin rajin makan sayur, yang untung kamu juga kan? Bener kan?

Kalo masih males dan mager buat makan sayur, mungkin 7 alasan ini bisa membantu memotivasimu buat makin sering makan sayur. Selamat menyimak! 

 

 

1. Sayuran Hijau Bisa Meningkatkan Kemampuan Mata Kita Lho!

Biar Nggak Pake Alat Bantu Lagi!

Biar Nggak Pake Alat Bantu Lagi! via https://www.pexels.com

“Masih muda kok rabun? Kurang Makan Sayur Tuh Pasti!”

Kamu kacamataan? Pernah digituin nggak ama siapa gitu?. Kalo pernah, kayaknya kita senasib!.

Iya, kedengeranya sih sepele. Tapi buat orang yang baperan kan jadinya rada gimana gituh!

Tapi perkataan tadi tu ada benernya juga loh! Sayuran itu, kaya akan manfaat. Salah satunya, amat baik untuk kesehatan mata kita. Terutama, jenis sayur yang mengandung vitamin A.

"Bukanya kacamataan itu keren ya?"

Iya, Kalo matanya sehat. Kalo sakit apa maih bisa disebut keren?

2. Makan Sayur Efektif Menurunkan Kolesterol

Kayaknya Enak!

Kayaknya Enak! via http://yaresep.com

“Anak Muda Kok Kolesterolnya Tinggi? Mbok Ya Banyakin Makan Sayur!”

Nah, ini nih, kayaknya lebih ngejleb dari yang pertama tadi.

Emang sih, gak semua anak muda pasti punya kadar kolesterol yang tinggi. Tapi, berdasarkan penelitian, karna pola hidup anak muda jaman sekarang yang kurang sehat, jadi banyak yang punya gangguan penyakit karena kolesterolnya yang terlanjur tinggi.

Kamu mau mencegahnya? Yowis yuk, makan sayur!

 

3. Umur 20an itu Umur Untuk Harusnya Dipakai Untuk Menabung! Mau Berhemat? Yaudah, Makan Sayur!

Apa Salahnya Makan Sayur?

Apa Salahnya Makan Sayur? via http://yaresep.com

“Menabung Diwaktu Muda, Sejahtera Di Masa Tua”

Zaman sekarang, menabung kerap kali dinomor duakan. Banyak anak muda yang terlena, dan lebih senang membelanjakan uangnya untuk hal-hal yang tidak perlu. Contohnya? Prihal makanan!

Bayangin aja deh! Misal, tiap akhir pekan kamu jalan sama temen, dan makan steak import yang harganya di atas 100 ribu. Berapa budget yang mesti kamu anggarin buat sebulan? Lumayan gede kan?

Coba menu steak tadi diganti sama menu gado-gado, ketoprak, karedok, atau sajian lain yang banyak sayuranya, mengenyangkan, rendah lemak, gak bikin gemuk, dan ramah di kantong. Bisa kamu hitung kan berapa sisa anggaran yang bisa kamu tabung? Kan lumayan tuh buat nyicil mas kawin! Ya kan?

 

4. Nggak Mau Bikin Dia Berpaling Karena Gak Suka Sama Timbunan Lemak Di Tubuhmu Kan?

Biar Dia Tetep Sayang!

Biar Dia Tetep Sayang! via https://www.pexels.com

“Kalo belum nikah, badan mah mesti dijaga. Memang, kamu maunya dia nerima kamu apa adanya. Tapi, apa iya kamu nggak mau ngusahain yang terbaik buat dia?”

Sejatinya, lemak akan selalu ada di dalam tubuh manusia. Ini wajar. Kan manusia juga butuh lemak. Tapi kalo kadarnya kebanyakan, bisa bikin tubuh keliatan menggumpal. Di kasus yang lebih lanjut, kandungan lemak yang tertumpuk di anggota tubuh, bisa menyebabkan organ tersebut terlihat “bergelambir”.

Sebagai pasanganya, kamu nggak mau bikin dia kecewa kan? Yowis, latihan makan sayur mulai dari sekarang yuk!

 

5. Kamu Pilih Makanan Yang Kurang Sehat, Atau Makanan Yang Menyehatkan Jantung?

Hayo Dipilih Sajianya!

Hayo Dipilih Sajianya! via https://www.pexels.com

Kalo disuruh milih, pasti pilihanya ya makanan sehat. Ya kan?

Tapi, bagaimana dengan orang yang tidak begitu suka dengan sayur? Apakah harus memaksakan diri buat makan sayur?

Jawabanya, tetep wajib makan sayur. Mulai latihan aja pelan-pelan. Seuap, dua suap, sepiring, tau-tau ntar juga doyan!

Tapi kalo bener-bener belum sanggup, kumpulin niatnya dulu aja ya. Penulis nggak maksa kok.

 

6. Kamu Mau Tetap Fit Dikeseharian? Perbanyak Vitamin! Di Sayuran Vitaminya Cukup Kumplit Lho!

Bugar Sampai Tua!

Bugar Sampai Tua! via https://www.pexels.com

Buat kamu yang sering loyo, yang gampang kecapean, dan bawaanya lemes mulu, mungkin kamu kurang makan sayur!. Cobain deh sekali-kali request ke mamah suruh bikinin sayur bayem. Sayur Okra juga boleh! 

 

7. Nggak Mau Punya Tulang Yang Keropos Kan? Maunya Punya Tulang Yang Kuat Kan?

Naik Tangga? No Problem!

Naik Tangga? No Problem! via https://www.pexels.com

Siapa bilang mencegah tulang keropos cuma bisa dengan rajin minum susu aja? Makan sayur juga bisa mencegah tulang keropos!. Tapi, gak semua jenis sayur mayor ya. Cuman sayur yang mengandung Kalsium dan Vitamin D saja. Misalnya? Sayur Okra. Pernah makan sayur Okra kan? Orang Jepang doyan ama sayur ini lho, kamu pasti juga suka.

Biar lebih menggungah selera, kamu bisa browsing resep-resep memasak sayur yang enak. Tapi, pas lagi dimasak, pengapianya jangan terlalu lama ya! Sekedar saran aja sih dari penulis. Moga membantu, moga memotivasi. 😀