Ramadhan, merupakan bulan suci bagi umat muslim di seluruh dunia tak terkecuali di Indonesia. Banyak budaya yang terjadi di Indonesia saat bulan puasa ini, mulai dari yang masuk akal sampe yang aneh-aneh kurang dapat dipahami.

Tapi untuk anak-anak mereka punya dunianya sendiri dalam menghadapi Ramadhan. jangan harap dunia orang dewasa sama dengan anak-anak ini. yang memang kadang sulit untuk dimengerti. tapi disitulah letak asyiknya Ramadhan bagi mereka dan dapat ditunggu-tunggu.

beberapa hal dibawah ini sifatnya personal jadi bagi yang memiliki pengalaman lain bisa ikutan di share kok.

1. Kopiah dan Baju Koko

Gak harus baru, yang penting Necis di antara anak komplek via http://baju-kokoanak.blogspot.com

Baju dan Kopiah baru yang dapat dikatakan sebagai paket baju lebaran wajib masuk wishlist yang di ajukan kepada orang tua pada saat bulan puasa, tapi namanya juga baju lebaran ya dikasihnya pas lebaran lahnya atau mendekati lebaran agar bisa dipakai saat Idul Fitri. Namun ada beberapa teman-teman yang di berikan starter pack ini di awal dengan tujuan dipakai ke masjid dengan nyaman. namun nyatanya buat pamer sama teman-temannya.

hayooo siapa yang baru awal puasa udah pamer.

Nama : Baju Koko dan Kopiah

Waktu Penggunaan : Selama Ramadhan untuk ke masjid

2. Buku Amaliyah Ramadhan

Advertisement

Buku Sakral Selama Liburan via http://galuhmaher.com

Pasti pada ke masjid bukan buat ibadah beneran yaaaa? Pasti cuma buat minta tanda tangan ustadnya aja yaaa? Pasti ngisinya pas udah mau dikumpulin ke guru yaaaa?

Niat dari yang membuat dan memberikan buku ini adalah baik yaitu untuk memacu anak-anak untuk rajin beribadah di bulan Ramadhan mengingat pahala yang diberikan berkali-kali lipat. Namun pada kenyataannya ini adalah momok bagi anak-anak dan caranya sedikit memaksa, bagusnya adalah anak-anak jadi sering memenuhi masjid menggantikan bapak-bapak dan ibu-ibu yang semakin berkurang dengan bertambahnya hari di bulan Ramadhan.

Nama : Buku Kegiatan Ramadhan

Waktu Penggunaan : Libur Semesteran anak SD dan Sederajat

3. Petasan

Bagi sebagian orang ini adalah pengganggu dan pembawa malapetaka. Namun bagi anak-anak, Starter Pack Ramadhan ini adalah salah satu amunisi wajib yang dibawa setiap keluar rumah, entah itu bertujuan baik untuk membangunkan sahur, hingga benar-benar membangunkan sahur tidak pada waktunya seperti setelah terawih.

Terdapat berbagai macam varian dari jenis mainan yang satu ini. Beberapa yang terkenal seperti Petasan Korek, Petasan Jangwe, Petasan Banting, Petasan Disko.

Nama : Petasan (Dan seluruh keluarganya)

Waktu Penggunaan : Setelah Terawih – Setelah Subuh

4. Sarung

Sarung, selembar kain yang tidak hanya bermanfaat untuk beribadah namun juga mempertaruhkan nama baik komplek.

Sarung, SNI aja gak cukup, harus memenuhi kriteria perang sarung yang telah disetujui kedua belah pihak yang bertarung. training dan pelatihan sering di laksanakan biasanya di belakang komplek. penjagaan perbatasan antar komplek semakin di perketat menjelang terawih. mengatur strategi penyerangan dan bertahan untuk mempertahankan wilayah semakin di intensifkan.

sarung yang baik adalah yang digulung setipis mungkin dan ujungnya itu lancip. (tips aja untuk yang ingin melanjutkan tradisi ini)

Nama : Pecut Sarung

Waktu Penggunaan : Setelah Sholat Terawih

5. THR

THR adalah tujuan anak berpuasa via http://bisnis.liputan6.com

Bukan rahasia lagi kalo anak-anak kecil itu puasa tujuannya ya ini, iya ini, THR.

Tunjangan Hari Raya, atau disingkat THR menjadi momok bahagia bukan hanya untuk anak-anak orang dewasa pun senang apabila mendapat kan ini. tidak jarang anak kecil berbuat baik di bulan puasa hanya untuk mendapatkan THR yang banyak. Percaya tidak percaya anak kecil akan lebih senang kalo dikasih uang 2.000 rupiah tapi seratus lembar dibandingkan uang 100.000 rupiah tapi dua lembar. tapi mana ada juga yang mau ngasih uang THR ke anak kecil 200.000 juga ya hmm

Berapa kira kira THR mu tahun ini?

Nama : Tunjangan Hari Raya

Waktu Penggunaan : H-1 Lebaran sampai Hari Raya Idul Fitri

Itu tadi adalah beberapa Starter Pack bulan puasa. Ada yang kurang? Bisa tambahkan di kolom komentar ya gengs 🙂