Di bulan puasa, memang banyak penjaja makanan enak-enak yang bermunculan. Tapi bukan berarti harus jadi pelampiasan nafsu makan dengan membeli aneka makanan hingga kantong kering. Ini solusinya biar kamu bisa tetap hemat di perantauan!

1. Buat list pengeluaran tiap bulan dan alokasikan uangmu

atur uangmu via http://papasemar.com

Meski terlihat sepele, namun hal ini 'mau nggak mau' mengontrol keuanganmu. Nah, biasanya pengeluaran kan nggak cuma buat makan doang, apalagi yang pakai kendaraan pribadi. Makin banyak kan pengeluarannya. Cara ini cocok banget pas pertengahan bulan. Makin baik juga kalo satu bulan full dapet ngelist pengeluaranmu.

2. Kurangi Hang Out Bareng Temen, Mending ke Masjid Dengerin Pengajian

Pengajian lebih barokah via http://masjidagunggresik.com

Di hari-hari biasa, masjid cenderung lebih sepi kan? Jadikan hari-harimu makin barokah dengan datang ke pengajian sebelum berbuka puasa. Dari pada tidur terus-terusan di kosan dan hang out yang nggak ada manfaatnya, mendingan cari ilmu, ya kan? Udah gitu dapet makan buka puasa gratis lagi :D. Niatnya juga cari ilmu ya, biar bermanfaat juga nggak cuma ngisi perut.

3. Hindari Tempat Beraneka Macam Makanan

Advertisement

Idih banyak makanan via http://tabloidnova.com

Hunting makanan buka maupun sahur membuat kita terkadang beli di tempat yang terdapat banyak macam hidangan. Biasanya sih, kalo doyan makan pengennya memborong semuanya. Pasti nih, ada rasa-rasa pengen beli sesuatu diluar rencana kita. Kalo kuat iman sih oke. Kalo enggak? Siap – siap kena KanKer alias Kantong Kering, guys. 🙂

4. Banyak-banyak Minum Air Putih

Minum air via http://benzano.com

Minum banyak air putih bisa membuat kita merasa lebih kenyang. Ya nggak? Jangan ngaku anak perantauan kalau belum pernah melakukan trik ini.

5. Jangan Keseringan Bayangin Makanan

siang-siang bayangin makanan via http://arumsekartaji.com

Bayangin makanan sih oke aja, tapi kalo keterusan sampe bikin pelampiasan nggak oke buat keuanganmu. Sambil nunggu buka adalah waktu "emas" untuk bayangin santapan kita nanti. Berandai-andai kalo bingung mau buka apa boleh aja tapi kontrol nafsu ya. Ganbatte!