Piet Mondrian merupakan seorang seniman Belanda yang mempopulerkan gaya seni De Stijl. Karya Seni Piet  Mondrian tersebut dapat diaplikasikan dan membuat apartemen studio yang mungil nampak indah.

Memasuki masa modern, kebutuhan akan hunian semakin  banyak. Di kota besar contohnya, sudah mulai banyak pembangunan apartemen untuk mengakomodasi kebutuhan hunian tersebut. Apartemen yang disediakan pun berebeda tipe sesuai dengan harga yang diberikan. 

     Apartemen Studio merupakan apartemen kecil yang sering kali digunakan untuk perseorangan. Untuk apartemen studio, diperlukan perhatian khusus dalam menata interiornya. Luasan apartemen itu sendiri sangatlah kecil, sehingga desain furniture yang digunakan mayoritas minim variasi bentuk. 

Pengaplikasian karya Piet Mondrian dalam apartemen studio dapat dilakukan pada elemen interior berikut ini.

1. Dinding, lantai, dan plafon

https://id.pinterest.com/pin/28569778864459381/ via https://id.pinterest.com

Dinding merupakan media yang baik untuk memperlihatkan karya Piet Mondrian. Selain media yang luas, dinding tidak memakan tempat dalam ruang. Begitupula dengan lantai dan plafon. Pengaplikasian dapat menggunakan cat ataupun wallpaper. Namun perlu diperhatikan apabila telah mengaplikasiannya pada salah satu elemen, lebih baik menghindari pengaplikasian pada elemen lainnya dalam satu ruang.

2. Furniture

https://id.pinterest.com/pin/97390410662818871/ via https://id.pinterest.com

Furniture merupakan peran pendukung dalam interior suatu ruang. Furniture yang indah akan dapat menambah nilai visual ruang. Warna Furniture yang disesuaikan dengan karya Piet Mondrian dalam ruangan yang minimalis dengan warna yang simple, akan membuat furniture tersebut sebagai main point dalam ruang.

3. Aksesoris

Advertisement

https://id.pinterest.com/pin/291819250838230315/ via https://id.pinterest.com

Selain melalui elemen interiornya, karya Piet Mondrian dapat diterapkan pula pada aksesoris dalam ruang. Aksesoris dalam ruang ditujukan untuk menampilkan keindahan tambahan dari ruangan yang telah diberikan tanpa mengurangi luasan ruang. Keuntungan lain dalam menerapkan gaya pada aksesories ruang adalah memudahkan pengguna apartemen dalam mengganti gaya yang ingin dicapai dalam huniannya.

4. Kaca

https://id.pinterest.com/pin/189221621813660319/ via https://id.pinterest.com

Jika rumah anda minimalis dan minim warna, pemilihan penambahan kaca yang berwarna seperti contoh di atas adalah pemilihan yang baik. Selain tidak merusak warna yang telah ada, kaca seperti ini juga dapat memberikan nilai estetika tersendiri.

5. Kesimpulan

https://id.pinterest.com/pin/484066659931836139/ via https://id.pinterest.com

Karya seni Piet Mondrian, De Stijl, memang cukup ramai desainnya. Apabila tidak diterapkan secara benar, akan terjadi suatu chaos yang dapat membuat penghuni stress dan tidak nyaman. Maka dari itu, perlu diperhatikan bahwa akan lebih baik apabila tidak semua bagian ruang dipenuhi oleh aksen Piet Mondrian.

Apabila anda igin mengganti gaya apartemen anda, maka pilihlah salah satu, apakah itu elemen interior atau aksesoris ruang. Ramai atau tidaknya sebuah ruang dengan gaya ini, dapat disesuaikan dengan mengurangi proporsi line dan warna yang ditampilkan menjadi lebih sedikit. Ukuran ‘persegi’ juga dapat diperbesar untuk menimbulkan kesan luas dan besar di dalam ruang apartemen studio anda.