Setiap perjalanan hidup manusia memiliki kisah perjuangan dan emosi masing-masing. Tak terkecuali yang dialami oleh anak-anak muda yang masih belajar di bangku kuliahan atau yang mulai mengarungi 'jungle' ; kehidupan pekerjaan. Dalam menjalani perjuanganmu itu, coba sambil dengarkan lagu-lagu jadul berikut ini, deh! Selain bisa membuat kamu merasa ditemani dan dimengerti, juga bisa menjadi referensimu. Ahey!

1. “500 Miles” – Paul, Peter, Mary (1962)

Ngelamun di Jendela Kereta via http://www.imdb.com

Yang ini terutama ketika kamu masih mager dan kangen sekali dengan rumah tapi harus pergi merantau, untuk sekolah ataupun untuk bekerja. Rasanya rela-ngga rela untuk pergi, tapi ya, harus pergi. Nada lagu ini mendayu sedih, liriknya gloomy. Pas buat kamu dengerin di kereta yang sudah mulai jalan sambil melihat pemandangan luar dari kaca jendela ketika kamu sedang merasa sangat menye akan berjauhan dengan rumah. Coba baca penggalan liriknya!

If you miss the train I'm on, you will know that I am gone
You can hear the whistle blow a hundred miles,
Lord I'm one, Lord I'm two, Lord I'm three, Lord I'm four,
Lord I'm 500 miles from my home.

Lagu ini seperti mendendangkan perasaanmu dan menemanimu, menyadarkan kamu bahwa kamu tidak sendirian, bahwa orang-orang yang hidup di waktu lampau ketika lagu ini diciptakan pun ternyata pernah sesedih dan se-menye ini.. Tapi sementara itu, nikmati dulu sedihmu, biar tetap waras.

2. “Early Morning Rain” – Gordon Lightfoot (1966)

Pengen Pulang Kangen Mama via http://palingbaru.com

Advertisement

In the early morning rain with a dollar in my hand
With an aching in my heart and my pockets full of sand
Now, I'm a long way from home and I miss my loved ones so
In the early morning rain with no place to go

Masih tentang kangen rumah alias homesick, lagu ini bisa best represents banget. Sejarahnya lagu ini ialah Pak Gordon kepengen pulang ke rumahnya di Kanada, tapi yang bisa dia lakukan cuma memandangi pesawat-pesawat yang take off di bandara mau terbang ke Kanada. Uhh.. Lagu ini menyadarkan kita bahwa perasaan homesick tapi tidak bisa pulang sudah terjadi sejak dahulu kala. Dan perasaan ini masih terbawa terus oleh Pak Gordon sampai akhirnya dia menulis lagu ini. Keren, ya, dari galau jadi karya. Suasana di lagu ini ngga blue dan sedih, tetapi lebih cenderung ke sabar dan menerima. Nadanya juga asyik, kok. Rindu memang penghias perjuangan yang paling ngena, ya?

3. “Lemon Tree” – Peter, Paul, Mary (1962)

Kalo Ini Malah Bagus, Infused Water via https://riniivan.wordpress.com

Kalau lagu ini, cocok untuk menemani kalian kaum lelaki yang sedang patah hati ditinggal kekasih demi orang lain. Lagu ini membuat kamu merasa ditemani, bukan dengan turut larut dan bersedih dengan kamu, tetapi lebih seperti seperti memberi kamu pukpuk dan menyemangati. Coba nikmati penggalan liriknya!

"Don't put your faith in love, my boy" my father said to me
"I fear you'll find that love is like the lovely lemon tree"
Lemon tree, very pretty, and the lemon flower is sweet
But the fruit of the poor lemon is impossible to eat

Suasana di lagu ini lebih ke arah tegar. Dari liriknya, dapat dirasakan bahwa penciptanya menceritakan kisah sedihnya ketika dia sudah 'sembuh' dari patah hatinya dan sudah belajar satu hal baru mengenai cinta. Akhirnya pencipta lagu ini jadi manusia yang lebih bijak dan bisa lebih menyikapi perasaanya sendiri. Ohoy. Yuk, ah, langsung dengarkan saja supaya kamu merasa diberi sebuah pukpuk dan bikin kamu jadi lebih tabah !

4. “That’s The Way It Is” – Celine Dion (1985)

Mbok-Mbok Jamu aja Semangat Keliling Terus Padahal Capek via http://instagram.com

Nah kalau yang lagu ini, lebih muda 20 tahun dari lagu-lagu sebelumnya. Lagu ini masih sempat nampang di MTV dan dilihat oleh anak 90-an. Lagu ini punya suasana bersemangat, penuh energi, dan menyemangati tentu saja. Nadanya naik, dinamis, dan bisa memacu mood banget, deh!

When you want it the most there's no easy way out
When you're ready to go and your heart's left in doubt
Don't give up on your faith
Love comes to those who believe it
And that's the way it is

Meskipun di liriknya sepertinya yang dibahas adalah cinta, tapi semangatnya bisa buat menyemangati di hal lain seperti usaha, pekerjaan, dan pendidikan. Bahwa kita harus yakin dan jalan terus. Jadi kalau sedang butuh lagu buat menaikkan mood, tambah lagu ini ke playlist-mu ya.

5. You’ve Got A Friend – Carole King (1971)

Teman Gokil Teman Asik Teman Setia via https://www.instagram.com

You just call out my name
And you know wherever I am
I'll come running, to see you again
Winter, spring, summer or fall
All you have to do is call
And I'll be there
You've got a friend

Sweet banget, ya, penggalan liriknya? Lagu ini menceritakan tentang dua orang sahabat yang saling berjauhan tapi tetap saling mendukung dan hadir saat dibutuhkan. Di lagu ini kamu bakal merasakan bagaimana sahabat yang baik itu selalu ingin dan berusaha untuk ada untuk temannya di saat temannya sedih dan ada masalah. Dan apapun yang terjadi, sahabat ini akan bela-belain untuk tiba, bagaimanapun caranya. Buat kita yang sudah bertemu dengan sahabat beneran seperti ini, bakal langsung terbayang wajah sahabat itu ketika dengar lagu ini. Coba sekarang dengarkan, dan wajah siapa yang nampak di bayanganmu ?

Yak, gimana ? Cukup menambah referensi dan ngubah mood, kan ? Lagu jadul punya gaya dan rasa sendiri yang juga bisa dinikmati, kok!