Tidak dipungkiri Indonesia memang sungguh negara yang indah. Rasanya tidak akan cukup waktu seumur hidup untuk mengelilinginya demi mencicipi keelokan alam ciptaan Tuhan ini. Namun ada satu negara tetangga yang ternyata mampu mencuri pandang orang Indonesia untuk sekedar pergi kesana dengan tujuan berlibur atau berbelanja. Yup, Singapura.

Perjalanan ke Singapura dari Surabaya memakan waktu 1 jam saja. Zona waktunya pun tak banyak berubah, hanya selisih 1 jam. Banyak orang bilang, di Singapura apa-apa serba mahal sehingga tidak terjangkau oleh kantong mahasiswa atau karyawan berpenghasilan pas-pasan.

Mari kita buktikan. Sisihkan uang 2 jutamu, dan kita mulai petualangan ini!

1. Jangan terburu-buru, kalian harus berburu tiket promo dulu

Rencana liburan ini memang berkonsep backpacker, tapi tidak lantas membuat kamu harus menempuh jarak darat atau laut ke Batam dulu dan berlanjut feri ke Singapura. Banyak tiket pesawat promo yang menawarkan tarif murah, kok. Tentunya kamu harus sering-sering mantengin website langganan maskapai murah seperti Jetstar dan Tiger Air. Kalau perlu, subscribe ke e-mail kamu jadi kamu selalu update ketika mereka membuka promo.

 Jika kebetulan kamu beruntung, kamu akan mendapatkan promo return for free yang berarti kamu cukup perlu membayar tiket berangkat, dan gratis untuk tiket pulangnya.

2. Irit uang kalian dengan menginap ke Dormitory Hostel

Dormitory Hostel via https://pix16.agoda.net

Untuk menghemat biaya, tentunya jangan pernah melirik hotel berbintang di Singapura. Tarif hotel berbintang di sana tentunya jauh dengan Indonesia, maklum di sini harga properti memang sudah melambung tinggi.

Advertisement

Kamu harus pintar-pintar mencari Dormitory Hostel yang sesuai dengan seleramu, ya!

3. Naiklah transportasi umum atau paling tidak bisa jalan kaki saja

Jalan kaki atau transportasi publik via https://www.mot.gov.sg

Karena alasan pengetatan kantong, pastinya kamu harus lebih banyak memanfaatkan kendaraan umum selama di Singapura. Untuk tempat yang terjangkau dengan jalan kaki, tidak ada salahnya jalan kaki sambil menikmati jalanan kota Singapura yang bersih dan tanpa macet.

Untuk transportasi umum hampir seluruh sudut kota sudah terjangkau MRT atau bus. Jika kamu merencanakan untuk banyak keluar mengunjungi tempat-tempat di Singapura, kamu bisa membeli Singapore Tourist Pass. Sebuah kartu untuk naik dan turun MRT dan bus seharian tanpa batas. Kamu akan mendapatkan peta rute MRT dan Bus pada saat membelinya. Ini lebih praktis ketimbang kamu harus beli single ticket setiap akan naik MRT. Lebih menghemat waktu juga kan?!

Harga Singapore Tourist Pass 1 day SGD 10

Harga Singapore Tourist Pass 2 day SGD 16

Kamu harus memberikan deposit SGD 10 pada saat membeli kartu ini. Dan akan dikembalikan utuh ketika kamu mengembalikan kartunya. Jika tidak dikembalikan, maka depositmu akan hangus dan kartu ini dapat berfungsi menjadi EZ Link Card. Fungsinya sama sebagai alat pembayaran transportasi ketika kamu akan ke Singapore lagi nanti lain waktu. Tentunya kamu harus top up dulu isinya sebelum dapat digunakan.

Singapore Tourist Pass dapat dibeli di Changi Airport Terminal 2 dan beberapa stasiun MRT lainnya

4. Urusan perut pun harus diatur. Berburu kuliner lezat nan murah itu mudah!

Ayo berburu kuliner lezat nan murah via http://www.pingerrain.com

Meski sedang menjalani liburan dengan budget ketat, bukan berarti kamu harus menahan haus dan lapar kan?! Usahakan selalu sarapan pagi di hostel. Biasanya memang cuma roti sandwich dan sereal. Tapi memilih mengambil sarapan di hostel akan menghemat keperluanmu.

Pertimbangkan membawa tumbler dari rumah untuk bisa diisi ulang air keran di sini. Air keran Singapura adalah air layak minum sehingga kamu tidak perlu berkali-kali membeli air mineral. Lagipula harga air mineral lumayan mahal, yaitu SGD 1,6 untuk 600 ml air.

Carilah tempat makan di sekitar Arab Street, dekat hostel. Selain banyak makanan halal, seporsi Nasi Briyani dipatok harga SGD 6,5 saja.

Selain itu, bisa masuk ke foodcourt Marina Bay Mall di tepi Singapore River. Makanan halal juga tersedia disini. Harganya pun variatif. Seporsi Nasi Lemak dihargai SGD 7

Begitupun dengan beberapa mall di Orchard Road. Selain bisa melihat-lihat dunia belanja Singapura, bisa mampir ke foodcourt-nya dan berburu kuliner murah.

5. Singapura adalah surga belanja dan oleh-oleh. Manfaatkan momen ini sebaik-baiknya!

Beli oleh-oleh, yuk! via http://static.asiawebdirect.com

Liburan hemat juga bukan berarti kita nggak bawa oleh-oleh sama sekali buat keluarga dan teman di rumah, 'kan?

Selektiflah dalam memilih tempat oleh-oleh. Beberapa tempat oleh-oleh yang terkenal murah adalah China Town dan Bugis Street. Gantungan kunci dijual bervariasi mulai dari SGD 10 untuk 7 buah gantungan kunci. Kaos khas Singapore pun juga dijual mulai dari SGD 10 untuk 3 buah kaos. Begitupun dengan tas, pouch, kaca rias. Silahkan mencari apa yang kamu suka di sini.

Nah, silahkan kamu total sendiri. Liburan ke Singapura dengan hanya 2 juta rupiah itu mungkin!