Jaman sekarang ini, sampo adalah barang yang penting dalam urusan sehari-hari. Baik pria maupun wanita membutuhkan sampo. Tapi terkadang beberapa jenis sampo tidak cocok untuk tipe rambut dan kulit kepalamu sehingga menyebabkan kerontokan, ketombe, rambut bercabang dan rambut tampak kusam.

Sejatinya, bahan-bahan dari sampo yang kalian beli di toko itu hampir semua, 90%, menggunakan bahan kimia. Memang jika samponya cocok dengan rambut dan kulit kepala kalian akan membuat efek dramatis pada rambut tapi sampo dengan bahan kimia itu tidaklah permanen dan membuat efek ketagihan pada rambut.

Mitosnya sih, sampo dengan bahan kimia itu menghilangkan kelembaban pada rambut dan kulit kepala jika dipakai terlalu sering dan berlebihan. Jadi, rambut tidak bisa tumbuh dengan indah dan more likely having a split end (rambut bercabang).

Inilah cara natural yang, at least¸ lebih ramah untuk rambut dan kulit kepala kalian. Orang-orang sih bilangnya No Poo Method, apasih yang dibutuhin buat bikin sampo plus kondisionernya? Gimana sih caranya? Baca aja artikel ini.

 

1. Siapkan Bahan-Bahan

Apple Cider Vinegar

Apple Cider Vinegar via http://dnote.mobie.in

Persiapan yang paling utama adalam mempersiapkan bahan-bahan. untuk sampo yang perlu disiapkan adalah madu alami, disarankan yang ada royal jelly-nya. cara mengetahui ada kandungan royal jelly-nya atau tidak bisa dilihat dari bentuk fisik madu itu. Madu yang ber-royal jelly biasanya lebih kental dan berwarna agak putih.

Kalau ngga bisa nemu yang ada royal jelly nya, pake madu alami juga bisa kok. Royal jelly cuma untuk efek extra lembab aja. Madu alami yang beneran alami lho ya, bukan yang abal-abal. Cara mengetahui madu alami atau bukan itu dengan cara di teteskan diatas kertas, bila mudah terserap oleh kertas, madu itu campuran dan vice versa.

Selanjutnya untuk kondisionernya adalah apple cider vinegar (sari cuka apel). Sebenarnya, semua cuka apel yang ditemui di toko-toko itu boleh tapi kalo bisa cari cuka apel yang ada endapannya, yang keruh.

Bahan yang paling penting dalam No Poo Methods ini adalah air. Air yang digunakan adalah air dengan temperatur hangat-hangat kuku. Jangan pernah gunakan air dengan temperatur yang tinggi atau panas pada rambut. Selain membuat rambut kering, air dengan temperatur tinggi juga membuat pori-pori pada kulit kepala mengembang sehingga rambut jadi mudah rontok.

Jika kamu cari sendiri soal No Poo Methods, Kebanyakan orang menggunakan baking soda daripada madu alami. Baking soda memang membuat rambut lebih halus dan gampang diatur tetapi untuk beberapa tipe rambut baking soda terlalu keras dan membuat mudah patah. jadi, alih-alih dari baking soda gunakanlah madu alami.

2. Siapkan Peralatan

Persiapan selanjutnya adalah peralatan yang digunakan. peralatan yang digunakan hanya wadah untuk menampung sampo dan kondisionernya. Disarankan wadah yang digunakan jangan berbahan organik (kayu), mineral (batu marmer atau bebatuan lainnya) atau plastik untuk meminimalisirkan terjadinya reaksi kimia antara bahan-bahan dan wadah tersebut. Jadi pilihlah wadah berbahan netral seperi kaca.

3. Shampoo-ing

Untuk membuat sampo, gunakan air sebanyak 250ml dan 2 sendok makan madu alami. Campurkan air dengan temperatur hangat-hangat kuku dengan madu alami kedalam wadah kaca hingga tercamput rata. Tuangkan air madu ke kepala sebagai sampo dan pijat dengan lembut sehingga meresap di kulit kepala dan pastikan rambutmu kena semua.

Pijat lembut selama kurang lebih 4 menit dan diamkan selama 1 menit lalu bilas dengan air hangat.

4. Conditioning

Conditioning Your Hair

Conditioning Your Hair via http://www.puree.co.za

Dalam step ini, campurkan air sebanyak 500ml dengan 1 sendok makan sari cuka apelCampurkan kedua bahan sampai rata, memang baunya agak menyengat tapi demi rambut oke, kenapa tidak? Pijat lembut kulit kepala selama 3-5 menit lalu bilas dengan air hangat pada bilasan pertama.

Bisa menggunakan sisir bergigi renggang bila rambut panjang untuk meratakan air sari cuka apel. Tunggu 2-3 menit, lalu bilas dengan air dingin sampai rambut tidak berbau lagi.

5. Drying

Wind Blows

Wind Blows via http://lasair.com

Proses terakhir adalah pengeringan. Pasti kamu udah tau kan kalo ngeringin rambut pake hair dryer itu bikin rambut kamu kering dan kusut. Jadi, biarkanlah rambutmu kering dengan sendirinya atau kalau tidak gunakanlah kipas angin untuk mengeringkan rambutmu.

Untuk bulan-bulan awal memang sulit terlepas dari sampo kimia kesayanganmu karena efek dramatis yang diberikan dan aromanya kamu suka, tapi setelah 3 bulan menerapkan No Poo Methods, kamu pasti terbiasa dan rambut kamu lebih bervolume dan terlihat lebih sehat.

No Poo Methods ini tidak ada batasan kapan kamu harus keramas, kalau kamu rasa rambutmu kotor dan nggak banget, kamu bisa keramas pake madu kapan aja. Semoga bermanfaat, love your hair as you love your hubby :)