Jomblo itu bukan suatu hal yang tabu kok. Bahkan, banyak yang menganggap jomblo itu adalah pilihan. Yang punya anggapan begini adalah orang-orang jomblo itu tadi. Untuk menutupi “kekurangan”nya ini mungkin ya?

Ada kekurangan, pasti ada kelebihan. Iya, ada beberapa hal yang istimewa yang justru mereka yang lama menjomblo yang punya. Yang selalu punya pasangan, bahkan yang punya banyak pasangan dan selalu ada cadangan sebagai pengganti kalau sewaktu-waktu putus, mungkin tidak punya keistimewaan berikut ini.

1. Baik pria maupun wanita yang sudah lama sendiri, biasanya cenderung lebih mandiri.

Jangan ngrepotin dong! via http://ngonoo.com

Berbeda dengan tipe orang yang tidak bisa sendiri, alias selalu ingin didampingi atau needy, para jomblo justru bisa melakukan berbagai macam hal sendiri. Yang punya pacar tapi baca artikel ini, bener gak kalau pacar kamu merepotkan? Bahkan hanya untuk sekedar makan, dia minta disuap. Kalo kamu berpikir itu adalah bukti sayang, lanjutkan. Jika tidak, mending ajari dia untuk lebih mandiri.

2. Mereka yang telah lama menjomblo biasanya cenderung tidak manja dan malas.

Semangat! via http://anekatop10.com

Masih ada kaitannya dengan yang pertama, yang sering ditemukan justru pacaran itu membentuk karakter manja. Tidak membeda-bedakan sih, tapi memang hal ini sering terjadi bagi para wanita. Mau makan, minta ditemenin atau bahkan dibeliin; mau belanja, minta ada yang mengawal; mau ini itu, dia lebih mending meminta pasangannya untuk melakukannya, ketimbang melakukannya sendiri meskipun dia bisa.

Advertisement

Kalo kamu jomblo, kamu mau minta ke siapa? Temen? Kalo temen kamu udah punya dan pasangan, jangan marah kalau kamu dinomor-duakan.

3. Sendiri membuat mereka lebih berani dan independent.

Aku bisa lakuin ini sendiri kok. via http://gudboi.com

Berbeda dengan mereka yang punya pasangan dan selalu ingin ditemani, mereka yang jomblo terbiasa melakukan banyak hal sendiri. Bahkan, mereka lebih menikmati dalam melakukan sesuatu sendiri, bebas dan tak ada beban. Tetap, manusia adalah makhluk sosial. Tapi, bagi mereka, selama mereka bisa melakukan sesuatu sendiri tanpa merepotkan orang lain, mereka bakal melakukannya sendiri.

4. Apa yang keluar dari mulutnya, biasanya lebih berbobot.

Serius, gak bohong. via http://hello-pet.com

Para jombloers merasa sayang jika waktunya dipakai untuk sekedar mengobrol tanpa kejelasan. Mereka terbiasa ngomong apa adanya, tanpa basa-basi. Mereka lebih berhati-hati dalam berbicara sehingga apa yang keluar dari mulutnya selalu singkat dan padat.

5. Mereka juga punya tendensi untuk menjadi lebih visioner.

Inget masa depan! via http://youngnesia.com

Mempunyai pasangan menuntut kita untuk menyisihkan tenaga dan pikiran untuk pasangan kita. Hal ini bisa menjadi sebuah keterbatasan. Dikit-dikit inget pacar. Dikit-dikit diminta atau minta ini dan itu. Karena para jomblo punya lebih banyak ruang untuk memikirkan sesuatu, kebanyakan dari mereka lebih memikirkan masa depan.

6. Mereka yang tidak punya pasangan lebih bisa memanfaatkan waktu.

Waktu sangat berharga lho, guys! via http://teknikhidup.com

Kebanyakan dari mereka tidak suka menghabiskan waktu dengan gadgetnya untuk chatting dan telepon pasangannya. Mereka menganggap banyak hal yang bisa dia peroleh di luar sana. Dia juga lebih fokus dalam menjalankan missinya.

7. Mereka juga lebih pintar memanfaatkan pendapatan atau uang mereka lho!

Nabung yuk! via http://puteriputeri.com

Lama hidup sendiri, mereka lebih paham apa yang mereka butuhkan, tidak hanya untuk hura-hura. Mereka lebih punya sedikit pengeluaran karena dirinya lah yang menjadi fokus pengeluaran. Setelah semua kebutuhannya terpenuhi, mereka lebih bisa menyisihkan uangnya untuk tabungan di masa depan.

8. Tidak lain adalah keluarga yang sangat mereka sayang. Keluarga pula yang mereka prioritaskan.

The most important thing is FAMILY. via http://angelascott.co.nz

Jika mereka sudah bekerja, mereka bisa menyisihkan uangnya untuk membahagiakan keluarganya, terutama orang tua dan saudara kandungnya. Selain itu, mereka lebih punya banyak waktu untuk dihabiskan bersama keluarga. Hal ini sangat berbeda dengan kebanyakan orang yang berpacaran dan menomor-duakan keluarganya.

9. Teman atau pacar? Bagi para jomblo, jelas teman yang lebih utama. Mereka kan gak punya pacar.

Pilih yang mana ya? via http://youtube.com

Jika kamu jomblo, pertanyaan “pilih teman atau pacar?” bukan lah pertanyaan yang sulit dijawab. Tapi bagi mereka yang berpasangan, pertanyaan ini sangat sulit untuk dijawab. Apapun jawabannya, pada kenyataannya mereka cenderung memprioritaskan pacar ketimbang teman.

Hal ini berbeda dengan mereka yang hidup tanpa pasangan. Mereka loyal dan solid dengan teman-teman mereka. Bahkan, tak jarang mereka menganggap teman mereka adalah keluarga ke-2. Rumah mereka pun menjadi rumah ke-2. Teman dan pacar sama-sama menguntungkan, terutama ketika kita sedang berada di atas. Tapi, jika kita terkena musibah, teman lah yang biasanya lebih peduli. Kamu mungkin punya mantan pacar, tapi jangan sampai punya mantan teman ya!

10. Lama menjomblo, berarti mereka sudah move-on dari mantan yang menjadi hantu di kehidupan mereka.

Move-on dong! via http://youngnesia.com

Kalo kamu baru aja putus, ada tips untuk segera move-on dan berdamai dengan masa lalu. Akan tetapi, move-on bisa menjadi hal yang sulit dan membutuhkan waktu lama. Orang-orang yang telah lama menjomblo lah yang telah sukses beranjak dari masa lalu bersama mantan.

11. Lama menjomblo, orang menjadi lebih selective.

Urusan pasangan, harus pilih-pilih lah! via http://selipan.com

Apalagi untuk memilih calon suami atau istri; untuk mencari pacar baru aja mereka lebih pilih-pilih. Putus seharusnya adalah sebuah kegagalan yang tidak perlu terulang berkali-kali. Untuk menemukan orang yang benar-benar bisa menjaga hatinya, mereka akan lebih punya banyak hal untuk diujikan.

12. Tidak mudah membuat mereka termehek-mehek, karena memang mereka minim drama.

Cup.cup.cup.. Jangan nangis lagi ya! via http://sapiperjaka.com

Cinta adalah soal rasa, tapi jika terlalu terbawa rasa, hal ini akan berujung ke hal yang tidak baik. Mereka yang telah lama menjomblo biasanya lebih realistis dalam berbagai hal, termasuk soal asmara.

13. Belajar lebih banyak hal menjadikan mereka lebih bertanggungjawab.

Ingat, semua ada resikonya! via http://ajozi.com

Karena terbiasa melakukan hal sendiri dan menanggung konsekuensi dari apa yang dia lakukan, mereka akan lebih bertanggungjawab. Hal ini sangat berbeda dengan mereka yang berada di bawah perlindungan pasangannya.