Sebagai calon pengantin, biaya pernikahan yang semakin membengkak terkadang membuatmu menomorduakan anggaran untuk bulan madu. Jangan khawatir, kamu masih bisa merasakan honeymoon yang tak terlupakan meskipun budget-mu terbatas!

1. BOOK EARLY

Booking jauh-jauh hari untuk dapat diskon via http://extendedstayamerica.com

Selain menghindari habisnya tiket pesawat ataupun penuhnya penginapan, melakukan pemesanan lebih awal dapat menghemat biaya bulan madu. Beberapa hotel ataupun resort memberikan promo ‘early booking’ hingga setengah harga aslinya! Waktu terbaik untuk berburu promo ini adalah 3 bulan sebelum tanggal keberangkatanmu. Sering-seringlah membuka website travel atau browsing resort indah incaranmu selagi mempersiapkan pernikahan, it’s one of the fun side of planning a wedding. Hal ini juga mengurangi kepanikan menjelang hari-H, one to-do list checked!

2. HINDARI MASA-MASA LIBURAN

Momen romantis kamu tetap terjaga jika menghindari high season saat honeymoon. via http://stylemepretty.com

Libur sekolah, hari raya dan long weekend adalah waktu-waktu yang perlu kamu hindari untuk berbulan madu. Selain biaya yang cukup mahal, tempat-tempat wisata pun cenderung lebih padat dengan pelancong yang dapat mengurangi momen romantis untuk pengantin baru. Bulan Juli, Agustus dan Desember juga merupakan bulan-bulan dimana harga tiket pesawat dan kamar hotel jauh lebih tinggi karena termasuk dalam ‘high season’ dimana orang banyak berlibur. Cara terbaik untuk berhemat? Pilihlah tanggal bulan madu di bulan Januari-Juni atau September-November.

3. EKSPLORASI KEINDAHAN INDONESIA

Advertisement

Banyak keindahan Indonesia yang cocok untuk honeymoon. via http://vineandlight.com

Tidak perlu memaksakan bulan madu ke luar negeri jika anggaranmu tidak memadai, masih banyak destinasi wisata di Indonesia yang tidak kalah bagusnya dengan tourist spot di Jepang atau Hongkong. Selain dapat berbulan madu dengan hemat, kamu juga telah berpartisipasi dalam membangun pariwisata domestik. Beberapa destinasi yang cocok untuk bulan madu impianmu : Lombok, Ambon, Derawan, atau Bintan.

4. “WE’RE ON OUR HONEYMOON”

Bawa buku nikah saat honeymoon! via http://citraindonesia.com

Informasikan kepada pihak hotel bahwa kalian sedang dalam perjalanan bulan madu sebelum tanggal kedatangan. Beberapa hotel bersedia mendekorasi kamarmu dengan tema romantis tanpa biaya, bahkan memberikan ‘freebies’ seperti paket spa atau honeymoon cake. Bahkan beberapa hotel memberikan diskon tambahan jika kamu membawa buku nikah saat berbulan madu, sebagai hadiah pernikahan. Cara ini cukup tidak biasa, tapi patut dicoba.

5. RESERVASI LANGSUNG KE MASKAPAI DAN HOTEL

Sering kali pihak hotel memberikan promo khusus jika reservasi di website. via http://svargaresort.com

Another tip unknown to others, harga di website hotel atau maskapai seringkali lebih murah dibandingkan website travel! Memang lebih nyaman berburu kamar hotel di website travel, namun persaingan harga yang ketat seringkali membuat harga yang dipasang cukup tinggi. Jika sudah yakin dengan pilihan destinasi dan hotelmu, sebaiknya pesanlah melalui website atau call center yang disediakan pihak hotel. Dengan memesan tiket pesawat atau kamar hotel secara langsung, kesempatan menghemat akan semakin besar.