Ada sahabat yang mau ulang tahun? Pacar kamu mau ulang tahun? Atau kamu mau anniversary? Mau kasih kado tapi nggak mau yang mainstream? Nah, selamat! Kamu masuk ke artikel yang benar :)

Di zaman yang serba digital ini, kamu juga bisa buat kado dengan menggunakan alat digital kamu pula. Misalnya, kamu bisa bikin video lirik yang menggambarkan perasaan kamu di dia, bisa pacar atau sahabat kamu.

Penasaran? Kamu bisa ikut beberapa langkah mudah di bawah ini:

 

1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan langkah dan bahan

Alat dan Bahan

Alat dan Bahan via http://g01.a.alicdn.com

Di tahap ini kamu harus menyiapkan alat dan bahan. Kalau kamu nggak terlalu percaya diri untuk tampil di depan kamera, maka kamu siapkan bahan meliputi:

1. Kertas (berwarna-warni lebih bagus)

2. Spidol (berwarna-warni lebih bagus)

Untuk alatnya, kamu butuh:

1. Kamera (boleh DLSR ataupun boleh dengan handphone kamu saja)

2. Tripod atau Stabilizer (kalau punya, kalau nggak juga nggak apa-apa kok)

2. Nah, tentukan lagu dan lirik yang pas buat kamu tuliskan, ya!

Pilih lirik dan tuliskan

Pilih lirik dan tuliskan via http://onelmon.com

Saatnya kamu mencari lagu yang sesuai dengan perasaan kamu ke dia. Kalau kado kamu buat pacar, ya carilah lagu yang romantis abis. Kalau sahabat, ya cari lagu yang menggambarkan persahabatan.

Kalau kamu sudah punya lagunya, tulis lirik dari lagu tersebut di kertas dan kreasikan tulisan kamu dengan sedikit gambar atau pola yang lucu-lucu. Saran dari aku, buat videonya hanya sampai refren pertama aja. Soalnya ini akan buat lebih menghemat waktu dan nggak terlalu banyak yang harus ditulis. Tapi, kalau kalian ingin 'niat banget' maka silakan tulis seluruh lirik di lagu yang kalian sudah tulis.

Saran dariku, kamu bisa tuliskan kata per kata di per lembar kertas.

3. Jangan lupa untuk pilih lokasi shooting yang mendukung, guys

Lokasinya dipilih yang paling jauh dari gangguan

Lokasinya dipilih yang paling jauh dari gangguan via https://i.ytimg.com

Lokasi juga tergantung sama maunya kamu, kamu milih outdoor atau indoor. Kalau di outdoor kekurangannya adalah kamu nggak bisa nebak apa aja gangguan yang akan datang saat kamu shooting. Misalnya hujan, orang lewat atau angin yang bikin kertas kamu berterbangan. Kalau di indoor kekurangannya adalah space yang terlalu kecil. Jadi, tentukan lokasi yang menurut kamu dapat membantu kamu. Misalnya di kamar kamu (dan pastikan dirapikan dulu ya :D), atau di outdoor di tempat yang alami gitu, hehehe.

4. Sudah siap semua? Cus buruan shooting deh!

Illustrasi

Illustrasi via https://vimeo.com

Ini tahap pentingnya. Sedikit tips, tempatkan kertas-kertasmu sesuai dengan liriknya (jangan hanya secara horizontal atau vertikal) mainkan juga kameranya biar keren jadinya.

Pastikan kamu hafal urutan dari liriknya supaya waktu kamu shooting kertas-kertasnya jadi lebih gampang.

Tips tambahan: Putar lagunya di handphone kamu supaya kamu bisa mengikuti lagunya dengan benar. Ini bakalan bantu banget dalam proses editing juga.

Oh iya, kalau mau kamu bisa ajak satu orang lagi buat bantu proses shooting kamu biar mengurangi keribetan yang kamu alami, hehehe.

5. Jangan cuma 'apa adanya', marilah bekerja lebih keras untuk edit video agar hasilnya lebih rapi

Software Editting

Software Editting via https://www.ezvid.com

Secara nggak langsung, video kamu sudah jadi, sih. Apalagi kalau kamu merekamnya sambil pakai lagu di handphone kamu; otomatis semua sudah terekam di kamera. Tapi, ya kualitas dari video kamu nggak akan terlalu bagus. Pasti akan ada suara lain selain suara lagu yang terekam; misalnya suara angin atau suara orang yang bakal bikin videonya jadi 'nggak banget'.

Yang perlu kamu lakukan adalah edit videonya! Kamu bisa pakai aplikasi di PC atau aplikasi di handphone saja. Kamu cuma perlu hapus audio asli dari video kamu, lalu kamu ganti pakai file lagu yang asli. Kalau kamu jago dalam editing, bisa juga kamu coba color grading atau tambahin efek lucu di video kamu.

Masih bingung cara edit video? Ya, di googling saja banyak tutorial-nya, kok!

6. Tara! Sudah siap kirim kadonya, nih

Kejutkan dia dengan usahamu!

Kejutkan dia dengan usahamu! via http://i.huffpost.com

Congrats!! Video keren kamu sudah jadi. Eh, tapi, gimana cara kirimnya? Nah, kamu bisa taruh file-nya di flashdisk atau cd, terus taruh dalam kotak dan kasih ke dia. Alternatif lainnya, kamu bisa unggah video kamu di platform online dan kirim linknya ke dia secara tiba-tiba. Gampang, dan keren, bukan?

Mau yang lebih greget? Sediakan saja proyektor, bawa dia dan tunjukkan videonya ke dia (ya kamu cari tahulah sendiri gimana cara buat dapetin proyektornya :p)

 

Tips tambahan: Kalau kamu bawa teman dan punya lebih dari satu kamera, suruh teman kamu buat rekam Behind The Scene dari proses shooting kamu. Targetmu pasti lebih tersentuh saat melihat perjuangan kamu. Kamu bisa edit video itu dan menaruhnya di belakang video lirik kamu.

Selamat mencoba!