Mungkin kamu sering melihat kalau orang pacaran itu harus kemana-mana berdua. Kenal sama semua teman-temannya si pacar, tiap saat nge-check si pacar lagi ngapain, sama siapa, dan sebagainya. Udah ketemu dari Senin sampe Jumat, masih aja merasa wajib buat jalan pas weekend. Padahal pacaran itu enggak perlu yang gitu-gitu amat.

Pacar kamu minta dikasih space dan butuh waktu sendiri? Tenaaaang....bukan berarti dia enggak cinta. Itu juga buat kebaikan kalian loh.

1. Pacaran bukan berarti dunia kalian jadi sempit. Harusnya manfaatkan hubungan kalian untuk saling mendukung satu sama lain.

Saling dukung biar lebih sweeet… via http://stellar.ie

Pacaran bukan berarti dunia kalian jadi sempit dan membatasi pergerakan. Kalian harusnya bisa saling mendukung. Dengan memberikan space artinya kamu memberikan dia ruang untuk berkembang. Bahkan dengan memberikan Si Dia space, artinya kamu juga memberikan ruang buat dirimu untuk berkembang.

2. Tidak semua tentang kamu. Ada saatnya dia harus fokus sama kuliah atau kerjaannya.

Kasian yaaa…kerjaannya lagi banyak.. 0 via http://storiesfromtheroad.typepad.com

Coba deh inget-inget gimana kondisi pekerjaan dan kuliahnya. Tugas yang menumpuk, deadline, diomelin bos atau dosen yang killer. Pikirannya pasti penuh banget. Kasihan ya dia kalau harus mikirin kamu yang rewel minta ditemenin kemana-mana. Kalau kamu sayang dia beneran, coba deh kasih dia space untuk fokus kesitu baru deh fokus ke kamu. Kalau pun itu artinya hanya bisa seminggu sekali ajak kamu jalan. Tapi setidaknya dia udah usaha. Dan sekecil apapun usaha itu, hargailah.

3. Kasih pacar kamu space, artinya kamu kasih dia kesempatan buat kangen sama kamu. Hayoo, udah berapa lama pacar kamu ga bilang kangen?

Advertisement

Aku kangen kamu.. via http://cornis.soup.io

Kamu pasti senang dong kalau Si Dia tiba-tiba bilang kangen sama kamu… Terus bela-belain deh buat ketemu kamu. Nah, dengan kamu kasih space ke Dia, kalian jadi punya kesempatan untuk merasakan kangen. Kamu juga jadi punya kesempatan untuk merasakan kangennya dia. Sweeeeeeeeeet….

4. Kamu akan lebih bisa merasakan seberapa dia sayang sama Kamu

Iyaaa, aku tau kamu sayang aku.. via http://www.the-open-mind.com

Awalnya mungkin kamu enggak setuju dengan ini. Kenapa dia butuh waktu untuk sendiri? Dia udah enggak sayang? Udah jenuh? Stop berpikiran negatif! Dengan kamu memberikan dia space, artinya kamu membuat dia merasakan arti hadirnya kamu. Dengan kamu ga bawel ketika dia butuh space, itu bisa membuat dia merasa bahwa kamu mengerti dia. Membuat dia semakin sayang sama kamu, membuat kamu semakin bisa merasakan dia sayang sama kamu. Ga percaya? Sabar aja…nanti juga kamu bisa ngerasainnya.

5. Intensitas kalian berantem bisa berkurang atau hampir enggak pernah

Hubungan jadi lebih seru dan jarang berantem.. via http://we-theluckyones.tumblr.com

Akan ada saat dimana dia gamau diganggu atau harus banget fokus ke pekerjaannya, nah jika di saat ini kamu justru dateng dan bawelin dia, dijamin deh dia bakal murka dan bete sama kamu. Jadi, cukup kasih dia space kamu bisa mengurangi kemungkinan seperti ini.

Percaya atau enggak, dengan hanya saling berkabar sekali-kali, memberikan dia space, ketika bertemu kalian akan lebih banyak ngobrol, dan rasanya enggak worth aja kalau momen ketemu justru diabisin untuk berantem. Kalian akan lebih menghargai momen kebersamaan.

6. Kamu lebih bisa memahami dia

Sekarang aku lebih paham kamu gimana.. via http://www.selflovebeauty.com

Ruang akan membuat kamu belajar dan memahami seperti apa pacar kamu. Karena dengan adanya space ini kamu jadi lebih bisa melihat atau menilai, kamu, pacar kamu, dan hubungan kalian. Karena kalau di antara kalian enggak ada space sama sekali, kamu hanya akan terfokus sama satu titik, sehingga besar kemungkinan bisa mempersempit pemikiran kamu.

Space ini yang bisa membantu kamu berpikir berpikir dari segala arah. Misalnya, kamu tidak suka sama salah satu sifatnya. Kamu akan lebih bisa berpikir gimana kalau kamu adalah dia, ada di posisi dia, dan gimana orang lain melihat masalah yang sedang kalian hadapi. Apakah itu masalah besar dan penting, atau tidak.

7. Kamu akan lebih mengenal dirimu.

Now I know myself, and I love myself via https://www.pinterest.com

Dengan saling memberikan space, kamu juga secara tidak langsung akan lebih mengenal dirimu, dan ini enggak hanya menguntungkan dirimu tapi juga hubungan itu sendiri. Kamu jadi bisa mengembangkan potensi kamu, kamu akan merasa lebih berisi dan bahagia. Kenapa bisa lebih bahagia? Karena kamu akan lebih ngerti apa yang sebenarnya bisa membuat kamu bahagia. Di luar hubungan kalian berdua ya. Karena sebaiknya jangan jadikan pasangan kamu sebagai sumber kebahagiaan kamu.

Nah, kalau kamu sudah mengenal dirimu dan tau apa sih yang bikin kamu bahagia, kamu akan jadi lebih selow kalo Dia lagi sibuk atau butuh space.

Pacar yang minta space ke kamu, bukan berarti dia ga sayang sama kamu. Bahkan bisa jadi sebenarnya rasa sayang dia lebih dalam dan luas dibanding kamu? Terkadang mungkin kamu sendiri juga ga tau hal apalagi yang dia pikirin selain kamu, dan kerjaannya yang bikin ribet. Enggak semua orang bisa fokus ke berbagai hal dalam satu waktu.