1. Buatlah judul yang menarik tapi tetap jujur dan sesuai dengan isinya!

bisnisnews.co via http://biznisnews.co

Judul harus menarik sehingga pembaca tertarik untuk membacanya dengan judul yang sudah tertera di ats isi dengan format agak besar dari pada isi. Dan jangan sekali-sekali menbongkar isi cerita sehingga kesannya tidak memberi ketertarikan pembaca dan pembaca akan malas untuk membaca sehingga Meding atau Majalah yang anda kelola menjadi fatal dan sulit untuk cepat maju.

Coba bandingkan kedua judul ini:

Tutorial Hijab Pashmina Buat Keseharian

vs

Ingin Lebih PD Pakai Pashmina? Ini Nih Tutorial yang Akan Memudahkanmu!

Kira-kira, lebih menarik yang mana?

2. Khusus untuk tulisan pada rubrik, majalah atau buku, mengatur desain sedemikian rupa sangatlah penting

biznisnews.co via http://biznisnews.co

Desain merupakan hal yang penting dalam Rubrik Meding atau Majalah sehingga desain  itu sangat penting untuk dipreoritaskan dalam setiap penerbitan karya. Jadi anda berpandai pandailah untuk mendesain segala bentuk rubrik yang ada di meding sehingga nanti akan mengundang pembaca untuk membaca karya yang dipublikasikan melalui media meding yang anda kelola.

Jika anda mengelola majalah maka yang harus dioptimalkan di bagian cover sehingga ketika pembaca melihat mengesankan ketertarikan untuk membeli dan membaca. Untuk desain isi jangan sampai lebay artinya jangan sampai kebnyakan gambarnya dari pada isinya sehingga isinya tidak terang karena desain, desainlah jika dianggap perlu dalam tanda kutip jangan terlalu banyak desain yang nantinya mebuat pembaca membosankan.

3. Layout atau tata letak juga jangan sampai kelewatan!

http://biznisnews.co via http://biznisnews.co

Dalam tata letak juga harus diperhatikan, agar pembaca tidak menbosankan untuk membaca karya yang dipublikasikan oleh anda. Pakailah tulisan Cambria atau Times News Rouman, apabila ditulis melalui komputer. Apabila memakai tangan maka tulislah dengan baik dan benar agar pembaca mengerti dengan tulisan yang anda tulis dan edisi berikutnya akan kembali pada meding atau membeli majalah yang anda terbitkan. 

4. Jadilah penulis yang memperhatikan kaidah-kaidah dalam EYD Bahasa Indonesia

http://biznisnews.co via http://biznisnews.co

Tata bahasa sangat penting dalam penulisan karya sehingga pembaca tidak kesulitan untuk mengerti dengan apa yang disampaikan oleh penulis. Dengan begitu juga Tata bahasa untuk mengajari kepada pembaca untuk berkarya demikian, sehingga pembaca nantinya mengambil ibroh dari karya yang anda tulis di media meding atau media majalah.

5. Dalam setiap tulisanmu, ajaklah pembaca untuk berkomunikasi dengan seolah-olah mengajukan pertanyaan

http://biznisnews.co via http://biznisnews.co

Hallo, apa kabar pembaca setia?

atau

Masih ingatkah kamu dengan tokoh Pak Raden yang melegenda?

Memulai dengan mengajukan pertanyaan merupakan salah satu hal yang memikat para pembaca. Dengan demikian kita mengajak para pembaca untuk ikut berpikir. Kita bisa mengemukakan fakta-fakta dan penjelasan sementara para pembaca menarik kesimpulan sendiri yang seolah-olah itu adalah hasil dari pemikirannya sendiri. Mereka tentu lebih yakin kepada suatu kebenaran yang dianggap mereka sendirilah yang menemukannya. Banyak para penulis yang membiarkan pembacanya menyimpulkan sendiri.

Silahkan baca berbagai artikel yang di tulis oleh para penulis yang telah memiliki brand di Pembelajar.Com. Mereka membuka diskusi terhadap para pembacanya. Salut kepada Andrias Harefa, Sang inisiator dan Edy Zaqeus sang Editor juga para kolumnis.