Pernahkah terpikir olehmu mengapa ada begitu banyak warna-warni makanan? Ternyata, warna makanan menunjukkan kandungan nutrisi yang terdapat pada makanan tersebut. Jadi, setiap komposisi warna menunjukkan bahwa makanan alami (buah dan sayur) tersebut mengandung nutrisi yang berbeda-beda.

Lalu, apa masing-masing manfaatnya bagi kesehatan tubuh? Yuk, kenali roda warna makanan sehat agar Anda bisa mengetahui manfaat baik dari masing-masing makanan!

1. Makanan sehat berwarna merah

Makanan berwarna merah alami dapat membantu melawan kanker dan mencegah infeksi. Contoh makanan yang termasuk dalam kategori ini adalah jambu merah, anggur merah, paprika merah, tomat, semangka, ceri, kacang merah, apel merah, beras merah, kol merah, dan bayam merah.

2. Makanan sehat berwarna oranye

Makanan yang memiliki warna oranye alami mengandung beta carotene dan alpha caroten, yaitu dua zat yang membentuk vitamin A secara aktif untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, beta carotene juga dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Beberapa makanan yang termasuk dalam kategori warna ini adalah jeruk, wortel, labu, mangga, aprikot, blewah, dan pepaya.

3. Makanan sehat berwarna kuning

Advertisement

Makanan berwarna kuning alami dapat membantu dalam melawan kanker esofagus dan kanker perut. Lemon yang kaya akan vitamin C merupakan antioksidan kuat yang dapat menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, kandungan flavanoid-nya juga dapat menghambat pertumbuhan sel tumor dan detoksifikasi terhadap zat-zat berbahaya.

4. Makanan sehat berwarna hijau

Terdapat sebuah bukti kuat kalau makanan berwarna hijau alami dapat membantu melawan kanker paru-paru, kanker payudara, kanker ovarium, dan kanker usus. Sayuran seperti endive, kangkung, bok choy, brokoli, kembang kol, dan kubis merupakan beberapa jenis makanan berwarna hijau yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Semakin gelap warna hijau sayuran, berarti sayur tersebut mengandung lebih banyak klorofil dan antioksidan yang dapat meningkatkan produksi enzim yang berfungsi menghilangkan racun pada tubuh.

5. Makanan sehat berwarna ungu/biru

Makanan berwarna ungu/biru alami mengandung anthocyanin dan proanthocyanin yang dapat mengoptimalkan fungsi otak dan menjaga kesehatan jantung. Jenis makanan yang termasuk dalam kategori warna ini antara lain: blackberry, blueberry, terong, ubi ungu, plum, cranberry, anggur, dan raspberry. Semakin ungu warnanya, menandakan jumlah antioksidan yang semakin tinggi.

6. Makanan sehat berwarna putih

Meski makanan berwarna putih alami tidak terlalu banyak mengandung antioksidan, namun kandungan seratnya yang tinggi mampu memenuhi kebutuhan serat harian Anda. Konsumsi buah pisang, sirsak, duku, kelengkeng, dan leci untuk mendapatkan serat dan vitamin C yang tinggi. Untuk sayuran, Anda dapat mengonsumsi jamur, kembang kol, lobak putih, tauge, dan sawi putih yang memiliki kandungan vitamin E dan C serta senyawa anti kanker.

Nah, setelah mengetahui nutrisi-nutrisi yang terkandung pada setiap jenis warna makanan melalui infographicroda warna makanan sehat di atas, semoga Anda dapat memulai kebiasaan hidup sehat, ya. Jangan lupa untuk mengimbanginya dengan berolahraga di tempat gym dan fitness terdekat. Happy healthy life!