Sebentar lagi memasuki masa liburan akhir tahun. Inilah dimana moment, ketika para perantau, baik itu yang bekerja ataupun menuntut ilmu di luar daerah asalnya, bisa pulang ke kampung halaman. Nah, disini saya akan merangkum 4 kebiasaan yang dilakukan para perantau ketika pulang ke kampung halaman! Penasaran? Mari kita simak.

 

1. Berkumpul dengan keluarga dan mengunjungi teman lama

berkumpul bersama keluarga

berkumpul bersama keluarga via http://i0.wp.com

Ketika para perantau pulang ke kampung halaman, hal pertama yang biasa dilakukan oleh mereka adalah menghabiskan waktu bersama keluarga, bersilaturahmi ke tempat saudara, serta berkunjung atau berkumpul dengan teman lama. Hal ini dilakukan untuk melepas kerinduan mereka dengan orang-orang terdekat mereka. Biasanya mereka akan saling bertukar cerita tentang hal-hal apa saja yang telah mereka alami selama mereka merantau.

2. Bernostalgia ke tempat yang menyimpan kenangan

Main ke wisata yang dulu sering dikunjungi

Main ke wisata yang dulu sering dikunjungi via http://hellosemarang.com

Hal lain yang dilakukan perantau ketika pulang kampung adalah mengunjungi tempat-tempat yang dapat membangkitkan kenangan bagi mereka. Misalnya : sekolah, tempat bermain, atau tempat nongkrong. Biasanya mereka mengunjungi tempat-tempat tersebut bersama-sam dengan teman sambal membicarakan hal-hal yang biasa mereka lakukan ketika di tempat tersebut. Hal inilah yang membuat para perantau merasa terikat dengan asal mereka dan membuatnya tidak mudah melupakan asal mereka.

3. Mengunjungi tempat-tempat baru

mengunjungi wisata alam baru

mengunjungi wisata alam baru via http://www.yukpegi.com

Selain mengunjungi tempat-tempat lama dan bernostalgia, hal lain yang dilakukan ketika para perantau pulang adalah mengunjungi tempat-tempat baru yang belum ada ketika mereka masih tinggal di kampung halaman mereka. Tempat-tempat baru tersebut bisa saja rumah makan, mall, atau tempat wisata baru. Hal ini juga digunakan sebagai refreshing karena mengunjungi tempat-tempat baru, dan update pengetahuan tentang daerah asal mereka.

4. Mengunjungi Tempat Makan, Baik yang Baru Maupun Lama

Makan Bareng sama temen

Makan Bareng sama temen via http://static.republika.co.id

Ketika para perantau ini pulan kampung, hal yang tidak bisa dilewatkan adalah...makan! Biasanya, para perantau ini mengajak keluarga, teman, atau komunitasnya untuk kumpul bareng dan mencoba kuliner baru yang belum ada ketika mereka berangkat merantau. Rasa kebersamaan inilah yang paling disukai sama perantau, tapi terkadang membikin mereka enggan untuk pulang ke tanah rantau.

5. Membeli cenderamata dan makanan khas

Sebelum pulang, beli oleh-oleh dulu

Sebelum pulang, beli oleh-oleh dulu via http://dbagus.com

Ketika akan kembali ke tanah rantau, para perantau biasanya akan membeli cenderamata dan makanan khas daerah asalnya. Oleh-oleh yang dibeli biasanya akan dibawa untuk dibagi-bagikan kepada kolega mereka di tanah rantau, dan biasanya cenderamata yang dijual itu lucu-lucu dan murah lho! Jadilah mereka yang mau membeli oleh-oleh bingung mau beli yang mana