Manfaat Gerakan Sholat Bagi Kesehatan | Sholat adalah kegiatan ibadah yang dilakukan umat Islam sebagaimana perinta Allah SWT kepada Rasulullah SAW. Sebagaimana telah dijelaskan dalam firman Allah SWT yang bunyinya :"....dirikanlah sholat, sesungguhnya sholat itu mencegah dari (perbuatan - perbuatan) keji dan mungkar, dan sesungguhnya mengingat Allah (sholat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadah - ibadah yang lain)." (QS. Al Ankabut ayat 45)

Hukum sholat itu sendiri terbagi menjadi dua, yaitu sholat fardhu dan sunnah. Sholat fardhu adalah sholat yang diwajibkan utk dikerjakan, dan sholat fardhu ini juga terbagi menjadi dua, yaitu fardhu ain dan fardhu kifayah. Sholat fardhu ain diantaranya adalah sholat lima waktu dan sholat jumat, sedangkan sholat fardhu kifayah adalah sholat yang diwajibkan kepada umat muslim, akan tetapi gugur kewajibannya atau menjadi sunnah apabila sudah ada yang mengerjakan. Seperti contohnya ialah sholat jenazah.

Sedangkan sholat sunnah itu sendiri adalah sholat yang boleh dikerjakan atau tidak, macam - macam sholat sunnah itu sendiri ada banyak sekali, dan beberapa contoh sholat sunnah diantaranya adalah sholat tahajud, sholat istikharah, sholat dhuha, sholat rawatib, dan masih banyak lagi beberapa sholat sunnah lainnya.

Adapun pada saat kita mengerjakan sholat itu terdapat banyak gerakan, mulai dari gerakan takbiratul ihram yang merupakan gerakan pertama kali dikerjakan pada saat mengerjakan sholat, kemudian ada gerakan rukuk, i'tidal, selanjutnya ialah gerakan sujud, duduk diantara dua sujud, kemudian gerakan tahiyat akhir. Dan didalam setiap gerakan sholat yang dilakukan itu terdapat banyak manfaat yang secara tidak langsung bisa kita rasakan utk kesehatan kita.

Bagi anda yang mungkin belum mengetahui apa saja manfaat gerakan sholat untuk kesehatan itu sendiri, maka silahkan saja bagi anda untuk langsung melihat pembahasan lengkapnya yang akan coba saya sajikan dibawah ini.

 

1. Manfaat Gerakan Takbiratul Ihram

Doa Takbiratul Ihram

Doa Takbiratul Ihram via http://doaharian.info

Gerakan pertama yang dikerjakan pada saat sholat ialah takbiratul ihram, gerakan ini mengangkat ke dua tangan sampai posisi tangan sejajar dengan bahu atau daun telinga. Setelah itu didekapkan dibawah dada atau perut. Manfaat gerakan takbiratul ihram sendiri ialah dapat memperlancar aliran darah dan getah bening didalam tubuh. Selain itu juga dapat memperkuat otot bagian tangan, dimana hal tersebut dikarenakan oleh gerakan mengangkat tangan yang dapat meregangkan otot bagian tangan.

2. Manfaat Gerakan Rukuk

Gerakan Rukuk

Gerakan Rukuk via http://www.assajidin.com

Gerakan sholat selanjutnya ialah rukuk, dimana posisi tubuh kita pada saat rukuk itu membungkuk dengan sudut 45 derajat dan posisi tangan membentuk siku dengan menahan ke bagian paha atau lutut kaki. Manfaat gerakan sholat yang satu ini ialah dapat menjaga struktur tulang belakang kita dalam posisi yang tegak atau sempurna, dan juga menjaga posisi saraf pusat tetap baik. Selain itu juga dapat memperlancar aliaran darah dari otak ke seluruh bagian tubuh.

3. Manfaat Gerakan I’tidal

Bacaan Doa I Tidal

Bacaan Doa I Tidal via http://doaharian.info

Berikutnya adalah manfaat gerakan i'tidal, setelah kita selesai mengerjakan rukuk maka selanjutnya kita mengerjakan i'tidal. Manfaat gerakan i'tidal ini sendiri ialah dapat membuat pencernaan kita menjadi lebih bagus, hal tersebut dikarenakan gerakan ini berporos pada bagian perut. Dan didalam perut itu sendiri terdapat bermacam-macam organ pencernaan, sehingga pada saat melakukan gerakan tersebut perut kita serasa sedang dipijat.

4. Manfaat Gerakan Sujud

Doa Ketika Sujud

Doa Ketika Sujud via http://doaharian.info

Posisi dari gerakan sujud adalah dahi menyentuh lantai dengan posisi kedua kaki ditekuk sedangkan tangan juga menyentuh ke lantai. Dengan posisi seperti ini, maka otak akan berada dibawah jantung. Dan hal tersebut dapat membuat aliran darah yang menuju ke otak menjadi lebih lancar, dengan aliran darah yang cukup lancar ke bagian otak, maka daya berpikir seseorang akan menjadi lebih baik. Oleh karena itu, disarankan ketika sedang bersujud itu jangan tergesa-gesa atau menggunakan waktu sujud sedikit lebih lama.

5. Manfaat Gerakan Duduk Diantara Dua Sujud Duduk Tahiyatul Awal

Manfaat Gerakan Duduk Diantara Dua Sujud dan Tahiyat Awal

Manfaat Gerakan Duduk Diantara Dua Sujud dan Tahiyat Awal via http://syariah.rhodoy.com

Posisi duduk tahiyatul awal dan duduk diantara dua sujud ini memiliki posisi yang sama, dimana manfaat dari gerakan sholat tersebut ialah dapat menghilangkan rasa nyeri pada bagian pangkal paha yang menjadikan seseorang itu akan susah untuk berjalan.

6. Manfaat Gerakan Duduk Tahiyatul Akhir

Manfaat Gerakan Tahiyat Akhir

Manfaat Gerakan Tahiyat Akhir via http://syariah.rhodoy.com

Gerakan sholat selanjutnya ialah duduk tahiyat akhir, dimana posisi duduk tahiyat ahkhir ini posisi kaki sebelah kiri berada dibawah kaki kanan. Dan pada posisi gerakan sholat ini sangat baik utk menekan bagian kandung kemih, saluran vas deferens, serta kelenjar kelaim pira. Apabila kita melakukan gerakan tersebut dengan benar, maka dapat mencegah terkenanya penyakit impotensi.

7. Manfaat Gerakan Salam

Manfaat Gerakan Salam

Manfaat Gerakan Salam via http://syariah.rhodoy.com

Gerakan yang terakhir dalam sholat ialah melakukan salam dua kali dengan cara memutar kepala ke arah kanan dan kiri. Manfaat dari gerakan salam ini sendiri adalah untuk meregangkan otot bagian sekitar leher dan kepala, serta dapat menyempurnakan aliran darah pada bagian tersebut. Selain itu, gerakan sholat tersebut juga dapat mencegah sakit kepala dan menjaga kekencangan kulit wajah.