Lingkungan tidak selamanya dikelilingi orang-orang yang dengan ikhlas menerima kekurangan kita, apalagi kelebihan. Berbagai potensi yang kita miliki terkadang menjadikan kita ‘special’ hingga sulit tergantikan. Disayang atasan atau disenangi teman menjadikan kita pribadi yang sempurna. Tapi, tetap saja. Akan ada beberapa gelintir orang yang iri. Hingga berbagai cara digunakan agar bisa menggantikan posisi kita.

Salah satunya, gosip.

Menyebarkan berita tak sedap tentang diri kita. Entah itu suatu kebenaran atau kebenaran yang dilebih-lebihkan yang berpeluang menjadi ... fitnah.

Lingkungan juga tidak selamanya diisi orang cerdas yang bisa menelaah masalah hingga tuntas. Yang katanya cerdas pun terkadang termakan bualan murah. Karena biang gosip biasanya lebih cerdas dalam dramatisasi cerita.

Lantas, apa yang harus dilakukan apabila terjepit menjadi bahan gosip?

1. Introspeksi diri

Benarkah kita demikian? via http://tango.image-static.hipwee.com

Yang pertama dan utama ketika ada kabar tak enak yang sampai telinga adalah mencoba bertanya pada diri sendiri. Benarkah saya demikian? Kalau ya, lakukan perbaikan diri. Kalau tidak, cuek saja sampai warta itu menguap dengan sendirinya.

2. Tetap jalin hubungan sosial

Jangan Menarik Diri via http://www.pesona.co.id

Menjadi bahan perbincangan memang membuat kita seperti terasing di lingkungan. Namun, jangan jadikan alasan untuk menarik diri. Tetap santai dan bersikap pura-pura tak tahu. Dengan begitu, si biang gosip malah semakin kesal karena tak berhasil menjauhkan kita dari teman-teman.

3. Sibukkan diri dengan hal positif

Advertisement

Tunjukkan bahwa apa yang selama ini mereka gunjingkan tidak benar. Daripada sibuk klarifikasi sana-sini, lebih baik gunakan segala potensi diri untuk berprestasi. Waktumu terlalu berharga hanya untuk mengurusi hal temeh macam itu.

4. Sadari diri kita istimewa

Si sirik hanyalah iri via http://cdn29.elitedaily.com

Biang gosip akan merasa girang hatinya apabila berhasil mematahkan rasa percaya diri yang kita punya. Karena itu salah satu tujuannya. Maka tetap berpikiran baik tentang diri kita. Karena bisa jadi, ada yang sedang iri dengan kelebihan kita. Sampai menggunakan cara picik untuk menjatuhkan.

5. Senyumin aja

Keep smile guys via http://cdn29.elitedaily.com

Intinya adalah buktikan pada biang gosip bahwa kamu sama sekali tidak terpengaruh dengan apa yang dia lakukan. Kamu tetap menjadi diri kamu yang istimewa dengan segala kelebihan yang tidak bisa dia miliki. Biarkan dia menangis sendirian dan sibuk memikirkan langkah apa lagi yang harus dia lakukan untuk mengorek kelemahanmu. Cuek saja. Biar Tuhan yang menambal dengan kelebihan baru pada dirimu.