Big Bang, EXO, Super Junior, Girls Generation, dan 2NE1 adalah nama-nama yang keluar jika kita menyebut kata Kpop. Padahal selain boyband dan girlband, musik Korea juga menerima berbagai genre lho! Yuk, kenalan dengan musisi-musisi yang gak kalah yahutnya dari para grup idol Kpop!

1. Epik High

Band beranggotakan Tablo, Mithra Jin, dan DJ Tukutz ini adalah grup dengan genre alternative hip hop di bawah naungan YG Entertainment. Grup yang beranggotakan pria-pria dewasa dan sudah berkeluarga ini, lagu-lagunya nggak kalah ngehits lho! "Don't Hate Me", "Spoiler", "Born Hater", dan "Happen Ending" adalah sebagian kecil dari lagu mereka yang populer dan enak didengerin.

Jangan lewatin juga kolaborasi Tablo bareng Taeyang di lagu "Eyes, Nose, Lips". Lirik yang digubah lagi oleh Tablo dengan bahasa Inggris ini, memudahkan kamu tahu maksudnya daripada menggunakan bahasa Korea. Selain rapper handal, Tablo juga punya kemampuan menulis lirik yang mumpuni.

2. AKMU (Akdong Musician)

Akdong Musician via http://www.mtvk.com

Advertisement

Grup yang terdiri kakak beradik Lee Canhyuk dan Lee Suhyun ini, menuai pujian dan juga sukses di usia kurang dari 20 tahun. Keduanya sama-sama punya suara lembut nan empuk. Tak hanya itu saja, musikalitas mereka sudah setara dengan artis-artis yang lebih dulu memulai debut dibandingkan mereka. Jebolan ajang pencarian bakat ini, memilih untuk jadi keluarga YG Entertainment. Semua lagu di album debutnya, mereka sendiri lho yang memproduksi!

3. MC Mong

Penggemar game online "Ayo Dance" pasti familiar dengan penyanyi ini. Salah satu lagunya adalah "Sick Enough to Die" yang paling membekas. Penyanyi hip hop ini sangat berjaya di eranya. Namun saat tersandung kasus mangkir wajib militer, masyarakat Korea sangat kecewa dan menjadi tidak suka padanya. Ia dianggap tidak bertanggung jawab. Dia pun membuat comeback-nya setelah lama hiatus di tahun 2014 dengan album "Miss Me or Diss Me".

4. Clazziquai Project

Mereka lebih dikenal sebagai Clazziquai, grup dengan aliran jazz, groove, electropop, dan lounge. Grup ini beranggotakan tiga orang, yaitu DJ Clazzi, Horan, dan Alex yang sama-sama menggeluti bidang seni peran. Lagu mereka yang terkenal "Be My Love" dan "She Is" adalah soundtrack drama korea "My Lovely Sam Soon". Grup mereka berjalan secara underground sebelum resmi debut dengan album "Instant Pig". Album terakhir yang mereka rilis adalah "Blink" di tahun 2014.

5. Urban Zakapa

Urban Zakapa via http://static.askkpop.com

Grup vokal yang bergenre RnB ini, cukup terkenal dengan lagu "The Space Beetween" hasil kolaborasi dengan member Sistar, Soyou. Grup yang dulunya beranggotakan sembilan orang ini, sekarang hanya menjadi tiga orang saja. Mereka adalah Park Yongin, Jo Hyun A, dan Kwon Son Il.

6. Busker Busker

Busker Busker via http://images.kpopstarz.com

Grup jebolan ajang pencarian bakat ini, sukses dengan lagu debut mereka "Cherry Blossom Ending". Busker Busker dibentuk oleh sang gitaris dan vokalis, Hyung Tae dan Beom Jun. Barulah Brad Moore bergabung dan melengkapi formasi. Band ini mengusung genre pop rock, folk rock, soft rock, dan indie rock.

Jadi, buat kalian yang nggak begitu suka dengan boyband dan girlband Korea, nama-nama di atas bisa jadi alternatif untuk menikmati musik Korea.