Dewasa ini sudah banyak istilah olahraga yang diadopsi menjadi bahasa sehari-hari. Entah itu bermula sejak kapan, namun pengetahuan kamu terasa sedang diuji oleh teman - temanmu saat mereka berbicara menggunakan istilah-istilah tersebut.

Mulai dari yang caper pengen keliatan keren, orang awam, sampai atlit sebenarnya sering menggunakan istilah ini dalam percakapan. Ketidaksinkronan arti kata yang membuat kita semakin bingung apa sebenarnya arti istilah tersebut. Namun jangan keki dulu, berikut ada beberapa definisi istilah dalam sepak bola yang sangat sering kamu dengar. 

1. Sering banget denger kata offside tapi sampai sekarang nggak ngerti apa artinya?

offside rule via http://www.wikihow.com

“Neng, walaupun bulu hidung kamu offside, I’ll always be by your side”

Sama halnya saat kamu sedang menonton bola, komentatornya bilang terjadi offside. Dan yang bisa kamu lakukan hanyalah menatap nanar layar televisi.

Offside adalah posisi dimana pemain penyerang berada lebih dekat ke gawang dibandingkan dengan pemain bertahan lawan sebelum bola diumpan oleh rekannya seperti gambar diatas. Aturan dalam offside sangat membingungkan sehingga banyak orang, terlebih kaum cewek yang belum mengerti. Sampai ada memenya,

Advertisement

"If a girl understands offside rule, marry her!"

2. Buat kamu yang menyamakan liga dengan turnamen, sebenarnya kedua istilah tersebut memiliki perbedaan arti.

sanah pacaran aja sama futsal! via http://www.jancok.com

“Maaf yang, aku nggak bisa nemenin kamu besok. Aku ada turnamen futsal”

“Kok turnamen lagi? Kan kemaren udah ikut! Keseringan banget futsalan!”

“Yang kemaren itu liga fakultas sayang…”

“Terserah! Tetep aja namanya futsal!”

Jangan sembunyikan kekesalanmu wahai kaum hawa yang menderita akibat sering ditinggal futsal oleh sang pacar.

Turnamen dan liga adalah dua kata yang memiliki makna berbeda. Turnamen dapat berarti sebuah kompetisi terorganisasi dimana sejumlah besar tim berpartisipasi dalam sebuah pertandingan atau olahraga dan terkonsentrasi dalam jarak waktu yang relatif pendek.

Sedangkan liga adalah kompetisi yang melibatkan sejumlah pertandingan, masing-masing melibatkan sekumpulan pesaing, dengan keseluruhan pemenang turnamen yang berdasarkan pada hasil gabungan pertandingan individu.

3. Kalo kamu suka nonton The Comment, mereka sering bilang Hattrick, quadtrick dan blunder. Apa sih itu?

Danang Darto host The Comment via http://youtube.com

Buat kamu penggemar Danang Darto nggak akan asing dengan percakapan ini:

“Kalo video ini lucu sampe tiga kali berarti kita hattrick!”

“Yah lu malah blunder gitu pak!”

Yep. Hattrick adalah pemain yang mencetak tiga gol dalam satu pertandingan. Sedangkan quadtrick mencetak empat gol. Istilah ini biasa digunakan sehari-hari kalau kamu berhasil melakukan sesuatu sampai 3 atau 4 kali.

Kebalikan dari hattrick dan quadtrick, blunder adalah istilah bagi pemain yang melakukan kesalahan, seperti kipper yang gagal dalam menangkap bola dengan sempurna sehingga mengakibatkan kebobolan digawangnya.

4. Pernah ke sebuah caf tengah malem, baru duduk nyeduh kopi 15 menit tiba-tiba pelayannya bilang maaf mas, kebetulan mas datengnya pas injury time, sekarang caf nya mau tutup . What? Injury time?!

Injury time adalah istilah waktu tambahan dalam sepak bola yang sedang berjalan (menit-menit akhir), biasanya diberikan pada akhir babak. Tambahan waktu berkisar antara 1 – 4 menit, ada yang lebih dari 4 menit dikarenakan waktu terbuang karena terjadi sesuatu di lapangan.

In our first case, cafénya kebetulan akan tutup saat kita datang, namun mereka tetap menunggu kita selama 15 menit karena tetep jadi uang masuk bagi mereka. Masa rejeki ditolak ye kan?

5. Diving vs diving

“Eh lu liat ngga kemaren tim sebelah menang gara-gara ada yang diving?”

“Lho? Ada lomba diving juga?”

"……"

Yakali bisa nyelam di lapangan rumput…

Olahraga selam diving berbeda dengan istilah diving pada olahraga sepak bola. Diving dalam sepak bola berarti tindakan yang disengaja oleh pemain seperti sengaja menjatuhkan diri seolah-olah dilanggar oleh pemain lawan, dengan harapan akan mendapat keuntungan berupa tendangan bebas, tendangan pinalti, bahkan dikeluarkannya pemain lawan.

Diving ini sudah lumrah terjadi dalam pertandingan sepak bola atau pun futsal. Pelaku diving juga memiliki teknik – teknik khusus lho! Tuh kan, diving aja ada teknik khususnya, masa diving hati aku masih pake teknik umum sih?

See? Pengetahuan tentang olahraga aja bisa bikin kita serasa kuliah 4 sks! Walaupun kamu bukan penggemar sepak bola atau futsal, nggak ada ruginya kan mengetahui arti istilah yang sering didenger sehari-hari. Kalau kamu sendiri sering denger yang mana?