Jalan-jalan tentu menjadi hal yang yang diidam-idamkan oleh setiap para kaum milineal, coba aja kamu tanya teman-teman kamu atau diri kamu sendiri, apakah kamu pengen jalan jalan? Atau kamu pengen diem aja di kosan? Atau mungkin malah kamu pengen jomblo aja selamanya?

Dalam jalan-jalan selain hal refreshing yang kita dapatkan kita juga bisa mendapatkan ilmu-ilmu baru, di sini penulis akan membahas objek-objek wisata yang dapat menambah wawasan kita tentang budaya dan juga sejarah di Kota Solo, selain karena penulis adalah Mahasiswa di Kota Solo sekarang ini, tetapi karena Kota Solo sendiri termasuk kota wisata penuh budaya yang patut dikunjungi, motonya juga kan "Solo Spirit Of Java" . Bener kan...

So, cekidot!

1. Nonton Wayang orang di Taman Sriwedari

Teater sudah di mulai via http://chic-id.com

Apa kamu tahu Indonesia punya beragam budaya? Apa kamu tau Indonesia punya 700 bahasa daerah? Apakah kamu tau setiap daerah mempunyai masing – masing kebudayaannya? Apakah kamu tahu bule-bule sangat excited bila melihat budaya Indonesia yang sangat kaya ini? 

Kalo kamu belum tau sama sekali pertanyaan-pertanyaan di atas, kamu wajib bangat ketempat wisata ini walaupun di sini hanya menggambarkan satu dari jutaan budaya di Indonesia tapi setidaknya ini merepresentatifkan budaya Indonesia yang kamu nggak tahu itu.

Kamu bakal liat bagaimana indahnya salah satu budaya kita, dan juga kamu bakal liat bagimana  banyaknya bule-bule itu melongo terpesona melihat budaya kita. Di sini juga kamu bakal tahu bahwa ada teater di Indonesia yang didirkan pada tahun 1911 dan masih lestari serta  masih eksis di jaman milenial abad-21 ini. Awesome!

2. Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Advertisement

Halaman depan Keraton Surakarta via http://tentangsolo.web.id

Kalo kamu masih berpikiran bahwa Republik Indonesia ini adalah negara awal dari segala-galanya di tanah ibu pertiwi ini, maka kamu salah! Jauh sebelum Founding Father bangsa kita lahir sudah ada banyak sekali negara-negara yang telah eksis di negara ini, tidak percaya?  

Silahkan main ke Kraton Surakarta, kamu bakal tahu sejarahnya bahwa ada negara yang telah eksis jauh sebelum Republik Indonesia ini ada,  kamu bakal tahu bahwa negar -negara (biasa disebut kerajaan kalo di buku sejarah mah) ini ikut berjuang dengan seluruh tumpah darahnya untuk mendirikan dan menyatukan Negara Kesatuan Republik Indonesia ini. Selain itu, kamu bakal tau seluk beluk budaya kota Surakarta, sejarah kota Surakarta, dan juga kamu akan dengan mudah melihat barang-barang kerajaan yang konon mistis di tempat ini,  Menarik kan? 

3. Museum Raditya Pustaka

Bagian dalam museum Raditya Pustaka via http://images.solopos.com

Udah bukan rahasia umum lagi kalo para generasi milinial kini males-malesan ke museum, kita liat aja sepi – sepi bangat museum kini, kalo ada pengunjung kebanyakan sudah dewasa atau usia lanjut, bila ada anak mudanya pasti itu dalam rangka Study Tour.

Tapi bila kamu ke Solo, wajib bangat mengunjungi museum ini, berapapun usia kamu ya. Karena museum Raditya Pustaka adalah salah satu museum tertua di Indonesia! Bayangin aja museum ini udah ada dari tahun 1800-an. Pasti nenek kamu belum lahir deh.

Di museum ini kamu bakal liat koleksi-koleksi yang sangat berharga, ada arca-arca dari jaman baheula kalau kata orang Sunda mah, atau kamu juga bisa liat meriam-merian VOC yang dulu digunain buat ngelawan para pejuang Indonesia, ada juga wayang kulit dan buku-buku kuno banget. 

Pokoknya masih banyak deh hal – hal yang menarik dan patut kamu tau perilah koleksi di museum ini. Selain koleksi mantan (atau kalian yang dikoleksi mantan), kalian juga harus tau ya koleksi-koleksi di museum ini!

4. Masjid Agung Surakarta

Halaman depan Masjid Agung Surakarta via http://jalansolo.com

Khusus bagi kamu yang muslim, kamu wajib bangat bwat ngerasain shalat disini, kamu bakal ngerasain bagaimana tentram dan nikmatnya sembayang  di sini, well mungkin karena area masjid yang terbuka ya jadi kamu bakal dengan mudahnya merasakan angin sepo-sepoi saat kamu melaksanakan shalat.

Pokoknya bikin kita ngerasa deket bangat sama Tuhan deh. Masjid ini dibangun sekitar tahun 1700-an, Masjid ini berfungsi sebagai  masjid resmi kenegaraan Keraton Kasunanan Surakarta. So, kamu nggak boleh kaget kalo kamu melihat bahwa di sini keren bangat bahwa bangunan ini termasuk akulturasi budaya Jawa-Islam. 

 

5. Melihat Festival – Festival di Kota Solo

Festival Payung Indonesia via http://www.eventsolo.com

Bagi kamu yang menetap lama di Kota Solo, beruntung banget deh. Kamu bakal punya banyak kesempatan untuk lihat festival-festival keren di Kota Solo, festival-festival ini biasanya diadain sekitar sebulan sekali, mulai dari festival di bidang musik kaya Solo Jazz, atau di bidang budaya misalnya Solo Annual Art, atau bahkan festival kekinian macem festival Payung Indonesia, dan tentunya masih  banyak festival-festival keren lainnya.

Sebenernya masih banyak lagi yang belum tersampaikan perihal tempat-tempat wisata yang kaya akan budaya dan sejarah di Kota Solo ini, tapi penulis rasa cukup sampai disini, sisanya mungkin kalian harus nyari tau sendiri ya. So, nggak usah kelamaan mikir-mikir deh kalo ada waktu langsung aja cus ke Kota Solo ya.