Jogja memang surganya para wisawatan. Kawasan malioboro, Kraton Jogja, Kalibiru di Kulon Progo hingga pantai pasir putih di Gunung Kidul memang menjadi magnet kuat untuk mendatangkan para wisatawan dari berbagai daerah. Kabupaten Gunung Kidul dan Kulon Progo memang memiliki sejumlah tempat wisata yang unik dan instagramable. Seolah tak mau kalah dengan "tetangganya" tersebut, Bantul kini mulai bersolek. Beragam tempat wisata yang mengandalkan spot foto menarik mulai di bangun. Ketika weekend telah tiba ribuan pengunjung yang didominasi oleh anak muda mulai meramaikan sejumlah tempat wisata di Bantul. Jika kamu sedang liburan di Jogja, jangan lupa untuk menyempatkan diri di beberapa lokasi wisata baru berikut ini, ya!

1. Datanglah Pagi Pagi Buta dan Nikmati Negeri Diatas Awan Ala Kebun Buah Mangunan

Gardu Pandang Kebun Buah Mangunan via http://google.com

Tak perlu capek capek naik gunung untuk mendapatkan foto seperti di atas awan. Datanglah ke kebun buah mangunan Dlingo, Bantul pagi pagi buta. Ketika sinar matahari mulai menampakan diri, view Sungai Oyo yang mengular dengan pepohonan hijau disekitarnya serta kabut yang menyelimuti bakal menghipnotismu. Sensasi berfoto bak negeri diatas awan benar benar akan kamu dapatkan disini. 

2. Hutan Pinus Mangunan Akan Membawamu ke Hutan Pacific Northwest

Hutan Pinus Mangunan via http://google.com

Setelah puas berfoto foto di gardu pandang mangunan, jangan langsung pulang mampirlah di hutan pinus yang hanya berjarak sekitar 1,5 km. Dari pertigaan Kebun buah mangunan, beloklah ke kanan melewati jalanan yang agak menanjak. Tinggal mengikuti jalan tersebut kamu akan sampai di Hutan Pinus Mangunan. Ketika pagi hari dan cuaca sedang berkabut, suasana disini seperti di hutan hutan pacific Northwest. Tak heran jika lokasi hutan pinus ini sering digunakan untuk keperluan pre wedding. Kamu bisa bersantai di bangku bangku sederhana yang terbuat dari batang pinus. Atau bisa juga membawa hammock dan dipasang diantara pohon pinus. 

3. Ini Bukan Perahu Kertas, tapi Spot Foto di Bukit Panguk Kediwung

Spot Perahu Kertas Bukit Panguk Kediwung via http://okezone.com

Advertisement

Warga Dlingo, Bantul memang cukup kreatif dalam membuat spot foto untuk para anak muda milenium. Di Bukit Panguk Kediwung misalnya, kini ada spot foto baru berupa perahu kertas. Tempatnya yang berada diatas bukit dengan latar belakang perbukitan hijau berselimut kabut tipis, menjadi spot kece yang tak boleh kamu lewatkan. Untuk berfoto di spot tersebut, kamu cukup membayar Rp 3 ribu saja lho.

4. Mau Jadi Kupu Kupu? Datanglah ke Jurang Tembelan Kanigoro

spot foto kupu kupu via http://google.com

Setelah booming dengan spot perahu, di awal tahun 2017 ini Jurang Tembelan memiliki spot baru berupa sayap kupu kupu. Para pengunjung bisa berfoto didepan sayap kupu kupu tersebut dan seolah olah berubah jadi kupu kupu yang akan terbang di atas perbukitan. Sayap tersebut memiliki tinggi 2 meter dan lebar 3 meter. 

5. Menjelajah Negeri Dongeng Ala Seribu Batu Songgo Langit

seribu batu songgo langit via http://instagram.com

Masih berada di kawasan Dlingo Bantul, ada tempat wisata yang lagi booming belakangan ini dan viral di media sosial. Adalah Seribu Batu Songgo Langit yang memiliki bebatuan raksasa dan pemandangan disekitar yang masih alami. Selain itu terdapat pula berbagai spot foto unik seperti jembatan kayu, rumah kuncup, hingga rumah hobbit yang merupakan satu satunya di Jogja. Berada disini benar benar seperti sedang berada di negeri dongeng. Gak percaya? datang aja langsung dan buktikan sendiri.

6. Bukan Cuma Biduan Saja yang Bisa Bergoyang, Batu Juga Bisa. Datang Saja ke Watu Goyang Mangunan

spot helikopter di watu goyang via http://instagram.com

Warga Di Kecamatan Dlingo Bantul sepertinya sedang berlomba lomba untuk menciptakan spot foto unik dan instagramable. Selain beberapa destinasi wisata diatas, masih ada satu lagi tempat wisata dengan konsep serupa yakni di Watu Goyang. Dinamakan demikian karena disini terdapat batu besar yang bergoyang. Meski bisa bergoyang, namun tetap aman kok gak bakalan mengglinding. Di atas bukit inilah, wisatawan bisa menikmati pegunngan hijau yang diselimuti kabut saat pagi hari. Ketika cuaca sedang bagus, view gunung merapi dan merbabu juga bisa terlihat lho. Selain itu spot foto unik berupa helikopter dan bambu yang disusun menjadi tulisan "I love U" jangan sampai kamu lewatkan. Lokasi watu goyang ini terletak di Dusun Cempluk, Mangunan, Dlingo, Bantul.

7. Ajak Gebetanmu ke Hutan Pinus Pengger yang Romantis

romantisnya hutan pinus pengger via http://ngetripyuk.id

Setelah mengunjungi berbagai tempat wisata baru di Bantul, akhiri perjalananmu di Hutan Pinus Pengger. Saat matahari mulai terbenam, saat itulah jari jarimu harus bermain dengan tombol shutter. Spot sarang burung dengan background kerlap kerlip lampu Kota Jogja menjadi spot romantis di akhir perjalananmu. Kalau mau berlama lama lagi, bawa saja tenda dan camping di kawasan hutan pinus pengger. Hutan pinus pengger ini terletak di Dusun Sendangsari, Desa Terong, Dlingo, Bantul.