Skripsi bukanlah momok menakutkan! Memakai toga memang salah satu tujuannya. Setiap orang berlomba-lomba untuk jadi yang utama lulus. Padahal, itu bukan tujuan sebenarnya. Skripsi adalah pendewasaan diri dalam bidang riset dan penelitian serta pendewasaan diri menyelesaikan masalah. Satu babak baru dalam hidup untuk mencapai hidup berikutnya. Yuk simak tips berikut ini agar kalian menyelesaikan skripsi dengan menyenangkan.

1. Relaks Dalam Mengerjakan

Mengerjakan Dengan Santai via http://ngapainaja.com

Kata siapa kerjain skripsi harus duduk manis di depan laptop terus dan membuat kamu tegang? Kamu masih bisa mendengarkan musik atau membaca buku di sela-sela mengerjakan skripsi. Lakukan apa yang mau kamu lakukan selama itu tidak mengganggu.

2. Kamu Bisa Mengerjakan Skripsi Bareng Teman Kamu!

Mengerjakan Tugas Bersama Teman via http://cdn.klimg.com

Kamu bisa mengerjakan tugas akhirmu bareng teman yang senasib sepenanggungan. Atau, Jika kamu mahasiswa yang hampir bapuk, cari teman berhati malaikat. Masih banyak teman berhati malaikat yang mau bantu. Kamu minta bantuannya kepada yang sudah wisuda atau adik kelas. Pasti mau deh! Minimal nyebarin angket kamu. Ya kasih traktir ia sedikit bisa lah! Tapi jangan pake joki skripsi ya..Adanya gelar sarjana kamu dicabut jika plagiat.

3. Tawakal!

Advertisement

Tawakal sangat penting diantara segalanya. Tawakal berarti bersabar dan tetap berpikir positif bahwa kamu dapat menyelesaikan skripsi dengan hasil memuaskan. Ingat… skripsimu adalah pendewasaanmu. Konsisten mengerjakan, berdoa, namun tetap bergembiralah!

4. Optimis!

Selain berdoa kamu juga harus berpikiran positif dan selalu optimis.. Maka, bersemangatlah terhadap tugas akhir kamu! Bayangkan saja kalau beberapa hari kemudian kamu memakai toga. Optimislah! Orang tua dan Kerabat menunggu!

5. Sharing Bareng Dosen

Sharing Dengan Dosen via https://careers.twitter.com

Adakalanya dosen sendiri sibuk, minta tolong dosen lain enggak salah kok.Malah mereka merasa dihargai sebagai dosen. Tapi yg menjadi panutan tetap dosen pembimbing kamu.

6. Bawa Bekal Yang Cukup, Demi Kesehatan Kamu

Jangan paksakan dirimu jika sudah lapar dan kekurangan cairan. Skripsi tidak akan pernah selesai kalau kamu sendiri kekurangan asupan. Usahakan kamu membeli coklat,kemilan roti dan lainnya untuk stok di kamar kos dam belilah minum yang melebihi takaran harian. Skripsi menguras tenaga?Tentu. Jangan lupa asupan sayur kamu.Oh ya ketika di luar..jika sempat bawa bekal ya bawa atau minimal membawa air minum di tas. Ini demi kesehatan kamu!

7. Berolahraga Kecil Itu Penting

Jangan lupa olahraga! Itu adalah salah satu hal penting. Kalau lagi sibuk..sambil duduk bisa. Gerakkan tubuh kamu agar bergerak semua saat mengolah data. Tapi olahraga 15 menit sambil berdiri itu penting. Lakukan dengan menyenangkan. Misalnya dengan dancing sambil liat di kaca besar. Jadi kamu juga bisa belajar jadi Dancer Professional..

8. Istirahat Cukup

Otak pusing, jangan dipaksa. Kalian bisa beristirahat jika tubuh sudah memperingatkan kelelahan. Istirahat cukup itu penting!

9. Tetap Semangat Ketika Masalah Lain Melanda

Dalam mengerjakan tugas akhir, sering kali masalah lain melanda. Baik itu keuangan, cinta, revisian yang tak kunjung usiai dan lainnya. Yang paling sering didengar sih, tiba-tiba diputusin pacar. Tetap semangat saja. Jangan berbulan bulan galaunya. Buktikan kalau kamu bisa kuat seperti superman atau lainnya!