Ada banyak  cara yang membuat seseorang tetap berbahagia setiap hari. Salah satunya adalah dengan bersyukur. Kalau kamu masih merasa sulit untuk bersyukur, mungkin kamu belum menyadari beberapa hal penting dalam hidup.  Berikut hal-hal yang harus kamu sadari agar bisa bersyukur setiap hari.

 

1. Menyadari Keragaman

Menyadari keragaman berarti menyadari bahwa setiap manusia di dunia ini memiliki perbedaan. Baik dari segi fisik, suku, budaya dan sebagainya. Saat kamu menyadari keragaman, kamu akan belajar untuk menerima diri sendiri dengan lebih baik. Kamu akan mensyukuri semua  kekurangan dan kelebihan yang kamu miliki. Karena sejatinya, kamu tahu bahwa manusia diciptakan dengan keunikannya masing-masing.

2. Menyadari Kamu Tidak Sendirian

Kamu tak sendirian

Kamu tak sendirian via https://www.gofundme.com

Lihatlah di sekelilingmu. Apakah kamu merasa kesepian? Bisa jadi, dirimu belum begitu menyadari ada banyak orang yang selalu bersamamu. Bagaimanapun, kamu pasti memiliki teman, sahabat, keluarga, ataupun saudara yang akan bersamamu di saat senang maupun sedih. Jika kamu menyadarinya, kamu akan lebih bersyukur karena merasa dirimu tidak sendirian.  

3. Menyadari Hidup Tidak Selalu Mulus

Roda kehidupan tak selalu mulus

Roda kehidupan tak selalu mulus via https://www.harianbernas.com

Kamu perlu menyadari bahwa hidup tidak selalu mulus. Selalu ada suka dan duka. Dan terkadang, untuk mendapatkan sesuatu yang akan membuat kita senang, kita harus bersusah-susah terlebih dahulu. Dengan menyadari hal itu, kamu akan berhenti mengeluh atas beragam masalah yang datang silih berganti. Kamu akan lebih mensyukuri hal-hal positif yang masih bisa kamu nikmati, seperti berolahraga, jalan-jalan, nongkrong bersama teman, dan lain sebagainya. 

4. Menyadari Kamu Tidak Bisa Memiliki Segalanya

Kamu tak mungkin memiliki segalanya

Kamu tak mungkin memiliki segalanya via http://daihatsu.co.id

Tidak ada manusia yang bisa  memiliki segalanya. Oleh karena itu, syukurilah  segala sesuatu yang sudah kamu miliki. Bukankah ada pepatah yang mengatakan,  “Jangan menghitung yang tidak kamu punya, tetapi hitunglah yang sudah kamu punya?” Artinya, jika  kamu selalu mensyukuri apapun yang kamu miliki, maka dirimu akan selalu merasa tercukupi.

5. Menyadari Kemurahan-Nya

Kemurahan Tuhan

Kemurahan Tuhan via https://normantis.com

Banyak hal yang membuktikan kemurahan Yang Maha Kuasa dalam hidupmu. Jika kamu masih bisa menghirup udara pagi dan menjalani rutinitas dengan baik, berarti itu tanda kemurahan-Nya. Kamu harus mensyukurinya. Percayalah, masih banyak orang yang melewati hari-harinya tidak sebaik hari-hari yang kamu lewati. Jadi, bersyukurlah!