1. Kamu akan selalu bisa tahu update dari bias kamu!

Always up to date! via https://www.instagram.com

Enaknya nge-follow sosmed fanbase K-POP yang paling dirasakan manfaatnya bagi K-POPers adalah kamu bisa selalu tahu update dari bias kamu. Mulai dari kegiatan comeback, reality show, radio show, magazine photoshoot, dan yang lainnya. Selain itu, update pribadi sang bias di sosmed juga tak luput mereka repost sambil menyertakan terjemahannya dalam Bahasa Inggris. Lumayan bukan? Jadinya kamu nggak cuma bisa nge-love update dari bias di sosmed, tapi juga tahu mereka update tentang apa. Terkadang mereka juga suka share link di mana kamu bisa download foto-foto para bias dengan kualitas HD yang pastinya bisa dijadiin background picture gadget kamu loh! The best lah mereka ini!

2. Tambah koleksi merchandise kamu dari fanbase!

Lucu ya merchandisenya? via https://twitter.com

Fanbase K-POP cukup sering loh ngadain event give away di sosial media mereka. Keuntungan ini nih yang jangan sampai kamu lewatkan K-POPers. Rugi deh kalau nggak sempet ikutan karena lewat event ini kamu bisa dapet berbagai merchandise menarik yang nggak bisa kamu temuin di toko-toko. Bahkan, beberapa fanbase pernah kasih give away album musik! Wih enak banget kan, kamu bisa dapet itu semua secara cuma-cuma. Ya, meskipun di beberapa event kamu perlu membayar ongkos kirimnya, tapi nggak papa lah ya hehe.

3. Kemampuan sosial dan berbagi kamu ke sesama akan semakin terasah

Social event via https://twitter.com

Advertisement

Ada banyak social event yang diselenggarakan oleh fanbase K-POP loh. Kegiatan sosial ini biasanya mengatasnamakan grup atau bias kamu. Tak jarang, banyak fanbase yang kemudian mengabadikan kegiatan ini, serta mengirimkan biasanya sertifikat dan foto kegiatan. Sebagian besar fanbase K-POP di Indonesia sering sekali mengirimkan foto-foto kegiatan sosial mereka ini loh, dengan cara men-tagnya di akun-akun sosmed sang artis.

Social event yang bersertifikat biasanya lebih sering dilakukan secara kolektif, yaitu bekerja sama dengan fanbase K-POP International. Hal ini dikarenakan, biasanya social event yang diselenggarakan menyentuh jumlah donasi yang cukup besar. Para fanbase sering mengadakan social event sebagai project untuk menyambut hari lari sang artis, mengikuti jejak sang artis yang juga melakukan kegiatan serupa, serta sebagai ungkapan terima kasih atas kesuksesan yang telah diraih. Tentunya tujuan utama social event ini adalah untuk menyebarkan kebahagiaan dan kedamaian bagi sesama umat manusia loh. Hayooo kamu udah pernah join dalam social event fanbase K-POP belum?

4. Stress kamu bisa hilang dalam sekejap!

Hahaha ada ada aja nih via https://twitter.com

Nah keuntungan yang ini nih, paling banyak dibutuhin kamu-kamu K-POPers yang gampang banget penat. Banyak fanbase K-POP yang membuat meme, video parodi, foto percakapan antar bias yang dianeh-anehin gitu deh, dan kreasi lainnya yang pasti bikin kamu ngakak. Keberadaan fanbase inilah yang akan membuat badmoodmu menjadi goodmood. Jangan sampai nggak tahan ya melihat kelakuan bias kamu yang udah konyol ditambah editan dari para fanbase yang jadiin kamu tambah ngakak maksimal.

5. Bias kamu menangin awards? Salah satu hasil kerja dukungan kamu dan fanbase loh!

Udah siap nge-vote kan? via https://twitter.com

Sama seperti industri musik di Indonesia, di Korea juga ada berbagai macam penghargaan untuk para pelakunya. Beberapa penghargaan memiliki penilaian dengan sistem vote by fans. Tidak 100% dari fans kok, biasanya sekitar 5-10%, tetapi ada juga yang di atas itu. Nah, agar bias kamu bisa mendapatkan nilai yang banyak, para fanbaselah yang menggerakkan para fans untuk ikutan vote.

Tak hanya menyuruh, tetapi mereka juga memfasilitasi fans dengan cara membuat tutorial bagaimana cara nge-vote. Hal ini dikarenakan masih ada fans yang tidak mengerti Bahasa Korea, sehingga banyak fanbase yang menerjemahkannya ke dalam Bahasa Inggris. Yang pasti kamu bahagia kan bisa ikutan vote bias kamu biar menangin awards? Kurang baik apa coba para fanbase ini?

6. Nggak dapetin K-POP Stuff yang sesuai dengan keinginan kamu? Tenang fanbase salah satu solusinya

Asik bisa dapet yang kita mau nih via https://twitter.com

Keuntungan selanjutnya yang bisa bikin kamu bahagia secara lahir batin adalah kamu bisa saling tukeran album atau barang apapun (yang pastinya K-POP Stuff) dengan sesama fans. Kalau kalian pernah menjumpai postingan para fanbase dengan embel-embel WTT, WTB, atau WTS, jangan keheranan dulu ya. Embel-embel tersebut adalah singkatan dari WTT (Want to Trade), WTB (Want to Buy), dan WTS (Want to Sell).

Jadi, para fanbase memberikan fasilitas itu bagi para fans yang ingin bertukar, membeli, maupun menjual barang yang berbau K-POP Stuff. Misalnya kamu mendapatkan photocard artis lain yang bukan biasmu, kamu bisa menukarnya dengan menulis pesan bertagar WTT. Pesan tersebut harus kamu tag ke akun sosmed para fanbase, yang kemudian akan mereka sebarkan. Syukur-syukur ada K-POPers lain yang membacanya dan bersedia untuk saling bertukar. Begitu juga apabila kamu ingin WTS dan WTB, cukup melalui fanbase, kamu akan dipertemukan dengan fans lain yang membutuhkan. Menarik bukan?

Banyak juga ya keuntungannya kalau kamu nge-follow akun sosmed fanbase K-POP? Bahkan, nggak cuma follow doang loh, kamu pun juga bisa bergabung dengan mereka dalam satu komunitas secara real di dunia nyata misalnya kopdar bareng. Seru juga kan bisa saling membangun relasi dengan penggemar K-POP lain dalam fanbase? Selamat berinteraksi!