Saya akan berasumsi bahwa kamu tidak tahu tentang apa yang terjadi di balik internet. Mungkin kamu tidak tahu bagaimana proses orang dapat membuka situs-situs web, di mana situs-situs web itu sesungguhnya berada dan apakah web itu sebenarnya. Dalam artikel ini, saya akan mencoba memberikan pengenalan dalam pembuatan website. Saya akan melewatkan detail-detail kecil yang membosankan. Yuk disimak!

 

1. Apakah website itu?

Website apa pengertiannya sih?

Website apa pengertiannya sih? via http://www.tabloidhandphone.com

Pada dasarnya, web adalah sekumpulan komputer yang saling terkoneksi dan berbicara satu sama lain. Komputer-komputer (dalam web/jaringan) biasanya terkoneksi melalui jaringan telepon, signal satelit digital, kabel, dan tipe data-transfer lainnya. Data transfer dapat disederhanakan sebagai cara untuk memindahkan informasi dari poin A ke poin B ke poin C dan seterusnya.

Komputer-komputer di dalam satu jaringan dapat saja terkoneksi 24 jam, atau bisa juga hanya terkoneksi pada saat-saat tertentu. Komputer-komputer yang terkoneksi terus selama 24 jam pada umumnya disebut 'server'. Server adalah komputer-komputer sama saja seperti yang mungkin kamu gunakan sekarang dalam membaca artikel ini. Dengan satu perbedaan besar, mereka memiliki server software.

2. Apakah fungsi dari server software ?

Fungsi dari server software

Fungsi dari server software via http://www.tabloidhandphone.com

Server software dibuat untuk menampilkan halaman-halaman web dan situs-situs web. Pada dasarnya, komputer server memiliki banyak situs web di dalamnya dan hanya menunggu untuk orang mengakses (melalui web browser seperti: Chrome/Firefox/IE, dll) untuk meminta akses dan membuka situs tersebut. Saat browser meminta akses untuk halaman situs web, server akan mengirimkan halaman tersebut.

3. Bagaimana orang dapat mengakses situs web?

Penasaran caranya orang mengakses web hmmm

Penasaran caranya orang mengakses web hmmm via http://www.tabloidhandphone.com

Jawaban pendeknya adalah: dengan mengetik di URL, atau dengan kata lain alamat web. Contoh: apabila kamu ingin membuka website Facebook, kamu akan mengetik alamat tersebut di kolom alamat web browser address bar atau mungkin juga melalui link favorit/bookmark. Ada cara lain untuk menemukan situs-situs web, seperti melalui search engines (Google, Bing, Yahoo, dll) tapi untuk beberapa web hanya bisa ditemukan apabila kita mengetahui alamatnya. Sekarang, kita akan sampai pada detail terakhir, bagaimana sebuah situs web dapat memiliki alamat yang akan dapat dibuka semua orang?

4. Mendaftarkan nama domain kamu

Daftarkan nama domain website mu

Daftarkan nama domain website mu via http://www.tabloidhandphone.com

Mendaftarkan nama domain akan memberikanmu alamat resmi untuk situs web kamu di www (World Wide Web). Dengan alamat resmi ini, seluruh dunia dapat mengakses situsmu. Seperti alamat rumah kamu, adalah unik dan satu-satunya di dunia. Begitu juga di internet, tidak ada nama yang bisa diduplikasi. Dengan kata lain, nama domain adalah nama alamat yang harus berbeda satu dengan yang lainnya.

5. Kenapa mendaftarkan nama domain memerlukan biaya?

Kenapa harus bayar ya?

Kenapa harus bayar ya? via http://www.publiperu.pe

Kalau kamu ingin memiliki nama dan alamat unik di web, nama kamu sendiri, akan diperlukan biaya sekitar $10-$30 per tahunnya. Kamu dapat meregistrasikan alamatmu selama 1-10 tahun. Alasan untuk biaya ini adalah ICANN sebagai pusat tempat alamat situs-situs di seluruh dunia, butuh diperbaharui setiap saat, setiap ada pendaftaran nama domain baru dan itu memerlukan biaya. Dan itu membawa kita pada akhir artikel ini, saat kamu mengetikkan alamat situs/domain atau mengklik link yang membawamu ke situs/domain tersebut, browser kamu akan mengecek ke server-server di seluruh dunia, di mana tempat situs/domain itu berada, lalu server yang memiliki situs/domain tersebut akan menyajikannya kepadamu.