Kaca cermin berbeda dengan kaca biasa karena dapat memantulkan bayangan yang ada di depannya . Oleh karena itu, penggunaan kaca cermin dalam interior ruang dapat membuat dinding kosong menjadi lebih atraktif. Seiring berkembangnya interior, kaca cermin juga ikut berkembang dengan bentuk yang beragam dan desain yang unik juga dengan harga yang fantastis. Sebagai alternatif,kita juga bisa membuat cermin unik sendiri dengan harga yang lebih terjangkau. Cermin dapat mengadaptasi dari mana saja misalnya dari lukisan Piet Mondrian yang menampilkan komposisi visual dengan dasar putih, diatasnya diberi garis hitam horizontal dan vertikal dan tiga warna primer (merah, kuning dan biru).  

1. Bahan yang dibutuhkan

dokumen pribadi via http://hipwee.com

-multiplek tebal 12mm

-akrilik bening 50×50 cm

-lukisan piet Mondrian diprint di kertas gambar (dapat dikombinasikan sendiri dengan photoshop)

Advertisement

-sekrup

-cat aga hitam

-lem G

-cat glass deco

-3 buah cermin (ukuran menyesuaikan)

-2 buah plat besi lubang

2. Langkah Pertama

dokumen pribadi via http://hipwee.com

Buatlah lukisan Piet Mondrian di photoshop dengan total ukuran 50x50cm. Potong multiplek dan akrilik sesuai dengan pola gambar. Tempel lukisan menggunakan lem fox diatas multiplek lalu letakkan akrilik diatas gambar. Tandai bagian mana saja yang nantinya akan diberi cermin.

3. Langkah Kedua

dokumen pribadi via http://hipwee.com

Gabungkan akrilik dengan multiplek dan gambar dengan dilubangi dan disekrup pada ujung gambar.

4. Langkah Ketiga

dokumen pribadi via http://hipwee.com

Ukur gambar yang dibuat dan buatlah kotak menggunakan multiplek dengan menyesuaikan ukuran gambar.Mintalah tukang untuk membantu anda membuat kotak. Kotak dibuat sebagai tempat untuk meletakkan barang-barang seperti sisir dan aksesoris kecil. Kotak kemudian dicat dengan cat aga hitam dan ditempel diatas akrilik dengan lem G.

5. Langkah Keempat

dokumen pribadi via http://hipwee.com

Pada bagian yang ditandai sebelumnya(angka 1,2,3), potong cermin mengikuti ukuran yang ada, dan tempelkan diatas akrilik. Dikarenakan hasil print memiliki warna yang pudar, bagian yang berwarna biru, kuning, dan merah dicat ulang diatas akrilik dengan cat glass deco,lalu tunggu hingga kering.

6. Langkah Kelima

dokumen pribadi via http://hipwee.com

Pasang plat besi lubang pada bagian belakang cermin dibagian atas dengan menggunakan lem G, sehingga cermin dapat digantung pada dinding. Tunggu hingga kering dan cermin siap untuk menghias dinding ruang anda.