Duh, kamu pasti suka ngerasain kan waktu harus presentasi di depan? Apalagi buat kamu yang anak kuliahan dan nggak aktif di organisasi, presentasi itu hal yang buat kamu deg-degan pasti, atau pekerja kantoran yang di kasih tugas buat presentasi di depan teman-teman atau di depan bos kamu.

Padahal kamu udah sering latihan dari 2-3 hari sebelumnya, kamu sudah menghafal semua materi presentasi, dan kamu udah latihan di depan kaca. Tapi, pas waktunya presentasi kamu tetep aja tuh, keliatan grogi, keringet dingin, sampai kamu lupa lagi deh materi yang sudah kamu hafalkan sehari sebelumnya dan bisa aja kamu sampai gemeteran pas di depan banyak orang! Duh, nggak banget, penampilan kita jadi kurang dan nggak pede.

Terus, gimana caranya biar kita tetep santai di depan banyak orang waktu presentasi? Yuk, aku bagi tips nya nih!

1. Gerakan tubuh

gerakan tubuh via https://www.google.com

Waktu kamu presentasi, jangan cuma berdiri di suatu tempat saja dengan kaku, sesekali kamu perlu melakukan gerakan seperti berpindah tempat, jalan-jalan kecil, atau menggunakan gerakan tangan. Kenapa? karena kalau kamu berdiri di depan banyak orang, kamu bakal makin tegang dan grogi. Apalagi ketika kamu pertama kali maju ke depan, waktu awal presentasi kamu akan merasakan tegang, dan tangan kamu bisa sampai dingin. Selain itu, nggak ada salahnya waktu kamu presentasi kamu bawa pulpen, karena hal itu juga bisa membantumu mengurangi rasa grogi, karena ada benda yang kamu pegang di tangan. Coba deh!

2. Tenang dan atur nafasmu

tetap tenang via http://sekertarisku.com

Awal maju presentasi, kamu pasti tegang banget! Sampai tangan berubah jadi dingin, dan jantung kamu biasanya akan berdetak lebih kencang dari sebelumnya karena kamu grogi.

Advertisement


Bilang salam pembuka aja, rasanya berat karena semua orang tertuju pada kita seorang 


Pertama, kamu harus tenangkan diri kamu sendiri, atur nafasmu, tarik nafas dengan tenang dan maksimal, dan keluarkan pelan-pelan. Setelah itu, kamu tidak perlu langsung berbicara banyak terlebih dahulu atau kamu tidak usah langsung menjelaskan terlebih dahulu materinya. Kamu bisa beridiri di posisi yang membuat kamu nyaman, setelah siap, nggak ada salahnya untuk memberikan salam kepada audiens, atau menanyakan kabar mereka, dan jangan lupa untuk memberikan senyuman pada audiens ya!


Selamat pagi semua, apa kabar hari ini?


Audiens pun akan menjawab salam kamu, dan kamu bisa mengatur kembali nafas kamu. Biasanya, sesudah ini rasa grogi kamu bisa sedikit teratasi.

 

3. Fokus pada materi

jangan hiraukan audiens via http://david-pranata.com

Jangan lupa fokus saat kamu presentasi, karena kalau kamu tidak fokus, malah terfokus kan pada semua audiens (misalnya audiens yang main handphone, masih ngobrol, masih sibuk dengan kegiatannya masing-masing) kamu akan lupa dengan semua materi yang sudah kamu persiapkan.

Kamu hanya perlu fokus, dalam presentasi yang akan kamu jelaskan (tetapi tetap tenang, and stay think positive) kamu bisa fokus dengan audiens yang terfokus juga sama kamu ya. Dengan cara itu, kamu akan tenang dengan sendirinya, dan tanpa kamu sadari kamu sudah bisa menguasai panggung, kamu akan santai dengan sendirinya, dan audiens pun akan terbawa suasana yang akhirnya memperhatikan presentasimu.

4. Nada bicara

perhatikan nada bicaramu via http://www.britishcouncilfoundation.id

Setiap orang dalam menyampaikan presentasinya pasti berbeda. Ada orang yang menyampaikan presentasi dengan nada tinggi, dan kita anggap suara dia menantang (padahal sebenarnya dia orang baik), ada orang yang suaranya pelan, dan kecil.

Saat kamu presentasi, kamu perlu tuh memperhatikan nada bicara kamu, nada yang tidak terlalu tinggi dan nada yang tidak terlalu rendah. Jangan sampai audiens beranggapan kalau kamu belum sarapan, atau sedang sakit saat kamu presentasi hanya karena nada suara kamu yang pelan. Dan jangan sampai orang tidak suka, dan tidak mau mendengar presentasi kamu hanya karena suara kamu yang terlalu tinggi dan menekan.

Tenang, itu kunci utamanya. Berikan senyumanmu, berikan nada bicara yag santai dan bahasa yang benar. Untuk orang Sunda yang presentasi, hindarkan menggunakan kalimat "teh", "mah", atau kalimat "emmmm"  karena saat kamu presentasi biasanya harus menggunakan bahasa Indonesia yang benar ya! Dan perhatikan sikap kamu juga, saat kamu presentasi (jangan sampai kamu garuk-garuk saat presentasi di depan ya, apalagi depan bos).

5. Bye grogi, aku siap presentasi

Jadi, kamu nggak perlu lagi tuh grogi saat presentasi, gemeteran atau sampai keringet dingin. Grogi dan nggak pede saat presentasi memang bisa menimpa semua orang, tapi hal tersebut tergantung pada pribadi masing-masing, kalau bisa mengendalikan grogi semua bisa terselesaikan kok.

 

Jangan lupa melakukan persiapan, menguasai materi, dan berdoa agar lancar ya!