Hai, teman. Apakah kalian merasa bahwa kehidupan kalian kurang berwarna dan begitu-begitu saja? Atau mungkin kalian merasa ada kemunduran kualitas diri? Nah, itu mungkin karena kalian tidak konsisten melakukan hal-hal ini.

Ayo memperbaiki diri dan mulai dari diri sendiri!

1. Jangan lupa refleksikan diri agar kamu tahu apa kelebihan, kekurangan dan apa saja yang telah kamu lalui

Matahari telah terbit dari ufuk timur, segera bangun dari tempat tidurmu, cuci muka dan lihatlah dirimu dalam cermin! Kamu sekarang sudah beranjak dewasa sudah saatnya melakukan hal yang positif dalam hidupmu.
Masa mencari jati diri telah usai bersiaplah menatap masa depan untuk membahagiakan dirimu dan orang-orang yang berada di sekelilingmu.

2. Jangan berhenti pada penyesalan saja. Ikrarkan tekad dengan restu dari-Nya

Screenshot_436.png via http://1.bp.blogspot.com

Bersujudlah pada Tuhan, memohonlah hanya pada-Nya.

Jangan biarkan energi negatif terus menggangumu. Kamu pasti bisa melewati setiap inci tekanan hidup yang fana ini. Berdoalah untuk kesehatanmu dan juga untuk semua ciptaan-Nya. Ketika semua doa sudah kamu panjatkan dan tidak ada satupun yang sesuai dengan harapanmu, bersabarlah! Tuhan hanya memberikan kita anugerah sesuai dengan kebutuhan kita saat ini, bukan berdasarkan keinginan kita.

Advertisement

Jika harapanmu adalah tentang kesehatan dan saat ini kamu terbaring sakit, itu tandanya Tuhan sedang memberimu hikmah bahwa kalau kamu ingin sehat kamu harus tau rasa sakit dulu. Begitu juga harapanmu yang lain. Kalau kamu ingin sukses, harus tahu rasanya gagal dulu.

Jangan pernah menyerah karena keadaan. Tetaplah berada di jalan-Nya. Hadapi semuanya dengan iklhas dan bersabarlah. Semua doamu masih tersimpan rapi dan Tuhan akan memberi jawaban padamu di saat yang tepat.

3. Jangan lupa bahwa kita adalah makhluk sosial; bersosialisasi itu wajib!

Menginjak usia yang sudah dewasa, kini kamu harus belajar apa itu bersosialisasi.

Pertama, kamu harus belajar bersikap di hadapan orang terdekat pada khususnya dan orang banyak pada umumnya. Sikap yang baik akan mempengaruhi hidupmu dan juga hidup orang lain. Berkata yang baik, berpikir yang baik, dan pastinya berbuat baik.

Kita harus sadar bahwa kita terlahir sebagai manusia yang penuh dengan keterbatasan. Kita memerlukan dukungan dan bantuan dari orang lain dalam berbagai aspek. Itulah pentingnya bersoliasisasi untuk memperluas pergaulan, mengembangkan sikap mental dan etika kita dalam menjalani hidup ini.

Keluarga dan teman-temanmu pasti bangga dan terkesan dengan sikap kamu!

4. Jangan pelit, deh. Harta itu hanya titipan, sudah seharusnya kita bagikan pada yang membutuhkan

saling-berbagi-57578c9f31977344048b456d via http://assets-a2.kompasiana.com

Berbagi adalah sebuah dorongan sikap yang membentuk karakteristik manusia secara emosional. Ketika kamu punya keinginan untuk berbagi, kamu sudah menunjukkan rasa peduli dan cinta kasih baik itu pada sesama maupun ciptaan Tuhan yang lainnya.

Berbagi itu sangat indah! Pahalanya berlipat ganda ketika yang menerimanya benar-benar membutuhkan uluran tangan kita.

Banyak cara untuk berbagi, kok. Kalau kita tidak bisa berbagi dengan materi, kita bisa berbagi tenaga atau menjadi relawan. Semua begitu indah ketika kita bisa berbagi tanpa ada paksaan dan memang keinginan yang berasal dari hati nurani kita.

Sesunguhnya semua manusia yang terlahir di dunia ini adalah manusia yang baik dan memiliki hati yang suci. Karena itulah Tuhan memberikan sinar suci kesetiap insan supaya selalu bisa menebar kebaikan. Ya, kamu salah satunya!

5. Keep Positive, Stay Positive, Be Positive!

positive-thinking via http://happyhindi.com

Berpikir positif adalah cermin hidup alami ketika kita menginginkan perubahan besar dalam kehidupan sehari hari. Memang tak semudah mengetik kata dalam setiap bait dari artikel ini, semuanya didasari atas niat!

Kesungguhan dan keyakinan kalau kita bisa melakukannya adalah yang terpenting. Semuanya harus dimulai dari diri sendiri.

Yang bisa menolong diri kita adalah diri kita sendiri; bukan orang lain.

Orang lain itu hanya perantara yang melengkapi setiap perjalanan hidup kita dan media alami yang bisa memancarkan energi positif. Berpikir positif membuat hidup kita lebih bahagia dan pastinya membuat orang di sekeliling kita nyaman. Pokoknya banyak manfaatnya untuk hidup kamu dan orang lain.

Semoga segala kebaikan datang dari segala arah!