Tak mudah menjadi bijak, tapi juga nggak terlalu sulit menjadi bijak. Bijak bukanlah omongan semata, tapi sebuah realita yang ternyata bisa diaplikasikan oleh kita semua. Yang terpenting adalah kita nggak banyak bicara, cukup buktikan dengan perbuatan seperti di bawah ini. Dijamin akan jadi bijak dengan sendirinya.

Nah, berikut adalah beberapa langkah yang bisa mendekatkan diri kita menjadi pribadi yang lebih bijak :)

 

1. Jadilah manfaat bagi orang lain sekalipun kata mereka kita hanya dimanfaatkan

Kalau ada yang bicara, "Jangan mau dimanfaatkan", abaikan saja! Biarkan diri kita bermanfaaat yang sebesar-besarnya untuk umat manusia. Menuai kebaikan tak akan berbuah keburukan, kok.

Tak apa, ikhlaskan saja. Suatu saat Tuhan akan mengarahkan kehidupan kita pada satu kehidupan yang menyenangkan. Yakinlah!

2. Lakukan saja yang bisa, walaupun (mungkin) tak sebanding dengan harga

more action

more action via http://www.google.co.id

Hidup memang butuh uang.Tapi kalau berbuat baik dengan menunggu uang dulu, pasti butuh dengan durasi menunggu yang panjang. Akan lebih baik melakukan hal yang memang ada di hadapan mata dengan harta seadanya. Yang terpenting adalah bagaimana kita bisa menghasilkan dari pada diam saja.

Sedikit demi sedikit akan menjadi bukit

So, nggak perlu menunggu duit yang sebukit buat beraksi!

3. Buanglah rasa takut itu jauh-jauh, kawan!

Buang jauh jauh

Buang jauh jauh via http://www.google.co.id

Rasa takut kadang datang saat kita dihadapkan pada suatu hal. Apalagi dihadapkan pada hal yang memang baru bagi kita. Ah, namun bukan berarti kita harus mundur dan dikalahkan begitu saja! Cukup sugesti diri kita agar rasa takut yang mendera pergi begitu saja dan kita siap untuk memulai apa yang ada dihadapan. Jadi, mulailah sesegera mungkin untuk berbuat baik dan bermanfaat bagi sesama!

4. Sudah nggak zaman lagi hanya sibuk dengan iri dan dengki

dilarang keras

dilarang keras via http://www.google.co.id

Melihat orang lain sukses, bisa melakukan ini dan itu atau bisa mendapatkan apa yang mereka ingini, mungkin kadang kita merasa iri. Lho, tapi kenapa harus iri dan dengki? Mereka seperti itu karena usahanya sendiri. Daripada hanya menghabiskan waktu dengan iri dan dengki saja, lebih baik kita berkarya sedini mungkin demi masa depan. Tunjukkan bahwa usaha kalian pun dapat membawa kalian ke kebahagiaan Surga dan dunia!

5. Tidak perlu takut berbagi; Tuhan akan lipat gandakan hikmah dari amal ibadah yang kau berikan

walaupun hanya sekedar senyum

walaupun hanya sekedar senyum via http://www.google.co.id

Nggak harus menunggu kaya untuk bisa berbagi! Seperti hal yang telah disebut di poin sebelumnya, siapapun diri kita, apapun keadaannya, kita bisa berbagi apa saja kepada orang di sekitar.

Entah ilmu, tenaga, pemikiran ataupun hal lainnya. Karena berbagi tak akan pernah membuatmu miskin! Justru berbagi akan membuatmu kaya. Kaya akan harta, pengalaman dan tentu ilmu juga didapatkan.

6. Tetaplah iringi hidupmu dengan rasa syukur kepada-Nya

Alhamdulillah

Alhamdulillah via http://www.google.co.id

Apa gunanya mengeluhkan tentang hidup setiap saat? Percayalah bahwa hidup akan jadi lebih baik dengan mensyukuri apa saja yang telah menjadi ketetapan-Nya.

Sadarlah bahwa semua akan ada hikmahnya. Ya, jika kita mau untuk mengambil pelajaran di balik setiap ketetapan yang diberikan Tuhan!