Penerbangan dengan waktu lebih dari 8 jam, apalagi sampai seharian penuh ke negara yang cukup jauh misalnya saja Inggris, Belanda, Australia, dan lain sebagainya membuat tubuh kita mengalami “Jet Lag”. Sindrom jet lag adalah saat di mana kamu merasa sangat lelah, sedikit pusing dan terkadang merasa dunia sedikit berputar, karena waktu penerbangan yang lama. Agar kamu bisa cepat kembali dari jet lag, cobalah beberapa tips di bawah ini.

1. Saat hendak tidur, gunakan penutup mata sekaligus telinga

Earplung and eyemask via https://www.google.co.id

Ini penting agar kamu bisa tidur dalam keadaan gelap total dan tidak diganggu oleh cahaya-cahaya lampu, meskipun itu hanya cahaya temaram saja. Jadi, tidur pun lebih nyenyak dan keesokan harinya kamu kembali segar. Penutup mata dan telinga ini pun banyak dijual di toko-toko traveling.

2. Minum teh chamomile sebelum tidur

Camomile Tea via https://www.google.co.id

Teh chamomile dengan wangi bunga lembut bisa membantu tidur kamu menjadi lebih nyenyak. Apalagi ditambah seduhan air hangat, perasaan pun jadi lebih nyaman. Yang pastinya, setelah meminum teh ini, kamu bisa lebih nyaman selama penerbangan dan bisa meminimalkan efek jet lag.

3. Jalan-jalan di luar ruangan

Outdoor walk via https://www.google.co.id

Advertisement

Sinar matahari alami juga salah satu alternatif terbaik lho untuk menyembuhkan jet lag. Saat sudah sampai di tempat tujuan, cobalah untuk jalan-jalan di luar, misalnya pergi ke taman atau sekadar menyapa warga setempat. Kamu akan merasa lebih segar.

4. Olahraga yang cukup

Sehabis berolahraga, tubuh akan merasa lebih segar. Olahraga juga bisa meningkatkan konsentrasi otak untuk memulai hari. Olahraga kecil-kecilan setelah mengalami penerbangan panjang cukup efektif untuk mengurangi rasa jet lag kamu. Yang pasti, tubuhmu akan terasa lebih segar setelah penerbangan berjam-jam.

5. Gunakan kacamata Re-Timer

Re-Timer glasses via https://www.google.co.id

Perkembangan zaman membuat teknologi-teknologi baru pun bermunculan. Salah satu yang sangat berguna adalah re-timer ini. Mengeluarkan cahaya redup hijau, kacamata tersebut bisa membantu memulihkanmu dari fenomena jet lag. Jadi, setelah ini kalau kamu merasakan jet lag, segera lakukan tips di atas agar aktivitasmu bisa kembali lancar. Selamat mencoba!