Mencintai diri sendiri esensinya tidak sekedar meninggikan ego atau menjadikan prioritas diri menjadi penting, sebab ada hal-hal atau momen penting yang nantinya akan menyadarkan kita bahwa mencintai diri sendiri itu penting. Bagi sebagian orang menjadi diri sendiri adalah hal yang mudah, dengan hanya melihat sisi mana yang paling menyenangkan untuk dinikmati sebagai diri sendiri atau berkembang sesuai dengan lingkungan yang ada disekitarnya. Tetapi ada masanya dimana seseorang butuh ruang sendiri untuk merefleksikan utilitas diri pribadi, dimana diri sendiri inilah yang menjadi modal awal suatu individu untuk mengembangkan diri. Terlepas dari apakah kamu akan berkembang sesuai dengan visi dalam hidupmu atau mengikuti alur untuk mencapai kebahagiaan dalam hidup ini, hal-hal berikit patut kamu renungi, demi mengingat kembali esensi mencintai diri sendiri itu penting. 

1. Satu-satunya yang kamu punya itu ya dirimu sendiri

You own yourself. via http://favim.com

Coba kamu lihat kecermin, mau bentuknya seperti apapun, mau sebesar apapun ukuran betis paha lengan atau setembem apapun pipimu, itu satu-satunya hal yang kamu miliki. Kamu yang punya dirimu sendiri, bukan orang lain.

2. Selain mereka yang menemanimu, kamu tetap harus menjadi teman terbaik untuk dirimu sendiri

Kamu adalah Kamu via http://favim.com

Waktu kamu kesepian, waktu kamu tidak punya sesiapapun di dunia ini, rasa-rasanya tidak ada satupun orang yang memperdulikanmu, fikirkanlah ini, bertahun-tahun kamu hidup membawa dirimu, tubuhmu, pemikiranmu. Don't ever change that. Karena kamu adalah sekotak hadiah istimewa dari Tuhan dengan setiap kualitas yang berharga.

3. Be yourself, everybody else was taken

Advertisement

Yap, menjadi dirimu sendiri itu penting agar kamu tidak pernah kehilangan identitasmu nantinya. Percaya deh, selalu ada orang-orang yang mampu menerima kamu, besides every particular things someone wanted. Jangan pernah mencoba menjadi orang lain, karena itu hanya akan menyakiti dirimu sendiri.

4. Terlepas kamu disenangi atau tidak, sel-sel dalam tubuhmu lebih butuh dihargai

Dear Haters :* via http://geniusquotes.org

Coba deh kamu pegang tanganmu, kulitmu, sesekali jauh lebih dalam lihat ke matamu, ada nggak sih Tuhan menciptakakan semua itu tanpa tujuan? Coba fikir lagi, kamu masukkan semua bahan berbahaya dalam tubuhmu, entah itu alkohol entah rokok atau apapun, sedangkan satu persatu sel tubuhmu habis dan rusak tanpa kamu sadari. Sedangkan mereka bertahun-tahun mereka dengan setianya menyusun tubuhmu tanpa minta apapun, selain dijaga dan dihargai. Tentunya kamu sudah tahu kan, menjaga kesehatan untuk tubuhmu bagus untuk masa depan hidupmu.

5. Kalau Bukan Kamu Siapa Lagi?

Cintai Dirimu via http://favim.com

Then who? Ngga ada yang bisa menjamin memang kamu akan jadi apa nantinya, ngga ada yang akan menjamin dengan siapa kamu nantinya akan dicintai, maka cintailah dirimu sendiri, terlepas dari siapapun yang memilikimu nantinya. Kamu tetap harus mencintai dirimu sendiri, karena kalau bukan kamu siapa lagi? So Be Yourself, Love Yourself 🙂