Setiap orang pasti punya cita-cita dan impian. Perlu usaha keras untuk mewujudkan itu semua. Tak ada kesuksesan dalam semalaman. Kita harus punya disiplin tinggi serta konsistensi untuk merengkuh segala hal yang menjadi mimpi kita. Mungkin artikel ini terlihat keras, namun jangan takut. Kamu bisa memulai dengan membiasakan hal-hal kecil sebagai pengantar kesuksesanmu.

Seperti kata pepatah, kita tidak boleh meremehkan hal-hal kecil, karena mereka akan menjadi besar suatu saat nanti. Misal menabung, sedikit-sedikit, lama-lama juga akan jadi bukit toh? Orang kita lahir juga pertamanya bayi, lalu bisa tumbuh seperti sekarang ini. Begitu pula dalam menggapai cita-cita dan impian. Ada hal-hal kecil yang bahkan bisa dibilang sepele, tapi dapat mempercepat impian-impian yang kita inginkan.

1. Menetapkan tujuan

Tanpa tujuan, hidup jadi tidak terarah. Jadikan tujuan sebagai tonggak yang benar-benar harus kamu pegang untuk mewujudkan berbagai macam impianmu. Tak harus tujuan yang besar, mulailah dengan tujuan-tujuan kecil.

Setelah satu tujuan tercapai, tetapkan tujuan baru untuk mengembangkan impianmu. Dalam penetapan tujuan ini juga harus ada deadline yang ditetapkan. Sehingga kamu bisa melihat perkembangan yang telah kamu capai.

2. Kerjakan setiap hari

Berlatih menulis setiap hari via https://www.pexels.com

Advertisement

Kamu harus selalu rajin dan semangat untuk mewujudkan segala impianmu. Caranya adalah dengan mencicil dan mengerjakannya setiap hari. Misal kamu ingin menjadi seorang penulis, maka setiap hari kamu harus menulis, menghasilkan karya.

Minimal menulislah di blog untuk mengasah keterampilan menulismu. Selain itu kamu juga bisa memperluas wawasan menulismu pada blog penulis sukses yang kamu jadikan panutan.

3. Tetapkan jadwal

menetapkan jadwal via https://www.timecenter.com

Kamu harus mempunyai jadwal yang pasti untuk menggapai impianmu. Dalam contoh menjadi penulis di atas, misal setiap senin-jum'at jam 6 pagi sampai jam 10 pagi adalah waktunya menulis. Setelah itu disambung lagi jam 1 siang sampai jam 3 sore. Malam harinya jam 7 sampai jam 9 adalah evaluasi terhadap hasil tulisanmu atau hal lain yang berhubungan dengan pencapaian cita-citamu.

Penetapan jadwal ini dimaksudkan agar kamu bisa fokus dalam mencapai cita-cita dan tentunya juga agar segala impian terwujud sesuai deadline yang sudah kamu buat sebelumnya.

4. Selalu berfikir positif

selalu berfikir positif via http://www.successconsciousness.com

Untuk bisa mewujudkan impian, kamu harus selalu memiliki pikiran positif. Yakin dengan apa yang kamu lakukan ini dapat mengantarkanmu menuju kesuksesan. Sebab nantinya akan ada hal-hal negatif yang dikatakan orang lain tentang impianmu.

Bisa saja mereka meremehkanmu, mencemoohmu dan bahkan menganggapmu gila! Menjadi penulis tentu tidak harus pergi pagi pulang malam seperti karyawan pada umumnya. Hal ini merupakan salah satu pemicu pertanyaan negatif dari orang-orang atas apa yang kamu lakukan.

Untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan pikiran positif, kamu harus berusaha lahir batin. Untuk usaha batin, berdoa dan selalu mendekatkan diri pada Tuhan YME adalah hal utama. Sedangkan usaha lahirnya, kamu bisa bergabung dengan komunitas yang memiliki visi, misi dan tujuan yang sama dengan cita-citamu.

5. Membuat jaringan di segala kesempatan

membuat jaringan via https://www.tcd.ie

Jadilah terbuka untuk orang-orang baru. Kamu bisa memulainya dengan membantu kesulitan mereka, sekalipun kamu tidak mendapatkan timbal baliknya secara langsung. Ambillah pelajaran dari setiap orang-orang baru yang kamu kenal. Hal ini dapat membantumu dalam membangun jaringan.

Berdasarkan sebuah artikel tentang peluang yang pernah saya baca, salah satu keuntungan memiliki jaringan adalah akan membawamu pada sebuah peluang di kemudian hari yang sebelumnya tak terpikirkan olehmu.

6. Jangan lupakan olahraga

Meski jadwalmu padat terlihat padat, jangan lupakan olahraga. Dengan olahraga, pikiranmu akan kembali fresh. Pikiran yang segar akan meningkatkan produktifitas dan kreatifitas. Tidak usah terlalu berat, kamu cukup melakukannya 30 menit sehari. Mungkin dengan jalan santai, jogging atau bersepeda.

7. Rayakan keberhasilan

makan malam dengan teman merayakan keberhasilan via http://www.simplyme.sg

Kamu patut mendapatkan penghargaan atas setiap tahap atau keberhasilan yang kamu capai. Patokannya ada pada deadline yang kamu buat. Jika sukses dan tepat sesuai deadline, kamu pantas merayakannya.

Tak perlu bermewah-mewah dalam perayaan, mungkin kamu bisa merayakannya dengan bermain game atau nonton film di akhir pekan, atau bisa juga dengan mentraktir teman-temanmu. Inti dari perayaan keberhasilan ini adalah sebagai motivasi dan menumbuhkan rasa percaya diri.

Demikianlah beberapa hal kecil dan sederhana yang bisa anda lakukan untuk mencapai cita-cita dan impian.