Wisata alam memang salah satu altenatif wisata yang benar-benar memberi efek positif bagi spirit kita. Eits! Tapi jangan ngaku pewisata alam sejati kalau belum pernah bertandang ke Raja Ampat. Ya, wisata alam pantai ini ternyata benar-benar layak disebut surga kecil yang jatuh ke atas bumi gaes. Pemandangan nan eksotis, pantai-pantainya yang perawan, serta nuansa yang Papua banget bakal bikin perjalananmu serasa benar-benar ada di surga. Ini nih sederet pengalaman buat kamu yang ingin ke sana atau yang masih galau pilih destinasi wisata.

1. Prepare di Sorong

Sorong adalah kota pertama yang harus kamu datangi jika ingin pergi ke Raja Ampat. Sorong berada di Provinsi Papua Barat. Langkah awal yang harus dilakukan tentunya kamu harus booking tiket pesawat atau kapal untuk bisa sampai di Sorong terlebih dahulu. Anggap saja Sorong ini adalah gerbang masuk menuju Raja Ampat. Sampai di Sorong kamu bisa mulai persiapkan rute dan tetek bengek travelingmu. Kamu bisa langsung join perusahaan travel, tapi kamu juga bisa nih traveling ala ala backpacker. Kalau ingin biaya ringan, prinsip pertama yang harus dipegang adalah makin banyak orang kamu bakal dapet harga makin miring alias murah.

Kalau mau pakai travel biasanya sudah include tiket kapal ekspres menuju pusat Raja Ampat, penginapan, makan, perahu fiber atau longboat untuk keliling destinasi wisata, dan keperluan lain sesuai harga. Intinya makin banyak destinasi dan kepentingan kamu maka harganya makin mahal. Kalau pengen irit, kamu bisa pakai ala backpacker. Yang artinya, mulai dari tiket kapal, penginapan, makan, dan lain-lain, kamu urus sendiri. Lebih nyaman sih, karena kamu akan dapat destinasi yang lebih banyak dan kamu bisa atur sendiri perjalanannya.

Berikut itenarary-nya kalau kamu pengen backpackeran sama teman-teman. Sampai di Sorong, segera pesan tiket kapal ekspres menuju Distrik Waisai, Raja Ampat. Kapal ini biasanya beroperasi siang hari. Kamu akan sampai Waisai sekitar pukul 15.00 waktu setempat. Setelah sampai Waisai kamu harus segera cari penginapan. Hati-hati, jangan melalui calo, biar dapat harga lebih murah. Penginapan di sana sudah beragam gaes, kamu bisa cari sesuai kondisi dompet.

2. WAISAI

Advertisement

Di Waisai sudah banyak info tentang persewaan perahu atau kapal untuk keliling pulau-pulau di sana. Oya. Raja Ampat itu model wisatanya spot-spot gitu. Jadi kamu absolut butuh sewa kapal, boat, fiber, atau perahu untuk mengunjungi tempat itu satu-satu. Makanya, makin banyak orang makin murah karena sewa transport bisa dibagi-bagi. Transportasi yang paling sering digunakan adalah fiber. Semacam perahu kecil sudah lengkap dengan penutup atas, sopir, dan perlengkapan menyelam. Harga sewa berkisar 5-6 juta gaes per hari, itu udah plus BBM. Kamu bakal dijemput di pelabuhan Waisai pagi-pagi banget dan dipulangin lagi selepas senja. Okay! Kalau transportasi udah dapet. Saatnya kamu menjelajahi tempat-tempat berikut!

3. SAWINGRAY

Dokumen Pribadi via https://www.facebook.com

Sawingray merupakan perkampungan yang nuansaya etnis banget. Di sana kamu bisa ngrasain nuansa kampung pesisir khas Papua Barat. Pemandangan baharinya makin istimewa dengan suguhan ikan warna-warni yang berenang manja pas di bawah dermaga. Kamu juga bisa kasih makan ke ikan-ikan lucu itu gaes, tapi bayar ke pihak kampungnya gitu. Kalau Cuma foto-foto buat dipamerin di akun IG mah gratis kok.

4. WAYAG

Pernah lihat pemandangan khasnya Raja Ampat? Hamparan laut biru nan megah dengan pulau-pulau kecil yang tersebar di seanteronya itu lho gaes. Nah spot itu bisa kamu temui di Wayag ini. Bisa dibilang Wayag ini destinasi faforitnya Raja Ampat kawan. Tapi letaknya paling jauh. Biasanya kalau ke Wayag dibutuhkan seharian full untuk ke sana saja. Makanya sebelum berangkat kamu harus fiks-kan dulu destinasinya. Jangan lupa minta masukan ke tempat kamu sewa transport gaes. Dan terimalah dengan lapang ketika cuaca tidak memungkinkan untuk ke Wayag. Ketimbang kamu lenyap ditelan ombak dan pulang tinggal nama.

5. PAINEMO

Dokumen Pribadi via https://www.facebook.com

Painemo adalah Wayag versi mini. Jadi kalau kamu tidak ke Wayag tapi ke Painemo itu udah sama aja kok gaes. Painemo juga menyuguhkan panorama bahari khas Raja Ampat. Siapkan mental dan alas kaki yang nyaman karena kamu harus menaiki ratusan anak tangga untuk bisa foto dengan latar laut biru megah bertabur pulau-pulau kecil nan cantik

6. BUKIT BINTANG

Dokumem Nurvi via https://www.facebook.com

Menaiki bukit bintang butuh perjuangan dan nyali. Tidak akan ada anak tangga. Hanya jalan setapak kecil dengan medan bebatuan karang. Untuk sampai di atas kamu harus benar-benar mendaki. Kehati-hatian dan kewaspadaan amat dibutuhkan. Tapi janagn khawatir, sampai di atas kamu bisa melihat semacam danau berbentuk bintang yang indah banget.

7. ARBOREK

Dokumen Dina Putri via https://www.facebook.com

Hampir sama dengan Sawingray, Arborek adalah perkampungan di tepi pantai. Bedanya kalau di Sawingray kamu tidak bisa berjalan di atas pasir putih. Kalau di Arborek kamu bisa bebas menyusuri pantai berpasir putih. Tempat ini adalah salah satu spot diving dan snorkeling. Keindahan karang dan habitat lautnya jangan ditanya lagi. Juara! Bagi kalian yang suka pemandangan bawah laut bisa puas banget mengunjungi tempat ini.

8. PASIR TIMBUL

Dokumen Nurvi via https://www.facebook.com

Kamu pecinta pantai? Sebagai penggila pantai, Pasir timbul adalah pantai paling indah tiada dua yang pernah saya kunjungi. Ini adalah spot yang paling banyak disukai pengunjung yang bertandang ke Raja Ampat. Ada sebabnya kenapa dinamai Pasir Timbul. Kalau air pasang pantai ini bisa dipastikan hilang karena tertutup air laut. Tapi kalau lagi surut, pantai indah dengan ombak yang tenang dan super biru akan membuatmu merasa nggak lagi ada di bumi gaes. Serius!

9. WAIGEO

Dokumen Dina Putri via https://www.facebook.com

Tempat ini merupakan resort yang mengusung nuansa alami. Terdapat dermaga yang indah. Lautan birunya pun membentang. Bagi yang ingin latihan diving dan snorkeling di sinilah tempatnya.

10. SAONEK

Dokumen Dina Putri via https://www.facebook.com

Saonek adalah tempat dengan pemandangan koral yang recomended! Bagi yang tidak ingin diving atau snorkeling, di sini kamu bisa menikmati senja dengan fiew strategis banget. Buat penggila nuansa senja romantis, ya Saonek ini tempatnya. Keren!

Nah itu gaes, beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi kalau ke Raja Ampat. Dijamin gak bakal nyesel deh ke sana. Panorama wisata bahari yang kamu dapet bakal susai banget dengan uang yang udah kamu kluarin kok. Jadi buat para traveler dan advanture sejati, buruan gih ke Raja Ampat. Nikmati indahnya surga dunia satu ini. Buruan lho, keburu tua! 🙂