Akhir tahun ini ada fenomena yang dulunya dianggap biasa saja kini justru menjadi perbincangan para seleb dunia.Kebiasaan yang dianggap remeh telah meramaikan jagad Internasional. Ya, fenomena itu adalah fenomena Om Telolet Om. Seleb dunia mulai dari DJ Snake, Oliver Heldens, Hardwell, Zedd, hingga Martin Garrix ikut menggaungkan fenomena Om Telolet Om di akun twitternya. Di Indonesia sendiri saja Om Telolet Om ini menjadi trending topik nomor satu di twitter dengan jumlah tweet mencapai 515.000 tweets dalam satu hari ini. Ada pembelajaran menarik sebenarnya yang bisa diambil dari kepopuleran Om Telolet Om ini, pelajaran yang bisa diterapkan untuk mewujudkan impian-impian kita agar menjadi realita di Tahun 2017 nanti. Yuk simak baik-baik. 

1. Apa sih Om Telolet Om itu?

Kompas_Telolet via http://tekno.kompas.com

Bila dilihat sejarah tercetusnya "Om Telolet Om" ini adalah sudah ada lama di Indonesia. Celetukan om telolet om ini dikeluarkan oleh anak-anak kecil di Jepara yang setiap melihat bus besar antarkota lewat, anak-anak kecil itu minta untuk dibunyikan klaksonnya dan bunyi klakson bus antarkota ini sungguh unik hingga menyerupai bunyi telolet. Itulah alasannya disebut telolet karena bunyi klaksonnya nadanya terdengar seperti kata telolet. Fenomena ini sebenarnya sudah ada semenjak enam tahun yang lalu bermula di Jawa Timur hingga merambah ke daerah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Dahulu para pemburu klakson telolet ini mengacungkan jempolnya pada bus-bus yang lewat agar membunyikan klaksonnya, seiring berjalannya waktu berubahlah kode acungan jempol itu jadi celetukan Om Telolet Om. Siapa tahu celetukan ringan, kebiasaan ringan kini jadi sangat populer di dunia maya. Jadi apa aja sih yang bisa dipelajari dari fenomena ini? Yuk lanjutkan baca pada poin berikutnya.

2. Membuat Impian Jadi Realita Itu Butuh Proses dan Waktu

process via https://pixabay.com

"There is no free lunch"

Advertisement

Pernah mendengar frasa di atas? Ya, tidak ada makan siang gratis. Kalau istilah indonesianya adalah sebagai berikut:

"Tidak ada kesuksesan yang instan."

Yap, memang tidak ada sesuatu yang instan di dunia ini kecuali mie instan dan makanan kalengan. Membuat sebuah impian menjadi realita itu membutuhkan waktu dan proses yang tidak instan. Lamanya waktu dan proses yang dibutuhkan tergantung dengan seberapa besar kerja keras yang telah dilakukan untuk menggapai impian itu.

Belajar dari fenomena om telolet om yang mendunia ini adalah bahwasannya ternyata butuh waktu 6 tahun agar om telolet om ini menjadi trending seperti sekarang ini.

Jadi buat kamu yang sedang berusaha mewujudkan impian agar menjadi realita. Mari kita introspeksi bersama-sama,

"Sudah seberapa besar usahamu untuk mewujudkan impianmu itu?"

"Sudah berapa waktu yang kau habiskan untuk fokus mewujudkan impianmu?"

Di akhir tahun ini renungkanlah sejenak, dan ambillah keputusan secepatnya bahwa di tahun 2017 kamu akan lebih bekerja keras lagi untuk menggapai impianmu dan tidak menyia-nyiakan waktu untuk hal yang tidak ada sangkut pautnya dengan impianmu.

Are you ready?

3. Syukurilah Sekecil Apapun Capaian Impianmu

Bahagia itu sederhana via https://pixabay.com

"Bahagia itu sederhana."

Itulah kalimat andalan para pemburu telolet. Hanya dengan mendengarkan telolet saja hati mereka sudah merasa bahagia. Lantas apa yang bisa kita pelajari?

Berbahagialah atas apapun dalam hidupmu, termasuk capaian-capaian impianmu. Kemajuan sedikit apapun harus kamu syukuri. Karena bahagia adalah salah satu bentuk syukur. Dan apabila kita bersyukur maka Tuhan akan menambah kenikmatan hidup kita dan termasuk menjadikan impian kita jadi realita.

4. Jangan Remehkan Kebiasaan Kecil

Kebiasaan kecil via https://pixabay.com

Satu pelajaran menarik yang bisa dipelajari dari fenomena om telolet om ini adalah bahwa jangan meremehkan hal kecil, kebiasaan kecil yang itu positif cakupannya. Bangunlah impianmu menjadi kenyataan dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan positif kecil. Bukankah impian besar dimulai dari langkah-langkah kecil?

Tunggu apalagi, ayo ambil buku catatanmu. Sebelum tahun 2017 dimulai maka tentukan impian besar apa yang ingin kamu wujudkan. Bagilah itu menjadi beberapa aspek. Impian besar dalam aspek kesehatan, keuangan, relationship, rekreasi, pengembangan diri dan aspek lainnya. Lalu tuliskanlah strategi-strategi kecil untuk menggapai impian itu.

5. Om Telolet Om aja bisa mendunia apalagi impianmu

Dream Catcher via https://pixabay.com

Selamat mewujudkan impianmu!

Om Telolet Om aja bisa menduni apalagi impianmu!

Kuncinya adalah Berusaha dan Berdoa.

Ayo, Jangan kalah dengan om telolet om.