1. Lakukan Kegiatan Sosial Bersama Teman-Temanmu

Kegiatan sosial ini sangat bermanfaat mblo bagi sesama. Untuk kamu yang lebih memilih berdiam diri di dalam rumah saja saat bulan Ramadhan itu adalah kesalahan besar. Padahal, masih banyak sahabat-sahabat kita yang membutuhkan pertolongan yang mungkin menurut kita tidak seberapa. Beberapa bentuk kegiatan sosial yang bisa kamu lakukan bersama teman-temanmu diantaranya adalah berbagi takjil gratis, memberikan sedekah barang-barangmu yang tak terpakai, dan mengadakan buka bersama anak-anak yatim. So, buatlah dirimu lebih bermanfaat bagi sesasma mblo.

2. Nonton Bareng

Nonton bareng adalah salah satu kegiatan yang seru banget guys. Selain bisa sebagai tempat untuk bertemu teman-temanmu, kegiatan ini juga dapat mengisi kekosongan waktu yang kamu alami selama menjalankan ibadah puasa. Oleh karena itu, Nonton bareng recomended banget nih buat kamu yang suka kesepian di rumah. Kamu bisa ajak teman, saudara ataupun gebetan barumu mblo, asal jangan ajak mantan sih *jleb. Silahkan pilih tontonan yang menarik untuk kalian nikmati, mau nonton film, pertandingan sepak bola, ataupun race moto GP itu terserah kalian lah.

3. Berpartisipasi Dalam Kegiatan Keagamaan

ceramah agama via https://www.google.com

Advertisement

Untuk menambah kekhusukan kamu saat menjalankan ibadah puasa, jangan sungkan-sungkan untuk mengikuti berbagai kegiatan keagamaan yang sedang berlangsung di sekitar Lingkungan kamu. Rugi banget guys kalo sampai kamu melewatkan kegiatan yang satu ini. Karena selain untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama umat, kamu juga bisa mendapatkan banyak wawasan agama yang dapat mempertebal imanmu terhadap sang pencipta. Beberapa kegiatan yang bisa kamu ikuti diantaranya adalah Tabligh Akbar, Pesantren Kilat, Tadarus Al-Qur'an, Sholawat Bersama dan masih banyak lagi.

4. Buka Bersama

Buka Bersama. Kegiatan yang wajib banget kamu ikuti saat bulan Ramadhan tiba. Sudah umum rasanya ada banyak sekali undangan Buka Bersama di meja kamarmu. Mulai dari alumni TK, SD, SMP, SMA, Kampus atau bahkan dari organisasi yang kamu ikuti. Ayolah mblo, jangan batasi dirimu, sesekali datanglah kesalah satu undangan buka bersama tersebut, selain bisa bertemu kawan lama, kamu juga bisa loh bernostalgia dengan si Dia *ehem. Ya asal jangan kamu ambil juga semua undangan yang ada, nanti malah dompetmu yang menangis.

5. Olahraga

Bulan Ramadhan tidak menjadi alasan untuk bermalas-malasan. Walaupun kamu sedang menahan lapar dan haus akan dahaga kasih sayang *uhh, tapi tidak membuatmu lemas tak tertahan. Justru dengan melakukan olahraga rutin bisa membantu meningkatkan kebugaran tubuh agar semakin kuat untuk menjalankan ibadah. Banyak banget mblo olahraga yang bisa kamu lakukan walau saat kondisi tubuh sedang berpuasa, misalnya Joging Pagi hari, ngeGym, dan masih banyak lagi. Yang terpenting adalah lakukan kegiatan olahraga ini secukupnya saja dan tidak berlebihan.

6. Membaca dan Menulis

Terakhir adalah kegiatan yang sangat fleksibel, menyenangkan dan dapat dilakukan dimana saja. Yups, Membaca dan Menulis. Bisa banget nih buat mengisi kebosanan kamu saat harus berdiam diri di dalam Rumah. Silahkan kamu bisa mulai membaca apapun yang ada di Rumahmu, bisa buku novelmu, koran, artikel dan bacaan lainya. Asal jangan kamu baca pesan singkat mantanmu setaun yang lalu ya mblo. Adapun kegiatan menulis sangat cocok buat kamu yang malas membaca tapi cenderung lebih ingin mengungkapkan perasaanmu lewat secarik kertas.

Ok itulah beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu kosongmu selama menjalankan ibadah puasa. Ingat selain melakukan kegiatan-kegiatan di atas, sudah menjadi kewajiban kita sebagai seorang muslim untuk tidak melupakan sholat ya. Selamat beribadah dan selamat berkegiatan positif mblo.