Pasti kelahiran anak pertama adalah salah satu kebahagian yang didambakan oleh seluruh pasangan yang sudah menikah, tapi sebelum kita mendapatkan kebahagian yang tiada tara tersebut, harusnya kita sebagai orang tua siap atas segala sesuatu yang berkaitan dengan kelahiran si bayi ini, apalagi seorang bapak. Bapak seharusnya lebih sigap dengan hal ini karena ayah, di samping harus menjaga keselamatan anak yang ada dikandungan ibunya, juga harus menjaga keselamatan ibunya juga. Di sinilah saya akan memberi tips bagaimana persiapan seorang ayah menghadapi kelahiran anak pertamanya:

 

 

1. Menyiapkan finansial

Finansial harus siap

Finansial harus siap via https://www.google.co.id

Meskipun sekarang banyak maraknya rumah sakit bersalin cuma-cuma atau RBC, yang membebaskan seluruh biaya persalinan alias gretong (gratis), tapi kita sebagai seorang pria dan calon bapak harus memberikan seluruh tenaga kita untuk mencari rezeki untuk persalinan istri kita. Meskipun, RBC (rumah sakit bersalin cuma-cuma) memiliki tenaga medis dan alat yang memadai, tapi harusnya kita sebagai pria, kita harus berjuang agar istri kita bisa bersalin di tempat atau rumah sakit yang menggunakan dana hasil jerih payah kita dalam mencari uangnya. Setidaknya ada rasa bangga kan?

 

2. Mengabulkan apa yang diinginkan istri atau mengabulkan apa yang diidamkannya

Istri ngidam

Istri ngidam via http://kuherbal.com

Meskipun ngidam atau keinginan bayi itu sesuatu yang mitos, tapi keinginan istri kita itu harus dikabulkan. Biasanya, ibu hamil kalau makan apapun merasa mual dan makannya pasti sedikit. Jadi, asupan gizi untuk anak kita pun berkurang. Mungkin, sesuatu yang diinginkannya bisa membuat istri kita mau makan dan gizi antara ibu hamil dan kandungannya dapat terpenuhi.

3. Sering bertanya kepada pasangan yang sudah memiliki anak

Konsultasikan bersama orang lain

Konsultasikan bersama orang lain via http://www.sathora.or.id

Ada pepatah yang berbunyi malu bertanya sesat di jalan. Bertanya kepada pasangan yang sudah memiliki anak, bertujuan untuk berbagi pengalaman mereka kepada kita, calon orang tua yang minim pengalaman. Hal ini dilakukan agar mengetahui cara memperlakukan bayi dan istri kita yang sedang hamil dengan benar, karena meskipun sekarang ilmu pengetahuan sangat bertebaran di mana-mana, tapi pengalaman susah untuk dicari karena pengalaman itu bukan dicari tapi dialami.

 

4. Check up ke dokter jangan sampai lupa

Check up ke dokter

Check up ke dokter via http://www.merries.co.id

Check up ini bertujuan agar kita sebagai bapak mengetahui bagaimana keadaan istri kita, kandungannya, kapan lahirnya, jenis kelamin, dan lain sebagainya, yang berkaitan dengan kelahirannya nanti. Selain itu, dengan melakukan check up ke dokter, kita bisa lebih siaga sebagai bapak. Jangan sampai lupa ya!
 

5. Berpasrah diri kepada Yang Maha Kuasa

Mendambakan kelahiran si kecil

Mendambakan kelahiran si kecil via http://gbika.org

Kadang, rencana yang kita sudah buat tidak seindah rencana Yang Maha Kuasa. Jadi, teruslah berdoa kepada Sang Maha Kuasa, yang memiliki seluruh yang ada di dunia maupun di akhirat, agar melancarkan segala sesuatu yang berkaitan dengan kelahiran ini. Jadi, untuk menanggani kelahiran anak pertama itu sangatlah mendebarkan, karena menyangkut nyawa 2 orang yang kita cintai. Meskipun begitu, kita harus berusaha semaksimal mungkin agar 2 orang yang kita cintai bisa terus bersama kita dan terus kita cintai.