Saat ini, kamu sudah dapat dengan mudah menemukan banyak internet data center Indonesia yang terpercaya. Namun, kamu pasti ingin mendapatkan data center terbaik. Hal ini sangat penting, karena dengan memilih data center terbaik, maka segala data penting yang disimpan di sana akan tetap aman dalam berbagai kondisi. Jika kamu saat ini sedang bingung memilih data center terbaik, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dipertimbangkan!

1. Keamanan jaringan wajib diperhatikan, jangan sampai nggak ya!

Kamu jangan sampai melupakan keamanan jaringan. Keamanan jaringan ke server merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Dengan adanya anti virus dan sistem firewall yang selalu update, ini menjadi jaminan keamanan akses data perusahaan atau instansimu.

2. Pastikan ada sertifikat, supaya aman dan terpercaya!

Pastikan perusahaan data center yang kamu pilih sudah mempunyai sertifikat ISO/IEC 27001:2013 dan sertifikat pendukung lainnya. Pasalnya, sertifikat tersebut menjadi cermin bahwa data center tersebut profesional dan terpercaya karena sudah mengikuti prosedur sesuai standar yang harus dilewati oleh provider data center. Ini juga menjadi bukti pertama bahwa perusahaan data center tersebut patut untuk dipertimbangkan.

3. Keandalan sistem jangan sampai luput!

Advertisement

Selain mempunyai sistem bangunan yang sudah mendapatkan sertifikasi, data center yang bagus seharusnya juga dilengkapi dengan sistem pengaman dan pencegahan dari resiko bencana seperti gempa bumi, banjir, kebakaran, dan lain sebagainya. Sistem kelistrikan dan sistem pendinginan yang didukung dengan catu daya cadangan menjadi salah satu faktor utama keandalan data center. Hal ini bertujuan untuk mendukung ketersediaan layanan yang mungkin diakses sewaktu-waktu.

4. Ingat, jangan lupakan skalabilitas!

Kebutuhan colocation data center sebuah perusahaan saat ini pada umumnya adalah perusahaan tersebut sedang mengalami perkembangan sekaligus menghadapi berbagai tantangan, termasuk persaingan usaha. Oleh sebab itu, pastikan kamu memilih data center yang mampu memberikan layanan sesuai dengan kebutuhan, sehingga ketika perusahaan memerlukan ruang lebih, data center tersebut mampu menyediakannya. Kamu perlu mempertimbangkan data center tersebut agar mampu memberikan ruang, setidaknya untuk jangka waktu 5 tahun ke depan!

5. Jadi, sudah siapkah kamu memilih Internet Data Center Indonesia?

Dengan mengetahui apa saja hal-hal di atas, diharapkan dapat membantu kamu untuk mendapatkan layanan data center yang benar-benar sesuai untuk perusahaan. Investasi yang kamu tanamkan seharusnya mendapatkan layanan yang baik pula oleh provider. Selamat memilih internet data center Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan kamu ya!