Kamu pasti punya teman yang pernah curhat kalau jurusan yang dia pilih salah? Bahkan bukan teman kamu saja, mungkin kamu yang sedang membaca artikel ini juga merupakan salah satu yang salah pilih masuk jurusan. Kalau kamu masuk katagori ini, janganlah risau!

Kali ini saya mau share bagaimana cara menyikapi itu semua, karena apa yang sudah kita pilih dan sudah berjalan di tengah jalan sayang sekali apabila kita mundur begitu saja. Oleh karena itu, bagaimana menyikapi ketika kita masuk jurusan kuliah yang salah pilih?

1. Cobalah mengikuti organisasi atau UKM yang sesuai dengan kita

Ketika kita sudah masuk di dunia perkuliahan yang membuat diri kita penat, mulailah mencari jalan keluar! Caranya dengan memasuki organisasi atau UKM yang ada di kampus. Hal tersebut membuat kita agar nyaman datang ke kampus dan kuliah. Jangan sampai kita sudah salah pilih jurusan, malah kita malas untuk kuliah. Tetaplah kuliah seperti biasa, karena di kampus akan banyak teman-teman dengan satu pikiran, hobi, komunitas dengan kita.

Jadi, ketika kita tidak maksimal di kelas, kita masih bisa memaksimalkan di dunia organisasi atau di UKM. Karena kuliah tidak hanya mengejar sebuah ijazah tapi terpenting adalah kalian bertumbuh dewasa dan bisa mencari relasi sebanyak-banyaknya. Jadikan oraganisasi dan UKM yang sesuai diri kita agar meningkatkan semangat kita untuk tetap kuliah dan datang ke kampus.

2. Kuasai salah satu mata kuliah yang kita sukai

Memilih Mata Kuliah Yang Disukai via https://img.okezone.com

Advertisement

Pilihlah salah satu mata kuliah yang bisa kita kuasai dan kita paling minati., karena kalian akan menjadi bintang di mata kuliah itu. Meskipun kita salah masuk jurusan kuliah, jangan membuat kita menjadi terbelakang. Tetap jadilah diri kita sendiri dan jadilah terbaik di salah satunya. Agar kita tetap semangat kuliah sampai lulus, tidak berhenti di jalan dan menyesal di belakangan hari.

 

3. Ikuti lomba antar kampus

Mengikuti Lomba-Lomba antar Kampus via http://ubb.ac.id

Ketika kuliah, kita akan lebih mudah mendapatkan akses mengikuti sebuah lomba antar kampus yang berkelas lokal, nasional dan internasional. Lomba apapun dari musik, karya tulis ilmiah dan lain-lain. Jadi, kalian bisa mengeksplorasi dan tetap bertumbuh walaupun jurusan kuliah kalian salah pilih. Mengikuti lomba antar kampus juga bisa membuat kita menambah banyak teman dan relasi pada kampus lain.

4. Mengikuti seminar dan workshop

Mengikuti Seminar-seminar Nasional via http://2.bp.blogspot.com

Untuk mengembangkan keilmuan yang tidak didapatakan di kampus, kita harus mengikuti seminar dan workshop, baik berbayar ataupun gratis. Dari seminar atau workshop yang kalian ikuti, kalian akan mendapatkan sebuah sertifikat. Meskipun mendapatkan sertifikat, ketika kalian mengikuti seminar sebaiknya kalian niatkan untuk mencari ilmunya dan memeperluas jaringan pertemanan dengan teman-teman baru yang juga ikut dalam seminar atau workshop tersebut.